9.5.23

Press Release Mangrove Training 2023: Pelatihan Indeks Kesehatan Mangrove dan Pengolahan Kopi Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menyelenggarakan program pelatihan dan praktik secara langsung di lapangan mengenai ekosistem mangrove sesuai dengan kurikulum dan silabus KeSEMaT, yaitu Mangrove Training (MT) 2023: Pelatihan Indeks Kesehatan Mangrove dan Pengolahan Kopi Mangrove yang mengusung tema “Improve Your Skills, Increase Your Experience.” Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 14 Mei 2023 di Semarang. Selengkapnya mengenai MT 2023, dapat dicermati pada Press Release MT 2023 di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini, sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya. Kerusakan-kerusakan ini, pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumber daya daerah pesisir secara berkelanjutan.

Pelatihan mengenai berbagai ilmu mangrove bagi anggota KeSEMaT sangat dibutuhkan dalam upaya kegiatan konservasi mangrove yang dilakukan oleh KeSEMaT. Hal ini, berkaitan dengan kondisi mangrove di Jawa Tengah yang sudah sangat memprihatinkan, khususnya di wilayah Semarang yang sudah mengalami degradasi habitat.

Potensi ekosistem mangrove tidak hanya memberikan manfaat secara ekologi melainkan secara ekonomi. Buah dari mangrove spesies Rhizophora mucronata dapat diolah menjadi olahan kopi mangrove.

Melihat potensi ekonomi serta ketersediaan sumber daya mangrove R. mucronata sebagai bahan baku, maka pada 20 Agustus 2021, KeSEMaT bermitra dengan PT Indonesia Power Semarang PGU meresmikan kelompok Pengolah Kopi Arjuna Berdikari. Anggota dari kelompok Arjuna Berdikari adalah bapak-bapak nelayan tambak. Pengalaman dari Arjuna Berdikari dalam mengolah kopi mangrove merupakan ilmu yang sangat bemanfaat yang dapat diterapkan kepada para Anggota KeSEMaT.

Atas dasar-dasar tersebut di atas, maka KeSEMaT melakukan pelatihan mangrove untuk para Anggota KeSEMaT (KeSEMaTER) dengan tujuan agar dapat mengetahui dan menganalisis Indeks Kesehatan Mangrove (IKM). Setelah mampu menganalisis, para KeSEMaTER diharapkan juga akan dapat melakukan upaya rehabilitasi dan konservasi mangrove dengan baik. Selain itu, kegitan ini juga bertujuan untuk melatih keterampilan KeSEMaTER dalam membuat produk olahan mangrove berupa kopi mangrove.

Skema yang diimplementasikan pada MT 2023 ini berupa edukasi pemaparan materi dan praktik langsung di lapangan sehingga dapat menambah wawasan dan kemampuan KeSEMaTER dalam mengaplikasikan ilmu mangrovenya.

TUJUAN UMUM
Mengembangkan pengetahuan mengenai teknik studi analisis IKM dan teknik pengolahan produk olahan mangrove.

TUJUAN KHUSUS
1. Memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam pengolahan produk kopi mangrove.
2. Memberikan pengetahuan dan kemampuan mengenai studi IKM.

DESKRIPSI KEGIATAN
Konsep acara MT 2023 dibuat untuk memenuhi kebutuhan KeSEMaTER di bidang ekosistem mangrove yang memiliki agenda utama, yaitu pelatihan dan praktik langsung mengenai mangrove yang disesuaikan dengan kurikulum dan silabus mangrove yang terdapat di KeSEMaT.

MT 2023 dilaksanakan selama dua (2) hari. Hari pertama acara dimulai dengan pelatihan ruangan, yang meliputi pengenalan mengenai Kopi Mangrove dan IKM. Pada hari kedua, acara akan dilakukan di luar ruangan (outdoor), berupa kegiatan analisis IKM yang dilanjutkan dengan KeSEMaTLEARNING, yaitu praktik pembuatan kopi mangrove di rumah warga binaan KeSEMaT yang berlokasi di Semarang Mangrove Center (SMC), Mangunharjo, Mangkang Wetan, Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Rangkaian terakhir pada hari kedua akan difokuskan pada pengolahan data analisis IKM yang berlokasi di A⁺ Coworking Space, Semarang.

WAKTU DAN TEMPAT
HARI PERTAMA
Pelatihan Materi Ruangan
Jumat, 12 Mei 2023
A⁺ Coworking Space, Semarang

HARI KEDUA
Pelatihan IKM, Pengolahan Kopi Mangrove dan Pengolahan Data IKM
Minggu, 14 Mei 2023
SMC, Jateng
A⁺ Coworking Space, Semarang

PEMBICARA DAN TRAINER
HARI PERTAMA
1. Sdri. Rena Sagita (Menteri Kewirausahaan KeSEMaT Periode 2021/2022) | Materi Pengolahan Kopi Mangrove.
2. Sdr. Ghifar Naufal Aslam (Dewan Penasihat KeSEMaT Kabinet Baghawanta Periode 2021/2022) | Materi Pelatihan IKM.

HARI KEDUA
1. Bpk. Ferry Agung Istiasmara. (Ketua Kelompok Arjuna Berdikari) | Materi Pengolahan Kopi Mangrove.
2. Sdr. Ganang Rahmandika Priandono (Dewan Penasihat KeSEMaT Kabinet Baghawanta Periode 2021/2022) | Materi Pengolahan Data IKM.

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MT 2023 dapat ditujukan kepada:
Sdri. Ummi Shofia Qurrata’ayun
Menteri Pendidikan dan Penelitian KeSEMaT
Periode 2021/2022
WhatsApp: +62896 8106 8902 

Kantor KeSEMaT
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No. 113B
RT 04 RW 03 Kelurahan Kramas, Tembalang
Jawa Tengah – Indonesia
WhatsApp: +62813 9271 1780
Email: kesemat@gmail.com
Website: www.kesemat.or.id

Demikian informasi ini disampaikan. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami mengucapkan terima kasih. (ADM/AP).

No comments:

Post a Comment