21.10.13

KeSEMaT dan PT. Phapros Inventarisasi Flora dan Fauna Mangrove Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Program penelitian di kawasan mangrove yang dikelola oleh PT. Phapros, Semarang, terus dilakukan. Bekerjasama dengan KeSEMaT, perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi ini, tak hanya menyelenggarakan program Pendidikan Karakter dan Lingkungan dengan KeSEMaT melalui Mangrover Cilik (Mangcil) yang sukses diselenggarakan beberapa bulan, kemarin.

Memiliki kawasan mangrove percontohan sendiri yang terletak di Maron, Semarang, PT. Phapros juga meminta KeSEMaT, untuk membantunya menginventarisasi flora dan fauna yang terdapat di kawasan mangrove, tersebut.

Untuk itulah, di sepanjang tahun 2013 ini, sudah dilakukan pra penelitian awal dan penelitian lanjutan mengenai identifikasi jenis mangrove, berikut fauna apa saja yang berhabitat di dalamnya.

Penelitian awal sudah dilaksanakan, dan berhasil mengindentifikasi Jenis mangrove, diantaranya Rhizophora dan Avicennia dan beragam flora seperti Metopograpsus, Clibanarius, Egretta, Telescopium, dan lain-lain. 

Penelitian dilakukan dengan metode ground check lapangan dengan cara menebar transek mangrove, dan juga pemetaan mangrove dengan bantuan pendampingan tenaga ahli identifikasi dan pemetaan mangrove dari Yayasan IKAMaT dan CV. KeMANGI.

Proyek inventarisasi mangrove ini, diharapkan akan dapat membantu memetakan kawasan mangrove di Semarang, yang di tahun 2013 ini, sudah mengalami kerusakan hingga 90%.

Dengan demikian, maka akan dapat ditemukan solusi aplikatif, untuk menanggulangi permasalahan yang ada. Semangat MANGROVER!