5.3.17

KeSEMaT Resmi Lantik Kabinet Pramudya Periode 2016/2017

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Maret 2017, mulai pukul 13.00 s.d 16.00 WIB yang bertempat di Raffles Ballroom, Hotel Semesta, KeSEMaT sukses menyelenggarakan acara pelantikan KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2017 yang bertemakan MANGROVESTHETIC: Lestari Mangroveku, Estetis Negeriku.

Kegiatan ini selain acara syukuran, juga sebagai prosesi pembacaan sumpah dan janji KeSEMaTER. Secara eksplisit, acara KI 2017 ini juga menandakan bahwa kabinet Pramudya secara resmi dilantik langsung oleh pembimbing KeSEMaT dalam kepengurusan satu tahun kedepan.

Selain itu, KI 2017 juga merupakan ajang untuk memperkenalkan KeSEMaTER angkatan XVI dan angkatan XVII kepada mitra kerja dan kolega KeSEMaT, yang terdiri dari beragam instansi mulai dari organisasi mahasiswa, kelompok masyarakat, instansi pemerintah tingkat daerah, nasional dan internasional serta berbagai perusahaan.

Acara ini, dikoordinatori oleh KeSEMaTER Avicennia XVII dan Bruguiera XVI yang didampingi oleh Dewan Penasehat KeSEMaT.

Acara diawali dengan persembahan tari Gambyong sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu undangan. Selanjutnya, sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana KI 2017, yaitu Sdr. Muksin Purnama (staf MENWIRA) yang dilanjutkan oleh Sdr. Febriyadi Fajar S. (Presiden KeSEMaT Periode 2016/2017) serta Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing KeSEMaT).

“Kabinet Pramudya yang total berjumlah 37 KeSEMaTER ini, memiliki arti bijaksana yang diambil dari kata Pramudya itu sendiri, serta memiliki jargon Pramudya Berkarya. Diharapkan kedepannya, kabinet ini dapat melakukan kontribusi langsung serta berkarya dalam setiap pelaksanaan program pelestarian mangrove,” ujar Presiden KeSEMaT.

“KI 2017 yang bertemakan MANGROVESTHETIC memiliki arti dari dua kata, yaitu Mangrove yang mewakili lingkungan pesisir dan menggambarkan KeSEMaT, dan Estetika yang berarti keindahan dan kelestarian dalam setiap unsur-unsur kehidupan. Diharapkan, dari dua arti kata tersebut, para KeSEMaTER dapat menjadi pionir-pionir yang kreatif, inovatif serta inspiratif dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir,” jelas Sdr. Muksin.

Saat pembacaan sumpah dan janji, KeSEMaTER memasuki panggung dari bagian tengah yang dijemput oleh seorang penari, kemudian berbaris rapi didepan panggung untuk mengucap sumpah dan janji yang langsung dilantik oleh pembimbing KeSEMaT, serta disaksikan oleh para tamu undangan.

Setelah pembacaan sumpah dan janji, kegiatan dilanjutkan dengan serah terima Buku Tahunan dan Transkrip Akademik Program Keahlian KeSEMaT.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman Dumatra dan Dumatri yang diraih oleh Sdr. Bachtiar Eka (staf MENDIKTAN) dan Sdr. Maudina Eva (staf shli MENKOMSI).

Setelah itu, dilakukan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME dan hiburan oleh KeSEMaTUSTIK.

Acara ini dihadiri oleh para mitra kerja KeSEMaT, diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, DLH Provinsi dan DLH Kota Semarang, Dinas Kehutanan Kota Semarang, berbagai UKM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Kelompok Tani Metal, Alumni KeSEMaT (AMaT), Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), PT. Phapros, Radio RRI, PT. Marimas dan masih banyak lagi.

Diakhir acara, para mitra kerja dan perwakilan UKM juga berkesempatan menyampaikan pesan dan kesannya secara langsung.

Acara ditutup dengan foto dan makan bersama, sebelum para tamu meninggalkan tempat. Acara berjalan dengan sukses dan lancar, yang selanjutnya akan diikuti dengan prosesi foto Kabinet KeSEMaT Pramudya Berkarya. (BAM).