17.8.14

MANGROVEMAGZ, Majalah Mangrove Pertama di Indonesia Akan Segera Hadir!

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali membangun satu lagi afiliasinya, yaitu MANGROVEMAGZ, sebuah produk Majalah Mangrove yang baru pertama kali hadir di Indonesia (bahkan dunia?). Adalah Sdr. Ganis Riyan Efendi dan Aris Priyono (IKAMaT) yang mendirikan dan menginisiasi bagi hadirnya sebuah majalah yang khusus memfokuskan dirinya menghadirkan berita, artikel dan informasi mengenai mangrove, mangroving dan mangrover.

Beberapa waktu lagi, MANGROVEMAGZ yang masih dalam tahap pengembangan website online (www.mangrovemagz.com) dan juga pengerjaan majalah versi cetaknya ini, akan hadir di Indonesia.

Penasaran ingin mengetahui lebih banyak tentang MANGROVEMAGZ? Berikut ini, wawancara kami dengan Mas Ganis, selaku owner dari MANGROVEMAGZ.

Apakah MANGROVEMAGZ?
MANGROVEMAGZ adalah Majalah Mangrove Online. Ini adalah majalah mangrove pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk mengkampanyekan keindahan mangrove dalam arti luas.

Bagaimana sejarah berdirinya MANGROVEMAGZ?
Berdiri pada tanggal 20 Juni 2014, pukul 21.00 WIB di Sekretariat Yayasan Ikatan Alumni KeSEMaT (Yayasan IKAMaT), Banyumanik Semarang. Didirikan oleh saya dan Mas Aris Priyono, selaku Alumni KeSEMaT. Awal pembentukannya, bertujuan untuk menggabungkan semua informasi mangrove yang sudah berhasil dikembangkan oleh KeSEMaT di jaringannya, seperti Komunitas Relawan Mangrove KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), Yayasan IKAMaT dan Perusahaan Jasa dan Produk Mangrove CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (CV. KeMANGI) kedalam satu wadah, yaitu sebuah portal mangrove bernama MANGROVEMAGZ. Kedepan, MANGROVEMAGZ berkeinginan untuk memberitakan seluruh informasi yang berhubungan dengan mangrove, dari semua jaringan mangrove ditingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

Dibawah naungan siapa ijin usaha dan jalur distribusi MANGROVEMAGZ?
MANGROVEMAGZ merupakan salah satu sektor riil dari perusahaan jasa dan produk mangrove yang didirikan oleh KeSEMaT, yaitu CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (CV. KeMANGI). Untuk itu, ijin usaha dan jalur distribusinya dibawah naungan manajemen CV. KeMANGI.

Apa visi dan misi MANGROVEMAGZ?
MANGROVEMAGZ memiliki visi ke depan untuk mengkampanyekan penyelamatan ekosistem mangrove ke seluruh Indonesia dan dunia. Misinya adalah untuk menjadikan gaya hidup Mangrover sebagai gaya hidup sehari-hari, dimana mangrove dijadikan bahan obrolan di kehidupan harian, dan tak lagi menjadi asing di mata Indonesia maupun dunia.

Apakah motto MANGROVEMAGZ?
Motto MANGROVEMAGZ sangat berkaitan erat dengan Magzrover (Pembaca MANGROVEMAGZ), yaitu mengenalkan budaya dan gaya hidup tentang mangrove, mangrover, dan mangroving ke dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, motto kami adalah MANGROVEMAGZ IS MANGROVER LIFESTYLE!

Bagaimana arti dan filosofi logo MANGROVEMAGZ?
Logo berbentuk pohon mangrove yang terdiri dari akar dan daun yang disusun dari tiga akar mangrove, melambangkan mangrove, mangroving dan mangrover yang bersatu menyelamatkan mangrove di dunia. Empat elemen kehidupan yang menyokong kehidupan mangrove, yaitu udara, air, tanah dan api, divisualisasikan dengan warna hijau, biru, oranye dan merah di akar mangrove yang berputar searah jarum jam, melambangkan pengetahuan, petualangan, inspirasi dan motivasi yang sifatnya kontinyu dan terus menerus, yang sekaligus merupakan tagline dari MANGROVEMAGZ.

