19.10.13

KeSEMaTER Bertemu Prof. Peter Saenger, Peneliti Mangrove Internasional

Bogor - KeSEMaTBLOG. Pada Seminar Internasional Mangrove di Aston Hotel, Bogor, 16 -17 Oktober 2013, banyak cerita menarik yang kami dapatkan. Salah satunya adalah bertemunya kami dengan Prof. Peter Saenger dari Southern Cross University, Australia.

Prof. Peter Saenger sudah melanglang buana di dunia mangrove dunia. Penulis dan peneliti mangrove internasional ini, menerima gelar Ph.D. dari Marine Botany, Melbourne University dan setelah melanjutkan di program post-doktoral di Universitas Uppsala, Swedia, beliau mengisi sejumlah posisi akademis di universitas-universitas Australia dan dunia.

Selanjutnya, beliau juga didaulat sebagai Konsultan Lingkungan di Brisbane selama satu dekade dan belajar hukum di University of Queensland sebelum kembali ke dunia akademis.

Penulis buku mangrove yang karyanya banyak dijadikan rujukan bagi para mahasiswa seluruh dunia ini, juga bekerja pada ekologi mangrove dan masalah manajemen-terkait di Afrika, Timur Tengah, Asia Tenggara dan Amerika Tengah dan menjadi supervisi beberapa badan dunia PBB untuk proyek-proyek yang berhubungan dengan manajemen internasional kawasan pesisir untuk pembangunan berkelanjutan.

Beliau memiliki jurnal ilmiah internasional yang dipublikasikan secara luas serta menulis beberapa buku tentang ekologi dan manajemen mangrove. Banyak sekali pemikiran dari beliau yang menjadi rujukan bagi para peneliti mangrove di Indonesia bahkan dunia.

“It’s very nice,” begitu kata beliau saat kami menjelaskan tentang konsep pengembangan Batik Bakau dan Mas Jamang, yang merupakan produk ramah lingkungan berbasis budidaya mangrove.

Bersama dengan istri beliau, yaitu Ibu Helen Saenger, Prof. Saenger nampak tertarik dengan produk-produk mangrove kami, sehingga kami banyak menjelaskan mengenai proses produksi dan konsep pemberdayaan masyarakat yang kami kembangkan, bersama warga binaan kami, di pesisir Semarang. Semangat MANGROVER!