18.2.15

Lima Belas Mahasiswa Ilmu Kelautan UNDIP Resmi Menjadi Anggota KeSEMaT Angkatan XV

Rembang - KeSEMaTBLOG. Serangkaian tahapan KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2015 hampir semua dilaksanakan. Tahapan terakhir, yaitu KeSEMaTOUR merupakan tahapan yang dilakukan di lapangan. KeSEMaTOUR dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 7 - 9 Februari 2015. Kegiatan ini bertempat di Desa Pasar Banggi, Rembang.

Acara ini diselenggarakan untuk menerapkan ilmu mangrove yang sudah didapatkan oleh CAMaT XV pada tahapan DIKROVE sebelumnya, sekaligus pelantikan lapangan bagi CAMaT XV yang lolos KHKT 2015.

Hari pertama, peserta CAMaT XV menjalani ramah tamah dengan Bapak Suyadi, Bapak Sahal dan Bapak Wikana selaku pengurus Kelompok Tani Sidodadi Maju. Kelompok tani ini adalah kelompok tani yang bergerak di bidang mangrove yang ada di desa tersebut. Ramah tamah bertujuan untuk menambah ilmu mangrove langsung dan berbagi pengalaman dari narasumber.

Peserta CAMaT XV sangat antusias dalam bertanya dan sangat ingin mengetahui keadaan mangrove di Rembang. Narasumber juga terlihat antusias menjelaskan keadaan mangrove di Rembang.

Hari kedua, CAMaT XV sepenuhnya berada di lapangan. CAMaT XV melakukan analisa vegetasi didampingi KeSEMaTER dan IKAMaTER. Analisa vegetasi bertujuan untuk mengetahui keadaan mangrove dan mendapatkan data lapangan. Data yang didapatkan, kemudian diolah oleh CAMaT XV dibantu KeSEMaTER dan IKAMaTER.

Acara selanjutnya adalah presentasi nama kelompok. Sebelumnya CAMaT XV dibagi kelompok, dengan nama kelompok yang berasal dari spesies mangrove. Nama kelompok kemudian dipresentasikan tiap kelompok.

Kegiatan dilanjutkan dengan debat. Materi debat didebatkan oleh CAMaT XV sebagai kelompok tani dan pemerintah. Materi debat mengangkat tentang keinginan kelompok tani yang ingin ekowisata mangrove di desa mereka disetujui oleh pemerintah.

Acara di hari kedua ditutup dengan pensi dari tiap kelompok. Tiap kelompok menampilkan pensi bertema mangrove yang sudah mereka persiapkan sebelumnya.

Hari ketiga atau hari terakhir, CAMaT XV diajak melihat bedeng persemaian bibit mangrove. Kemudian peserta melakukan penanaman bibit Rhizophora yang berlokasi di ekosistem mangrove desa Pasar Banggi, Rembang.

Setelah melakukan penanaman, langsung diadakan prosesi pelantikan bagi CAMaT XV yang berhasil lolos seleksi. CAMaT XV yang telah dinyatakan lolos dan dilantik langsung dinyatakan sebagai Anggota Baru KeSEMaT (ABK).

Berikut adalah nama-nama lima belas Mahasiswa Ilmu Kelautan UNDIP yang resmi menjadi Anggota KeSEMaT Angkatan XV:
1. Bayu Eko OSE 2014
2. Eldita Amalia IK 2014
3. Syarabilla OSE 2014
4. Ramli Kartika Yudha OSE 2014
5. Wiwid Andriyani L. IK 2014
6. Ardyan Syahputra H. OSE 2014
7. Mustagfirin IK 2014
8. Aulia Septine H. OSE 2014
9. Mahbub Murtiyoso IK 2014
10. Novian Prahandhy K. IK 2014
11. Vita Fitriana M. IK 2014
12. Sulistiowati IK 2014
13. Khalid Haidar D. A.OSE 2014
14. Alve Hadika IK 2013
15. Tania Pusparani OSE 2014

Setiap ABK diberi nama spesies mangrove sebagai nama belakang mereka, juga resmi mendapatkan Nomor Induk KeSEMaT (NIK). Nama Angkatan XV KeSEMaT disepakati bernama Angkatan Rhizophora. Acara diakhri dengan pamitan kepada kelompok tani dan foto bersama.