18.10.13

Dr. Agus Supangat, Serahkan Buku Jalan-Jalan ke Antartika Kepada KeSEMaT

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 25 September 2013, KeSEMaT memperoleh hadiah buku karangan Bapak Dr. Agus Supangat. Beliau merupakan Koordinator Divisi Peningkatan Kapasitas dan Penelitian Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Buku yang berisi kisah Peneliti Indonesia Pertama di Antartika ini diterima oleh Sdri. Vera Chandra Puspitasari selaku Menteri Perpustakaan KeSEMaT (MENPUSMAT) ketika menghadiri undangan sebagai pembicara dalam kegiatan Sekolah Pantai Indonesia (SPI).

Pada tahun 2002, Bapak Dr. Agus Supangat, seorang peneliti oseanografi, mendapat kesempatan ikut serta dalam ekspedisi penelitian ke Antartika – sebagai salah satu orang Indonesia pertama yang menginjakkan kakinya di benua beku Antartika. Berbagai adegan seru selama perjalanan, kehidupan di kapal penelitian, ganasnya alam Antartika, serta aneka keunikan yang ditemui, tersaji kembali yang membawa kita seolah-olah bertualang menyusuri dahsyatnya Antartika.

Judul buku tersebut adalah “Jalan – Jalan ke Antartika, Kisah Peneliti Indonesia Pertama di Antartika”. Buku tersebut menceritakan-kembali pengalaman Bapak Dr. Agus Supangat ke Antartika. Adapun cuplikan cerita dalam buku tersebut adalah Antartika merupakan benua paling selatan yang memunculkan gambaran luar biasa : salju, es, suhu dingin dan bentang alam yang berupa air dan batu, tanpa kehijauan. Padang es dan bukit-bukit putih, dengan hewan-hewan unik yang tidak ada dimana-mana, selain di sana. Seolah, suatu dunia yang berbeda sekali dengan negeri kita.

Terima kasih kepada Bapak Dr. Agus Supangat telah menghadiahkan buku inspiratif ini kepada Perpustakaan KeSEMaT sehingga KeSEMaTER akan semakin semangat berkarya untuk Indonesia. Amin. Salam MANGROVER!