17.8.17

KeSEMaT Juara 1 Nasional Wana Lestari 2017

Jakarta - KeSEMaTBLOG. Berita gembira datang hari ini (16/8/17), tepatnya di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta. KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Febryadi Fajar S. (Presiden) menerima Penghargaan Wana Lestari 2017 yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.

KeSEMaT dinobatkan sebagai Juara 1 Nasional Wana Lestari 2017 kategori Kelompok Pecinta Alam (KPA) yang berarti menjadi organisasi pecinta alam terbaik di Indonesia.

"Sempat gemetaran, tadi," ungkap Presiden KeSEMaT. "Tidak menyangka, walaupun sudah diberitahu sebelumnya menjadi juara 1 nasional, tapi masih tidak percaya, apalagi bisa langsung bertemu dengan Ibu Menteri LHK dan juga para pemenang lainnya yang inspiratif. Bangga dan terharu atas pencapaian ini. Terima kasih kepada KLHK yang sudah mempercayakan amanah ini kepada kami," lanjutnya.

Menurut tim juri Wana Lestari, KeSEMaT dianggap sangat kreatif dalam mengkampanyekan penyelamatan mangrove di Indonesia dengan banyak membuat karya berupa jasa, produk dan afiliasi mangrove bersama dengan para alumninya, sehingga sejak 2001 sampai dengan sekarang dapat terus konsisten dan menunjukkan kualitas karyanya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jawa Tengah, sebagai instansi yang mencalonkan KeSEMaT ke tingkat nasional, dalam testimonialnya juga menambahkan bahwa KeSEMaT sukses membuka jaringan alumni sehingga memiliki afiliasi mangrove yang luas, termasuk relawan mangrovenya di berbagai kota di Indonesia.

Masih menurut DLHK, masalah pendanaan untuk membiayai program-program rehabilitasi mangrovenya, KeSEMaT menyiasatinya dengan mendirikan yayasan dan perusahaan sehingga kualitas programnya dapat terukur dan terus konsisten.

"Sebagai Alumni KeSEMaT (AMaT), tentu saja saya bangga dengan KeSEMaT atas prestasi ini. Setelah menjadi organisasi kepemudaan terbaik di Indonesia dan terbaik di ASEAN, tahun ini kembali mengukir prestasi membanggakan. Semoga terus dapat amanah dan tetap rendah hati dalam menjaga kelestarian mangrove di Indonesia," kata Sdr. Mahbub Murtiyoso (DP).

Prosesi pemberian Penghargaan Wana Lestari 2017 dilakukan siang hari, setelah agenda Sidang Bersama DPR/MPR Republik Indonesia (RI) di Gedung DPR/MPR RI.

Besok pagi, Presiden KeSEMaT dijadwalkan akan mengikuti Upacara Bendera dan Ramah Tamah Bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

"Terima kasih kepada alumni kami, DLHK Jawa Tengah, warga binaan, mitra kerja, pers, komunitas, civitas akademika FPIK UNDIP, dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, yang sudah mendampingi perjalanan kami selama kurang lebih 16 tahun ini dalam melestarikan hutan mangrove Indonesia. Mangrover Indonesia, ini Wana Lestari kita bersama," pungkas Presiden. (ADM/KLHK).

No comments:

Post a Comment