Apakah tagline MANGROVEMAGZ?
MANGROVEMAGZ memiliki empat tagline, yaitu Pengetahuan, Petualangan, Inspirasi, dan Motivasi. 

Apakah fokus MANGROVEMAGZ hanya di Majalah Mangrove Online saja?
Untuk saat ini, iya. Tapi, kedepan kami berencana merealisasikan proyek MANGROVEMAGZ kedalam bentuk e-MANGROVEMAGZ dan edisi offline MANGROVEMAGZ yang dicetak dan dijual luas di toko-toko buku. So, be patient! :-)

Apakah MANGROVEMAGZ punya segmentasi pembaca?
MANGROVEMAGZ adalah Majalah Mangrove Online yang memiliki segmentasi umum, dengan target pembaca: Remaja dan Dewasa usia 17 - 40 tahun.

Apa sebutan untuk Pembaca MANGROVEMAGZ?
Kami menyebutnya dengan nama Magzrover, yang terdiri dari dua kata, yaitu Magz dan Mangrover, yang disatukan. Artinya, kami memanggil Mangrover yang addict dengan MANGROVEMAGZ.

Rubrikasi apa saja yang terdapat di MANGROVEMAGZ?
Inilah yang membuat MANGROVEMAGZ berbeda dengan majalah yang lain, rubrikasi MANGROVEMAGZ hanya terfokus pada tiga rubrikasi, yaitu Mangrove, Mangrover, dan Mangroving yang masing-masing terdiri dari tiga sub rubrik, yaitu: • Mangrove: Pernik, Pengetahuan dan Opini • Mangrover: Komunitas, Hobi dan Tokoh • Mangroving: Wisata, Kuliner dan Budaya

Apakah Mangrove, Mangrover dan Mangroving?
Mangrove, tentu saja semua orang sudah tahu, bukan? :-) Tumbuhan yang berhabitat di pesisir dan terpengaruh pasang surut. Mangrover adalah sebutan untuk orang-orang yang mencintai mangrove dan Mangroving adalah berbagai aktivitas yang bertujuan untuk mengkampanyekan mangrove dalam kehidupan sehari-hari dalam arti luas.

Mengapa MANGROVEMAGZ hanya fokus di tiga rubrikasi ini (Mangrove, Mangrover dan Mangroving)? 
Pemikirannya sederhana saja, yaitu ingin membatasi ruang lingkup kampanye mangrove di MANGROVEMAGZ sehingga lebih fokus. Ketiga rubrikasi ini, kami rasa punya karakter yang kuat dan sisi yang menarik untuk dinikmati pembaca, juga sangat sesuai dengan tagline kami, yaitu Pengetahuan, Petualangan, Inspirasi dan Motivasi.

Apakah #SAVEMANGROVE itu?
#SAVEMANGROVE merupakan salah satu komitmen kami dalam turut serta menyelamatkan mangrove, yang terdiri dari sub menu, diantaranya Mangrover Indonesia, Mangrove Flora dan Fauna, Musisi Mangrove, Cerita Mangrove dan Simbol Mangrover, yang berisikan artikel-artikel kampanye mangrove inspiratif, sesuai dengan tema sub menu tersebut, dalam koridor penyelamatan mangrove Indonesia dan dunia. Sub menu ini akan kami tambahkan sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan, begitu kami rasa terdapat isyu baru dalam aksi penyelamatan mangrove.

Apakah MANGROVEMAGZ versi offline (cetak) sudah dijual bebas?
Saat ini kami sedang fokus pada pengembangan versi online-nya terlebih dulu, jadi MANGROVEMAGZ versi offline-nya masih belum dijual dipasaran. Tapi jangan khawatir, dalam perkembangannya, kami akan mengeluarkannya. Mohon untuk bersabar, ya! :-)

Apakah MANGROVEMAGZ versi online bisa di-download? Gratis ataukah berbayar?
Tentu saja bisa! :-) Saat ini, MANGROVEMAGZ sedang melakukan promosi ke seluruh Magzrover, maka majalah versionline-nya, nantinya juga bisa didownload secara GRATIS! Mohon bersabar, menunggu versi e-Magznya, ya. :-)

