31.1.16

KeSEMaT Hadiri Penanaman 110 Ribu Mangrove di Pantai Maron, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada hari Sabtu, 30 Januari 2016, mulai pukul 08.00 - 11.30 WIB, bertempat di Pantai Maron, Semarang, KeSEMaT bersama Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI dan KeMANGTEER Semarang yang diwakili oleh Sdr. M. Faisal R., Sdr. Rohmat Kuslarsono dan Sdr. Dika Santosa, menghadiri program Penanaman Mangrove di Pantai Maron yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Bpk. Ganjar Pranowo.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bekerjasama dengan CSR Toyota Indonesia ini, mendapatkan apresiasi yang baik dari kalangan penggiat mangrove di Jawa Tengah.

Selain KeSEMaT, KeMANGTEER, IKAMaT dan KeMANGI, nampak hadir jajaran Toyota Indonesia, SKPD Jawa Tengah, kelompok nelayan, kelompok masyarakat dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

"Program penanaman mangrove ini bertujuan baik, yaitu untuk menghijaukan pesisir Semarang yang memang 90% lebih, kawasan mangrovenya telah rusak," jelas Sdr. Faisal.

Pagi itu, peserta penanaman, menanam mangrove yang berjumlah 100 ribu bibit mangrove jenis Rhizophora di Pantai Maron, bagian barat.

"Ada beberapa saran seputar penanaman mangrove pagi ini, yaitu ada baiknya ditanam juga jenis Avicennia yang saya lihat, memang sudah tumbuh sebagai pioneer, secara alami di kawasan ini. Dengan mengkombinasikan Avicennia dan Rhizophora dan jenis mangrove lainnya yang berhasil tumbuh alami di kawasan ini, maka diharapkan mampu menciptakan penanaman mangrove polykultur, sehingg keanekeragaman hayatinya relatif jauh lebih baik," jelas Sdr. Rohmat.

Program penanaman mangrove hari itu berjalan dengan baik dan lancar yang semoga dapat semakin menumbuhkan jiwa-jiwa mangrover di semua kalangan elemen masyarakat. Amin.