1.10.13

Bersama Mangrove Training, Pelestari Mangrove Semarang Mangroving ke Karimunjawa

Karimunjawa – KeSEMaTBLOG. Mangrove Training (salah satu divisi pelatihan mangrove di CV. KeMANGI) sukses menyelenggarakan field trip dan pelatihan mangrove bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, pada 20 - 22 September 2013 di KepulauanKarimunjawa. Para peserta yang merupakan para pelestari mangrove se-Kota Semarang, sangat antusias mengikuti kegiatan field trip dari awal sampai akhir.

Pembelajaran mangrove diawali dengan mengunjungi taman konservasi mangrove pulau Kemojan, di sana para peserta mendapat penjelasan dari bapak Hary Susanto, petugas Balai Taman Nasional Karimunjawa, Seksi Pengelolaan Taman Nasional 1 mengenai kondisi ekosistem mangrove pulau Kemojan.

Kondisi mangrove Kemojan yang masih alami dan terjaga dengan apik membuat para peserta terheran. Hal ini dipahami karena kondisi tersebut tidak ditemui di Kota Semarang. Spesies mangrove yang berbeda dan lebih beragam menjadikan peserta field trip mendapat pengetahuan baru mengenai spesies-spesies mangrove.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi hutan Nyamplungan, selain sebagai field trip religi, secara tidak langsung peserta juga dikenalkan kepada contoh ekosistem hutan tropis pulau-pulau kecil yang masih terjaga kealamiannya.

Setelah itu, peserta dikenalkan dengan kegiatan snorkeling dimana banyak dari peserta belum pernah melakukan sebelumnya. Keindahan terumbu karang dan beraneka ikan karang di perairan pulau Menjangan Kecil, menjadikan peserta semakin tersadar bahwa pelestarian ekosistem pesisir termasuk di dalamnya mangrove dan terumbu karang harus terus diupayakan. 

Banyak dari mereka yang mengatakan“ Coba kalo pantai dan laut Semarang kondisinya koyo ngene (seperti di Karimun), pasti JOS TENAN (mantab benar).” Semangat MANGROVER!