KeSEMaT Menghadiri Sosialisasi PNPM M-KP DKP Semarang dan CV. Nirmana di Tugurejo

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 29 Juni 2009, KeSEMaT menghadiri acara Sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Kelautan dan Perikanan (PNPM M-KP) yang diinisiasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota (PEMKOT) Semarang, bekerjasama dengan CV Nirmana Semarang selaku pihak Rekanan. Acara dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tugurejo Semarang, mulai pukul 19.00 WIB - 23.00 WIB.

KeSEMaT Sosialisasikan Mangrove REpLaNT 2009 ke Mahasiswa Ilmu Kelautan UNDIP

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 28 Juni 2009, KeSEMaT telah melakukan sosialisasi Mangrove REpLaNT (MR) 2009 kepada para mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Sosialisasi dimulai pada pukul 09.30 WIB – 10.00 WIB. Pada kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Oky Yuripa Pradana (Anggota), Tutus Wijanarko (Anggota), Abdul Muis (Anggota), Afirman Karyono (Anggota), Hilyati Fajrina (Anggota) dan Aurora Hanifa. Sosialisasi dilakukan di ruang kuliah mahasiswa JIK UNDIP lantai III.

KeSEMaT dan ASTRA Semarang Melakukan Penanaman Mangrove di Desa Tapak, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 27 Juni 2009, KeSEMaT dan FIF ASTRA Semarang, telah melakukan penanaman sebanyak 2000 bibit mangrove di Desa Tapak, Tugurejo - Semarang. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara FIF ASTRA Semarang dengan KeSEMaT. Turut serta dalam acara ini, yaitu perwakilan dari Yayasan BINTARI, kelompok tani nelayan dan petambak setempat, kelompok mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Green Community) dan masyarakat setempat.

Abrasi Pantai Teluk Awur Jepara: Tiga Meter Setiap Tahun!

Jepara – KeSEMaTBLOG. Abrasi Pantai Teluk Awur Jepara: 3 Meter Setiap Tahun! Tentunya, kabar ini bukanlah isapan jempol belaka. Sebuah penghitungan telah dilakukan oleh para KeSEMaTERS dengan cara membandingkan peta topografi tahun 1963 dengan tahun 2001. Hasilnya, selama kurun waktu 38 tahun itu, didapatkan angka abrasi sebesar 110,23 meter. Dan, apabila angka ini dirata-rata, maka mulai dari tahun 1963 sampai dengan tahun 2001, abrasi yang telah terjadi adalah sejauh 2,9 (3) meter per tahun.

KeSEMaT dan ASTRA Semarang Mendistribusikan Bibit Mangrove ke Desa Tapak Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 26 Juni 2009, KeSEMaT dan CSR ASTRA Semarang, telah melakukan pendistribusian bibit mangrove ke Desa Tapak, Semarang. Pendistribusian bibit mangrove ini, dilakukan dalam rangka persiapan program penanaman mangrove yang diinisiasi oleh ASTRA Semarang dengan pendampingan dari KeSEMaT, yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2009, mulai pukul 08.00 WIB.

Terima Kasih KeMANGTEER. Bibit-bibit Mangrove MANGRES 2008 Kita, 95% Hidup!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 20 Juni 2009, di saat kami melakukan survei lokasi penanaman mangrove ke dua lokasi, yaitu Trimulyo dan Tugu, Semarang untuk menindaklanjuti kerjasama penanaman mangrove antara KeSEMaT dengan CSR ASTRA Semarang, kami sungguh sangat sangat sangat bersyukur kepada-Nya karena sang Dia telah menganugerahi kami dengan sebuah hadiah yang tak bisa terhitung harganya.

Civitas Akademika Ilmu Kelautan UNDIP Berkumpul di Kantor KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 Juni 2009 yang lalu, para Civitas Akademika (CA) Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), berkumpul bersama di Kantor KeSEMaT. Lihatlah foto di samping ini, selain KeSEMaT, nampak hadir Pembantu Dekan III, perwakilan para dosen dan perwakilan dari berbagai organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan JIK dan UNDIP seperti Marine Voice (MV), Unit Kegiatan Selam Air (UKSA) 387, Marine Diving Club dan lain-lain.

KeSEMaT dan FIF ASTRA Semarang Survei Lokasi Penanaman Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 20 Juni 2009, KeSEMaT telah melakukan survei lokasi penanaman ke dua lokasi, yaitu Trimulyo dan Tugu, Semarang untuk menindaklanjuti kerjasama antara KeSEMaT dengan FIF ASTRA Semarang. Kerjasama ini berupa program penanaman mangrove, yang akan diselenggarakan pada bulan ini. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Arief Marsudi Harjo (KAK), Faradhian Fahmi (DP), Afirman Karyono (Anggota), Aurora Hanifa (Anggota), Hilyati Fajrina (Anggota), dan Yulia Ulfah (Anggota). Sementara itu, pihak FIF ASTRA diwakili oleh Bapak Heru.

