14.5.19

Reportase Kemeriahan KeSEMaTINAUGURATION 2019: Pelantikan Kabinet KeSEMaT Kinetika

Semarang - KeSEMaTBLOG. "Telah diadakan acara perdana KeSEMaT di awal tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kabinet KeSEMaT Kinetika, yaitu KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2019," kata Sdr. Ababil (MENWEBNET). "Tahun ini, KI bertema Mangrove Signature: Lead to The Future. Acara ini berlangsung di Vina House Semarang, pada tanggal 21 Maret 2019, mulai pada pukul 13.00 WIB," tuturnya.

Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden) menambahkan bahwa KI 2019 adalah acara Syukuran dan Pelantikan KeSEMaT Kabinet Kinetika periode 2018/2019.

"Setelah melewati tahapan Open Recruitment di program KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR 2019 atau KHKT 2019, tahun ini, Kabinet Kinetika KeSEMaT resmi diisi oleh 25 KeSEMaTER yang terdiri dari Angkatan XVIII dan XIX," kata Presiden. "Kami menempati jabatan Presiden, Menteri, Staf Ahli dan Staf di departemen kami, masing-masing. Kami dilantik langsung oleh pembimbing kami, yaitu Dr. Rudhi Pribadi," tambahnya. 

Acara berlangsung meriah, yang dihadiri oleh Alumni KeSEMaT (AMAT) dan empat afiliasi mangrove KeSEMaT sekaligus, yaitu Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (IKAMaT), CV KeSEMaT Mangrove Indonesia (KeMANGI), Komunitas Keluarga Alumni KeSEMaT (KeAMaT) dan Komunitas KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).

"Selain afiliasi mangrove kami, juga hadir mitra kerja dan kolega kami dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, kelompok tani mangrove, komunitas, masyarakat, LSM, SKPD pemerintah, pers, media partner dan lain-lain yang selama ini telah mendukung pergerakan kami," jelas Sdr. Raditya R. Ananta (MENPORSI). 

KeSEMaTEATER membuka acara. Komunitas teater KeSEMaT yang khusus menghadirkan teater bertema mangrove ini, berhasil menggabungkan konsep teater dengan musikalisasi puisi bertema mangrove. Teatrikal ini mengisahkan kegelisahan hutan mangrove yang terancam keberadaannya karena ulah oknum manusia yang kian rakus membabatnya.

Sdr. Iis Meinarwati (MENDIKTAN), selaku Koordinator KeSEMaTEATER mengatakan bahwa talenta teater yang dimiliki oleh para KeSEMaTER semakin tersalurkan dengan keberadaan KeSEMaTEATER. Hal ini sebagai wujud peran aktif KeSEMaT dalam mengkampanyekan mangrove kepada masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, mulai dari Ketua Pelaksana, Presiden KeSEMaT dan Pembimbing KeSEMaT. Dalam sambutannya Sdr. Paspha Ghaishidra Muhammad Putra (Staf MENPORSI), selaku Ketua Pelaksana menjelaskan konsep KI 2019.

"Mangrove Signature: Lead to The Future adalah akronim dari Something Big for Nature," katanya. "KeSEMaT adalah influencer mangrove di Indonesia. Dengan mengambil tema ini, kami optimis, kedepannya kami akan lebih banyak lagi mengajak masyarakat untuk makin sayang, cinta dan peduli dengan hutan mangrovenya," terangnya lebih lanjut. 

Acara berlanjut dengan Pembacaan Sumpah dan Janji dan Serah Terima Buku Tahunan dan Sertifikat KeSEMaT.

"DUMATRA dan DUMATRI 2019 diraih oleh Sdr. Muhammad Zaky Afkar Al Hazmi (MENWIRA) dan Sdri. Annisa A. Suparyadi (MENKOMSI)," kata MENPORSI pada saat membacakan Pengumuman DUMATRA dan DUMATRI terpilih. "Saya berharap, Anda berdua dapat mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik, untuk masa bakti 2018/2019," pesannya.

Sesi Pemotongan Tumpeng sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya KHKT 2019 dan KI 2019 dilakukan oleh Presiden dan diserahkan kepada Pembimbing KeSEMaT.

"Tumpeng ini simbol rasa syukur kami bagi berjalannya Kabinet Kinetika agar semakin dapat memangrovekan Indonesia juga dunia,” harap Presiden. "Semoga kami dapat mengemban tugas kami dengan baik dan terus berada dalam limpahan rahmat-Nya,” doanya. 

KeSEMaTUSTIK menggebrak KI 2019. Hal ini terbukti dengan antusiasme tamu undangan yang hadir pada saat menyaksikan mereka bernyanyi. Tepuk tangan riuh rendah.

"KeSEMaTUSTIK bagus banget. Mangrove Hidup Kita (MHK) dibawakan oleh personel baru dengan aransemen baru. Saya jadi terhibur. Lebih greget juga dengan tampilan kostum yang berwarna-wani. Jadi fresh lihatnya," kata salah satu tamu undangan.

Sdr. Gagas Tri Pamungkas (Staf MENKEU), selaku Koordinator KeSEMaTUSTIK menyampaikan rasa terima kasihnya karena sudah diberikan kesempatan untuk menampilkan MHK, Desember (Efek Rumah Kaca) dan Cintaku (Chrisye).

"Tadi, sempat demam panggung di awal, karena kami tahu akan ditonton oleh banyak orang. Tapi, Alhamdulillah, sambutannya riuh rendah. Jadi, saya dan personel lainnya makin rileks dan mampu menampilkan yang terbaik," ujar Sdr. Gagas.

Beberapa mitra kerja KeSEMaT menyampaikan pengalamannya bekerja sama dengan KeSEMaT pada Sesi Kesan dan Pesan, diantaranya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, PT Phapros, Kelompok Tani Mangrove METAL, Ketua BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) dan lain-lain.

MANGROVEMAGZ juga turut andil dalam KI 2019 dengan menyerahkan sertifikat kepada para pemeran MIL The Series, sebuah mini seri kehidupan Mangrover sehari-hari. Sertifikat diserahkan langsung oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi, selaku Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ.

"Keseluruhan acara KI 2019 yang berjalan semarak dan meriah ini, ditutup dengan makan siang dan foto bersama," kata Presiden. "Terima kasih kepada semua tamu undangan yang telah hadir dan mendoakan kabinet kami. Semoga satu tahun ini, kita akan dapat optimal lagi dalam bekerja sama memangrovekan Indonesia," pungkasnya. (AP/ADM).

No comments:

Post a Comment