18.2.15

KeSEMaT Tanam Mangrove Bersama KOMPAS dan PERTAMINA di Bali

Sanur - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 13 Februari 2015, KeSEMaT diundang di acara Mangrove for Nation yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina dan Harian KOMPAS, bertempat di Bali. Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Fahmi Abdullah Basyari (Presiden) didampingi oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan dari (Yayasan IKAMaT) dan Bapak Arief Marsoedi Harjo (CV. KeMANGI) dan Sdr. Bani dan Alwi (KeMANGTEER Malang).

Kegiatan diawali dengan seminar mangrove yang diselenggarakan di Patra Jasa Bali Resort and Villas Tuban, Bali. Seminar dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama panitia mengahdirkan pembicara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Dr. Ir. Hilman Nugorho sebagai keynote speaker dan Walikota Surabaya Ibu Tri Risma Harini yang membicarakan mengenai manajemen konservasi mangrove di kota Surabaya.

“Hal penting dalam pemberdayaan yaitu memuliakan manusia dan konservasi harus menunjang kesejahteraan rakyat,” ucap Bu Risma.

Hadir pula guru besar Insititut Pertanian Bogor (IPB), yaitu Bapak Cecep Kusmana yang menjelaskan nilai penting ekosistem hutan mangrove.

Pada sesi kedua dihadirkan pembicara dari pakar mangrove di indonesia, salah satunya, yaitu Bapak Ali Mansur yang menjelaskan peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan hutan mangrove secara lestari di Tuban, Jawa Timur.

Setelah seminar, keesokan harinya acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove yang berlokasi di pantai Sanur, Bali. Acara berlangsung ramai karena dihadiri banyak pelajar di Bali.

Acara penanaman sangat spesial karena dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT. Pertamina, Pemimpin Redaksi KOMPAS dan terlihat pula Nugie dan Tya artis ibukota yang ikut menanam mangrove.

Menanam mangrove merupakan kegiatan nyata yang menyenangkan dan merupakan investasi besar bagi anak cucu kita. Menanam itu menyenangkan dan menghasilkan, mari hijaukan pesisir Bali dan Indonesia. Semangat MANGROVER!