KeSEMaT di Penanaman Mangrove Mahasiswa Hukum UNDIP

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 20 Juni 2009, KeSEMaT selaku tamu undangan, menghadiri acara EVERGREEN, yaitu sebuah kegiatan penanaman 2000 bibit mangrove yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH) Universitas Diponegoro. Penanaman dilakukan di kawasan tambak kelurahan Mangunharjo, kecamatan Mangkang – Semarang. Acara ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. KeSEMaT diwakili oleh Abdul Muis (Anggota) dan Oky Yuripa Pradana (Anggota).

Hasil Lomba Gambar Mangrove KGTS 2009

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 Juni 2009, KeSEMaT telah menyelesaikan serangkaian program pendidikan mangrovenya, yaitu KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2009 dengan mengadakan Lomba Gambar Mangrove (LGM) di SD 1 dan SD 2 Trimulyo, Semarang. LGM difasilitasi oleh beberapa orang KeSEMaTERS, yaitu Faradhian Fahmi (DP), Farhan Pramudito (MENPORSI), Abdul Rohman Zaky (MENDIKTAN), Aurora Hanifa (Anggota), Tutus Wijanarko (AnggotaI), Oky Yuripa P. (Anggota) dan Afirman Karyono (Anggota).

Pendaftaran Peserta Mangrove REpLaNT 2009 Telah Dibuka

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat umum bahwa KeSEMaT membuka lowongan bagi Anda, untuk bekerja menyelamatkan mangrove, sebagai peserta dalam program Mangrove REpLaNT 2009: Seminar Nasional, Pelatihan dan Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Desa Teluk Awur Jepara. Bagi yang berminat, silahkan membaca keterangan selengkapnya, seperti di bawah ini:

Antusiasme Jelang Mangrove REpLaNT 2009

Semarang - KeSEMaTBLOG. Melalui salah satu Jaringan KeSEMaTONLINE, yaitu KeSEMaTFACEBOOK, Rekan-rekan kami yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, sudah mulai menanyakan kepada kami, kapankah KeSEMaT mulai membuka pendaftaran program konservasi mangrove tahunannya, bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) 2009 (?). Kiranya, mereka sudah tak sabar lagi, untuk segera mendaftar dan bergabung kembali bersama kami, dalam usaha gerakan moral penyelamatan ekosistem mangrove di Desa Teluk Awur Jepara dan sekitarnya, dari kepunahannya di masa mendatang.

Konsep Mangrove Safe dan Kemungkinan Implementasinya di Indonesia (Bagian II)

Semarang – KeSEMaTBLOG. Adalah Aris Priyono (DK) yang menginisiasi lahirnya sebuah sertifikasi Mangrove Safe (MS) di Indonesia. Berikut ini adalah lanjutan dari artikel beliau yang telah pula dipublikasikan di dalam Jaringan KeSEMaTONLINE, beberapa waktu yang lalu. Selamat mencermati buah pikir beliau. Jangan lupa, dukung KeSEMaT dalam mengkampanyekan konsep MS ini, ke komunitas Anda, masing-masing. “Ingatlah, setiap satu ekor udang yang kita makan, bisa jadi satu batang pohon mangrove telah dikorbankan!”

Berita KeSEMaT Goes To School 2009 Hari Kedua

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 Juni 2009, KeSEMaT kembali mengajar mangrove lagi. Kali ini ke para pelajar SD yang sama, yaitu SD Trimulyo I dan SD Trimulyo II. Pengajaran mangrove ini merupakan pelaksanaan program pendidikan mangrove tahunan KeSEMaT, bertajuk KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2009. Pengajaran mangrove dilakukan pada pukul 09.00 WIB – 12.30 WIB, yang meliputi pengajaran pengenalan flora dan fauna mangrove.

Kisah KeSEMaTER dan Kambing Surodadi

Demak - KeSEMaTBLOG. Pada saat kami mengunjungi Desa Surodadi Demak, beberapa minggu yang lalu, kami sempat “berbangga” karena berhasil menjadi saksi bisu penyerangan salah satu hama mangrove, bernama Wedhus (baca: Kambing). Seperti diketahui, bersama dengan Wideng (baca: Kepiting) dan Wong (baca: Orang), Kambing termasuk kedalam kategori hama 3W (Wedhus, Wideng dan Wong), yang seringkali dikeluhkesahkan kelompok tani tambak Surodadi Demak, kepada KeSEMaT.