Bagaimanakah hak cipta artikel dan foto yang dikirimkan kontributor ke MANGROVEMAGZ?
Hak cipta artikel dan foto yang telah dikirimkan kontributor kepada MANGROVEMAGZ merupakan hak cipta kontributor. Jadi, porsi MANGROVEMAGZ hanyalah sebagai wadah penampil artikel dan foto mangrove di website saja. Namun demikian, untuk penulisan sitasi, jangan lupa nama kami dicantumkan, ya. :-)

Apakah boleh mencuplik foto dan artikel di website MANGROVEMAGZ? Bagaimana aturannya?
Boleh banget! Tapi ingat, wajib mencantumkan sumbernya, ya. Anda bisa menyalin tautan di setiap foto dan artikel di MANGROVEMAGZ ke situs Anda, atau berikan sitasi umum sesuai SOP penulisan tentang MANGROVEMAGZ di publikasi offline Anda, seperti buku, karya ilmiah, tugas kuliah dan lain sebagainya.

Bagaimana cara menjadi Kontributor MANGROVEMAGZ?
Siapapun bisa menjadi Kontributor MANGROVEMAGZ. Bagi Anda yang cinta mangrove, punya semangat menulis, memotivasi dan menginspirasi orang lain, Andalah kontributor itu. Tidak ada syarat khusus untuk menjadi kontributor kami. Anda bisa membacanya di Menu Syarat Kontributor.

Siapa saja afiliasi MANGROVEMAGZ?
Afiliasi kami terdiri dari berbagai macam instansi, mulai dari organisasi mahasiswa, dinas, yayasan, dan juga perusahaan, diantaranya: • KeSEMaT • Yayasan IKAMaT • CV. KeMANGI • Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang (KKMKS) dan • PT Phapros Tbk.

Bagaimana cara menggunakan website MANGROVEMAGZ?
Cara menggunakannya sangatlah mudah. Anda bisa membaca berbagai macam artikel khusus mangrove yang telah kami bagi sesuai dengan kategori yang ada. Disamping itu, Anda juga bisa mengetahui perkembangan berita mangrove yang sedang nge-hitz saat ini melalui jaringan feeds dari afiliasi mangrove kami, yang kami sertakan di blog website kami. Untuk memudahkan Anda berselancar di website MANGROVEMAGZ, klik Peta Situs. :-)

Apa menariknya beriklan di MANGROVEMAGZ?
Pastinya iklan Anda hanya akan dibaca oleh pembaca khusus di "dunia" Mangrover, dimana banyak bertaburan para praktisi mangrove, peneliti, pelaku, pecinta lingkungan pesisir dan mangrove diseluruh Indonesia bahkan dunia. Iklan Anda akan cepat terserap ke segmentasi pasar pembaca yang sangat segmented.

Bagaimana cara beriklan di MANGROVEMAGZ?
Bagi Magzrover yang ingin beriklan di situs kami, dipersilahkan untuk mengirimkan email ke iklan@mangrovemagz.comdengan subjek: Iklan.

Iklan seperti apa yang bisa ditayangkan di MANGROVEMAGZ?
Iklan yang tidak berbau SARA, pornografi serta politik. Kami hanya menerima iklan yang berhubungan dengan mangrove dalam arti luas. Kami berhak menolak iklan yang tidak sesuai dengan SOP kami.

Berapa tarif iklan di MANGROVEMAGZ?
Tarif iklan saat ini GRATIS. Namun demikian, kedepan kami akan mengenakan tarif. Informasi syarat dan ketentuan iklan terbaru dapat dilihat di sub menu Iklan. Iklan yang akan kami tampilkan di website kami adalah iklan yang berhubungan dengan dunia MANGROVEMAGZ dalam arti luas. Contohnya, iklan tentang produk minuman atau makanan. Atau bahkan ingin menampilkan iklan yang berhubungan dengan event/kegiatan lingkungan yang akan Anda rencanakan, juga bisa lho! :-)

Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang MANGROVEMAGZ, bisa menghubungi kami melalui email info@mangrovemagz.com.