5.10.13

Press Release Mangrove Music Charity 2013

Semarang - KeSEMaTBLOG. Berikut ini adalah Press Release Mangrove Music Charity (MMC) 2013.

I. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis biota tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi. 

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa Tengah berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, hutan mangrove Kota Semarang, yang rusak atau hilang mencapai 11 ha dari total luasan hutan mangrove 36, 51 ha.

Semarang merupakan ibukota provinsi dari Jawa Tengah, yang beberapa tahun terakhir ini mengalami masalah lingkungan yang cukup berat, salah contohnya adalah rob. Dengan kasus yang terjadi ini, bukan tidak mungkin rob yang terjadi di wilayah Semarang akan bertambah semakin parah. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang mengerti akan dampak dan bahaya yang ditimbulkan dari hal tersebut.

Rob dapat menyebabkan air laut menggenangi rumah warga yang berada di sekitar wilayah pantai. Ditambah lagi dengan kerusakan mangrove di wilayah Semarang, maka akan memperluas dampak dari rob tersebut. Karena itu, dibutuhkan adanya rasa kepedulian dari masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta mangrove.

Memperhatikan kondisi tersebut di atas, maka KeSEMaT berinisiatif menyelenggarakan program Mangrove Music Charity (MMC) 2013 : THE SOUND OF MANGROVER dengan menawarkan konsep yang berbeda, yaitu memadukan antara jiwa kreatifitas musik berlirik mangrove dan jiwa konservasi mangrove di kalangan generasi muda, sehingga dapat menumbuhkan semangat untuk penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah.

Bentuk kegiatan MMC 2013 berupa kegiatan penyuluhan kepada masyarakat umum yang ada di wilayah Semarang, dengan mengundang berbagai pihak baik dari komunitas musik maupun secara personal dengan sukarela.

II. TUJUAN UMUM
Melakukan kampanye penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dengan program Mangrove Music Charity (MMC) 2013 : THE SOUND OF MANGROVER kepada masyarakat khususnya di daerah Semarang.

II. TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan jiwa konservasi masyarakat umum akan pentingnya ekosistem mangrove, khususnya kepada masyarakat di Semarang
2. Membantu program penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah.
3. Menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam rangka penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah.

IV. DESKRIPSI KEGIATAN
4.1. Road Show THE SOUND OF MANGROVER
KeSEMaT melakukan rangkaian kegiatan penyuluhan mangrove, konser musik yang berada di kawasan CFD Simpang Lima, Car Free Night di Kawasan Kota Lama, dan Kawasan Taman KB untuk penyelamatan mangrove dengan mengundang KeSEMaTUSTIK, sebagai band berlirik mangrove, juga beberapa komunitas band aksutik lainnya, baik secara kelompok maupun personal.

Adapun sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat sekitar Semarang, donatur, sponsor, dan KeMANGTEER, selama tiga hari di Taman KB, Kawasan Simpang 5 dan Kota Lama Semarang.

4.2. Pemberian Bantuan
Pada tahap ini, Panitia MMC 2013 bekerja sama dengan afiliasi KeSEMaT, yaitu Batik Bakau, mangrover, GROVENIR dan Mas Jamang, yang nanti hasilnya akan didonasikan kepada KUMANG (Koin Untuk Mangrove) KeSEMaT. Selanjutnya, bantuan dana akan digunakan oleh KeSEMaT untuk membiayai program-program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove di area Pantai Utara Jawa Tengah.

4.3. Pembagian Sertifikat
Pembagian sertifikat dilakukan pada saat Car Free Day pada tanggal 13 Oktober 2013 yang dilakukan di kawasan Taman KB Semarang, mulai pukul 05.00 – 08.40 WIB.

V. KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MMC 2013 bisa ditujukan kepada:
Sdr. Giovanny Eveline Wirahana
Staf Menteri Komunikasi dan Publikasi
HP. +628993861073 P. (024) 70527552
F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id
W. www.kesemat.undip.ac.id

No comments:

Post a Comment