KeSEMaT Mengajar Mangrove di SD I dan SD II Trimulyo Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setelah beberapa hari yang lalu mengajar mangrove di SMK dan SMA se-Semarang, dalam program Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL), bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota Semarang dan Yayasan BINTARI, pada tanggal 12 Juni 2009, KeSEMaT kembali mengajar mangrove lagi, kali ini ke pelajar SD Trimulyo I dan SD Trimulyo II. Pengajaran mangrove ini merupakan pelaksanaan program pendidikan mangrove tahunan KeSEMaT, bertajuk KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2009.

KeSEMaT di Diskusi Terbuka Kapal Pemuda Nusantara

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 Juni 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh para KeSEMaTERS, yaitu Muhamad Ikhsan S. H. (Alumni), Sapto Pamungkas (Alumni), Farhan Pramudito (MENPORSI) dan Tutus wijanarko (Anggota) telah menghadiri diskusi terbuka Kapal Pemuda Nusantara (KPN) bertema “Pemuda Bahari dalam Bingkai NKRI.” Diskusi ini difasilitasi oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) dan dilaksanakan di gedung Pasca Sarjana UNDIP Lantai VI, Semarang pada pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB.

Ini Dia, Hasil Penanaman dan Penyulaman Peserta MANGRES 2009 dan MC 2009

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 Juni 2009 yang lalu, di saat kami melakukan survei lokasi penanaman Mangrove REpLaNT (MR) 2009 yang rencananya tak lagi ditanam di Teluk Awur, tak lupa kami juga melakukan program KeSEMaT Goes To Arboretum (KGTA), untuk memonitoring kelulushidupan bibit-bibit mangrove yang telah ditanam oleh (1) para KeSEMaTERS; (2) para KeSEMaT’s Mangrove Volunteer (KeMANGTEER); (3) para peserta Mangrove Restoration (MANGRES) 2009 dan telah pula disulam oleh (4) para peserta Mangrove Cultivation (MC) 2009.

Survei Lokasi Penanaman Mangrove REpLaNT 2009

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 Juni 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh para KeSEMaTERS, yaitu Indriatmoko (Presiden), Farhan Pramudito (MENPORSI), Febriana Mirasti (MENWIRA) dan Dhimas Firmansyaf (MENKOMSI), telah melakukan survei lokasi penanaman untuk Mangrove REpLaNT (MR) 2009. Survei dilakukan mulai pukul 15.30 WIB – 17.30 WIB di Desa Semat dan Tanggul Tlare, Jepara. Pada kesempatan ini, para KeSEMaTERS juga melakukan pertemuan dan diskusi dengan Bapak Zaenuri (Lurah Desa Tanggul Tlare) dan Bapak Solikhun (Lurah Desa Semat).

Benarkah Mangrove Berperan Sebagai Penghalang Tsunami?

Semarang - KeSEMaTBLOG. Bapak Abdul Ghofar, salah seorang Rekan kami yang adalah dosen dari Jurusan Perikanan Universitas Diponegoro (UNDIP) telah merekomendasikan dua buah artikel mengenai mangrove dan tsunami yang ditulis oleh Papri Sri Raman dan T. V. Padma untuk dipublikasikan di KeSEMaTONLINE.

Hati-hati, Banyak Ular di Mangrove!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Kejadian ini, terjadi dua tahun yang lalu, di saat para KeSEMaTERS melakukan penelitian tentang Struktur Komunitas Mangrove di daerah Menco, Demak Jawa Tengah. Empat ekor ular, dua di atas, yang bergelantungan di batang Avicennia dan dua lagi di bawah, di antara perakarannya yang rapat, secara “tiba-tiba” menghampiri kami dan membuat kami harus lari tunggang langgang. Kami terpaksa harus meninggalkan peralatan penelitian kami hingga setengah jam kemudian sembari menunggu “hilangnya” ular-ular tadi, dari lokasi pengambilan sampel, kami.

Kabar Mangroving : Pesisir yang Rawan Konflik

Semarang - KeSEMaTBLOG. “Tiada Hari Tanpa Cemburu,” itu mungkin sebuah kalimat yang tepat untuk disematkan kepada beberapa Kelompok Tani Tambak dan Mangrove (KTTM) di pesisir Utara Jawa. Di dua lokasi, kami sempat menemukan bahwa terdapat kecemburuan yang sangat besar, antara KTTM yang satu dengan KTTM yang lainnya. Salah satu alasan yang menyebabkannya, tak lain dan tak bukan adalah alasan ekonomi.

Kuliah Umum Wartawan BBC London Inggris di Kantor KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 Juni 2009, dua wartawan BBC London Inggris, berkunjung ke Kantor KeSEMaT Semarang dan memberikan kuliah umum tentang teknik pembuatan film dokumenter pesisir kepada para mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP). Dalam kesempatan ini, Joe Yaggi (Joe) dan Douglas Varchol (Douglas) menceritakan pengalaman mereka pada saat membuat film dokumenter pesisir di berbagai negara, termasuk Indonesia.

