6.2.16

KeSEMaT Paparkan Program Kerjanya di Rakor Finalisasi Draft Rencana Tindak KKMD Jateng

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 Februari 2016, mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB, KeSEMaT yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sdr. Ardyan Syahputra (MENKOMSI) diundang untuk menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Finalisasi Draft Rencana Tindak (Action Plan) Kelompok Kerja Mangrove Daerah Provinsi Jawa Tengah. Rapat ini diadakan di Ruang Rapat Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Kantor Gubernur Jateng, Gedung A lantai IV, Jalan Pahlawan No. 9 Semarang.

Selain KeSEMaT, pada rapat kali ini, dihadiri juga oleh beberapa instansi pemerintah dan instansi terkait, diantaranya, Bappeda Jateng, BLH Jateng, Dinlutkan Jateng, Dinhut Jateng, Disbudpar Jateng, BKSDA Jateng, BPDAS Jateng, PT. Phapros, Wetlands Indonesia, dan Dr. Rudhi Pribadi, selaku perwakilan dari UNDIP.

Rapat dibuka oleh Bapak Safrudin selaku Pimpinan Rapat, dengan pemaparan Draft Action Plan yang sebelumnya sudah dibuat. Rapat kali ini membahas tentang Draft dari Action Plan yang merupakan keberlanjutan dari pertemuan sebelumnya.

Pembahasan rapat ini, diantaranya adalah standarisasi harga bibit mangrove, dimana harga bibit pada setiap instansi pemerintah berbeda-beda, sehingga pada kesempatan kali ini dilakukan standarisasi harganya.

Pembahasan selanjutnya adalah fiksasi lokasi penanaman dan rehabilitasi mangrove. Hal ini dilakukan agar lebih intensif lagi dalam melakukan penanaman dan program rehabilitasi mangrove di kawasan pesisir apabila sudah dilakukan penentuan lokasi.

Selain itu, ada juga pembahasan-pembahasan lainnya, seperti kegiatan pengolahan buah mangrove, pemberdayaan warga pesisir, wisata mangrove dan masih banyak lagi.

Pada rapat kali ini, instansi-instansi terkait juga diberikan kesempatan untuk memaparkan program kerjanya masing-masing, begitu juga dengan KeSEMaT.

Sdr. Ardyan Syahputra memaparkan tentang KeSEMaT dan program kerja pokok tahun 2016 yang belum, sedang dan akan dilakukan, seperti MANGRES, MC, MR dan KGTS.

“Dari KeSEMaT sendiri lebih ke pelaksanannya, Bapak dan Ibu sekalian. Tahun ini, kami menganggarkan tiga program kerja utama, yaitu MANGRES (Mangrove Restoration), MC (Mangrove Cultivation) dan MR (Mangrove REpLaNT) di setiap tahunnya. MANGRES lebih ke kampanye mangrove, MC lebih ke pelatihan dan MR kami fokuskan ke seminar nasional," jelasnya kepada para peserta rapat. "Tidak hanya itu, kami juga menyosialisasikan mangrove ke sekolah-sekolah melalui KGTS (KeSEMaT Goes to School)," jelasnya.

"Kami juga berharap, agar dapat timbul sinkronisasi antara instansi pemerintah dan instansi-instansi lainnya, terkait dengan kelancaran dan keberlangsungan program Action Plan KKMD ini,” terang Bapak Safrudin, selaku Pimpinan Rapat.

Rapat ditutup dengan pembacaan hasil rapat oleh pimpinan rapat, kesepakatan tindak lanjut dari pertemuan kali ini, dan jabat tangan oleh seluruh peserta rapat.