Ini Dia, Bagian-bagian Propagul Mangrove!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Banyak pertanyaan yang dilayangkan oleh masyarakat kepada KeSEMaT, yang menanyakan satu pertanyaan yang sama, mengenai apakah Propagul itu sebenarnya? Secara sederhana, sebenarnya Propagul adalah buah mangrove yang telah mengalami perkecambahan. Dalam “dunia mangrove,” ada dua tipe buah mangrove, yaitu Vivipari dan Kriptovivipari. Vivipari adalah biji yang telah berkecambah ketika masih melekat pada pohon induknya dan kecambah telah keluar dari buah. Sedangkan Kriptovivipari adalah adalah biji yang telah berkecambah, ketika masih melekat pada pohon induknya, tetapi masih tertutup oleh kulit biji. Di samping ini adalah gambar propagul (buah vivipari) jenis mangrove Rhizophora apiculata. Anda bisa melihat bagian-bagiannya mulai dari (1) Tangkai, (2) Kelopak Buah, (3) Plumula/Bakal daun, (4) Buah, (5) Keping Buah, (6) Hipokotil, dan (7) Radikula.

Keterangan mengenai beberapa bagian dalam propagul ini telah jelas. Plumula adalah bakal daun yang tertutupi oleh Keping Buah. Selanjutnya, Keping Buah bisa dijadikan indikator bagi pemasakan buah. Apabila warna Keping Buah berubah menjadi kuning atau coklat, maka bisa dipastikan bahwa buah R. apiculata telah masak. Tak hanya jenis Rhizophora spp saja, jenis lainnya juga akan menunjukkan “gejala” kematangan buah yang sama.

Hipokotil adalah semai antara batang dan akar. Bagi beberapa jenis tumbuhan mangrove, Hipokotil merupakan bagian yang sangat penting untuk menyimpan cadangan makanan dan bahan cadangan lainnya. Hipokotil merupakan “kecambah” yang keluar dari buahnya. Sementara itu, Radikula adalah bakal akar yang akan menjelma menjadi akar-akar mangrove yang kuat yang akan bisa melindungi pesisir pantai kita dari abrasi dan gelombang tsunami. Demikian, informasi kecil dari KeSEMaT. Semoga bisa menambah pemahaman dan kecintaan kita terhadap mangrove. Mari mencintai dan menyayangi mangrove kita mulai dari sekarang!