KeSEMaT di Rapat FoE Jepang Tahap II dan Diskusi TV Borobudur

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 10 Juni 2009, kembali KeSEMaT mengadakan rapat dengan Yayasan BINTARI (BINTARI), sehubungan dengan kelanjutan pekerjaan rehabilitasi mangrove Friends of Earth (FoE) Jepang, di daerah Mangkang, Semarang, tahap yang kedua. Pada kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Aris Priyono (DK), Arief Marsudi Harjo (KAK) dan Abdul Muis (Anggota). Sementara itu, BINTARI diwakili oleh Bapak Fery (Direktur).

Ucapan Terima Kasih Datang Bejibun ke Kantor KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Kami agak tidak enak hati, karena dua hari kemarin, lima hari yang lalu, seminggu kemarinnya dan sebulan yang lalunya lagi, secara bergantian ada belasan mahasiswa yang berduyun datang ke Kantor KeSEMaT dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada kami. Tak hanya berombongan datang langsung ke Kantor saja, bahkan beberapa dari mereka yang tak sempat ke Kantor kami, juga menyampaikan rasa terima kasih-nya melaui telepon dan SMS.

Menembus Hujan, Menemui Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Sewaktu ada wartawan sebuah surat kabar datang ke Kantor kami, dan menanyakan mengenai pengalaman apa yang paling nggak banget (begitu istilah sang Wartawan), kami menjawabnya dengan menceritakan sebuah pengalaman-kecil, sebuah peristiwa yang bagi kami sebenarnya bukan nggak banget, tapi biasa banget. Kami menyebutnya dengan dua kata terakhir ini, karena selama bekerja dengan mangrove dan menyusurinya ke seluruh pelosok Indonesia, hal seperti ini sudah terbiasa kami alami.

Rapinya Tegakan Mangrove di Pertambakan Surodadi, Demak

Semarang - KeSEMaTBLOG. Di Demak, tepatnya di sebuah desa bernama Surodadi, ada sebuah pemandangan yang sangat menarik. Mangrove-mangrove di sini, yang ditanam di sepanjang pinggir pematang tambak bandeng, nampak sangat menakjubkan. Kata menakjubkan sengaja kami pilih untuk mendeskripsikan adanya jajaran pepohonan mangrove yang sangat rapi dan indah.

Rapat KGTS 2009 dan Penyerahan DVD Cerita Anak ke SD Trimulyo Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 3 Juni 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh para KeSEMaTERS, yaitu Tutus Wijanarko (Anggota), Afirman Karyono (Anggota), Abdul Muis Syaifudin (Anggota) dan Oky Yuripa Pradana (Anggota) telah melakukan rapat persiapan program pendidikan mangrove KeSEMaT bertajuk KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2009 bersama dengan para guru di SD Trimulyo I dan Trimulyo II Semarang.

Betapa Berharganya Senyuman Petambak Tugu Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setiap kali mendampingi masyarakat pesisir, satu hal yang paling kami tunggu-tunggu adalah tersunggingnya sebuah senyuman bahagia dari mereka. Senyuman bahagia yang harganya memang sangat mahal, yang baru bisa kami dapatkan setelah kami bekerja keras meyakinkan mereka bahwa apa yang kami lakukan adalah baik dan bermanfaat bagi mereka. Tak terkecuali, di hari itu. Minggu, 31 Mei 2009 yang lalu, kami berkesempatan memfasilitasi para petambak Tugu Semarang, untuk melakukan studi banding ke Desa Pasar Banggi Rembang.

Enam Praktisi Lingkungan Semarang Berkumpul di Rumah Pak Yadi Rembang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Lewat salah satu jaringan KeSEMaTONLINE, yaitu KeSEMaTFACEBOOK, salah seorang Rekan KeSEMaT dari Solo telah menanyakan kepada kami tentang siapa sajakah para praktisi lingkungan yang ada di Jawa Tengah. Rencananya, Rekan kami itu, akan mengadakan wawancara dengan mereka untuk mendukung sebuah film dokumenter tentang mangrove yang akan mereka produksi.

KeSEMaT Dampingi BINTARI dan Petambak Tugu Semarang Berkunjung ke Pak Yadi

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 31 Mei 2009, KeSEMaT mendampingi Yayasan BINTARI dan para petambak di Kecamatan Tugu Semarang dalam melakukan kunjungan ke rumah Bapak Suyadi (Pak Yadi) di Desa Pasar Banggi, Rembang Jawa Tengah. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka program fasilitasi BINTARI dan KeSEMaT untuk mempertemukan kelompok tani di Tugu, agar mau dan mampu melakukan program rehabilitasi mangrove secara mandiri seperti yang telah dilakukan oleh Pak Yadi dan kelompok taninya, untuk menyelamatkan tambak dan Desa Pasar Banggi dari abrasi pantai.