24.2.17

KeSEMaT dan KKMD Jateng Kunker ke Pemalang dan Pekalongan

Pemalang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 14 Februari 2017, mulai dari pagi hingga petang, Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang dan Dinas Pertanian, Peternakan dan Kelautan Kota Pekalongan. Kunker ini terkait dengan pengelolaan mangrove di daerah, menindaklanjuti eksistensi KKMD kabupaten/kota pasca UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pada kesempatan ini, Anggota KKMD yang turut hadir, yaitu Dr. Rudhi Pribadi, Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, dan KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Febryadi Fajar Sulistyo (Presiden).

Hasil dari kunjungan ini, akan menjadi rekomendasi yang baik terhadap pengelalaan kawasan mangrove Jawa Tengah untuk kedepannya. Mengingat potensi kawasan mangrove di Jawa Tengah yang cukup besar, serta manfaat kawasan mangrove di suatu daerah pesisir, maka perlu adanya pengelolaan yang baik dengan mengaktifkan KKMD di beberapa kabupaten/kota, demi keberlangsungan hidup kawasan ekosistem mangrove di Jawa Tengah.

"Dari kunjungan kerja yang kami lakukan, kami mencari tahu, setelah adanya UU No. 23 tahun 2014, pengelolaan kawasan mangrove berada di bawah kewenangan dinas mana, dan bagaimana pengelolaannya di kemudian hari," ujar Sdr. Febryadi.

"Kegiatan pengelolaan kawasan mangrove harus tetap dilaksanakan sebagai tanggung jawab pemerintah provinsi, dengan mengikutsertakan institusi di daerah terkait. Jadi, kelestarian mangrove adalah tanggung jawab kita bersama," pungkanya. (HAF).