28.3.17

Press Release KeSEMaT Goes To School 2017: MANGROVEDUCATION

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat luas, bahwa KeSEMaT Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro bekerja sama dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tambakrejo 2, Semarang akan menyelenggarakan program KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2017: MANGROVEDUCATION dengan jargon Learn More, Gain More.

Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati press release, di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya.

Fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Pengelolaan hutan mangrove sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keutuhan hutan mangrove. Rehabilitasi kawasan hutan mangrove yang telah rusak serta usaha perbaikan kualitas suatu kawasan pesisir dapat dilakukan dengan jalan menanam dan merawat vegetasi mangrove di kawasan tersebut.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal tersebut.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka KeSEMaT mengadakan suatu kegiatan yang dinamakan KGTS 2017 yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SDN Tambakrejo 2, Semarang.

Selanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti program KGTS 2016: MANGROVETEEN.

TUJUAN UMUM
Sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar SDN Tambakrejo 2, Semarang.

TUJUAN KHUSUS
1. Memberi pengertian, pengetahuan dan informasi singkat mengenai mangrove secara umum serta hasil olahan mangrove kepada pelajar SDN Tambakrejo 2, Semarang.
2. Menindaklanjuti program KGTS 2016: MANGROVETEEN berjargon The Spirit of Teenagers.

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 1 April 2017. Tema KGTS 2017 kali ini adalah ”MANGROVEDUCATION: Learn More, Gain More.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB s/d pukul 11.30 WIB, dengan berbagai kegiatan sebagai berikut, di bawah ini:

Rangkaian kegiatan dimulai menuju ke kawasan SDN Tambakrejo 2. Kegiatan akan dimulai dengan penyampaian materi mengenai dampak hubungan sampah dengan mangrove secara umum.

Selanjutnya, masuk kegiatan pembuatan prakarya dengan pemberian materi singkat mengenai mangrove, lingkungan dan KeSEMaT. Acara diakhiri dengan games untuk mengukur daya serap siswa/siswi terhadap materi yang telah disampaikan.

JADWAL KEGIATAN
Berikut ini adalah jadwal kegiatan KGTS 2017 selengkapnya:

Hari/tanggal: Sabtu, 1 April 2017
Waktu: 09.00 s.d 11.30 WIB
Tempat: SDN Tambakrejo 2, Semarang

SUSUNAN ACARA
Penyampaian Materi Utama: 09.00 - 09.30 WIB
Pembuatan Prakarya: 09.30 - 10.30 WIB
Games: 10.30 - 11.00 WIB
Penutupan dan foto bersama: 11.00 - 11.30 WIB

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KGTS 2017 dapat ditujukan kepada:

Sdri. Hasna Moraina Rizkiyani
Staf Menteri Pendidikan dan Penelitian KeSEMaT
HP +6283861462484

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Mahasiswa dibawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang.

Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263
Jawa Tengah - Indonesia

P. +6285103527552 F. +62247474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silakan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

Demikian press release ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove dan meningkatkan kepedulian masyarakat, terutama generasi penerus bangsa akan pentingnya kelestarian alam, terutama pesisir pantai dan mangrove.

Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (AA).

No comments:

Post a Comment