22.3.24

[DIPERPANJANG] Press Release Mangrove Restoration 2024: Road Show, Kampanye Simpatik, Penanaman, Awarding Night, dan Pemantauan Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Kehutanan Dunia yang masing-masing jatuh pada tanggal 10 Januari dan 21 Maret di setiap tahunnya dan mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli dengan pelestarian hutan mangrovenya maka KeSEMaT kembali melaksanakan program kerja tahunan yang melibatkan peserta, baik dari wilayah Semarang maupun dari seluruh Indonesia untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove di beberapa titik strategis di Kota Semarang.

 I. JUDUL KEGIATAN
Mangrove Restoration (MANGRES) 2024: Road Show, Kampanye Simpatik, Penanaman, Awarding Night, dan Pemantauan Mangrove. Tema Kegiatan: Mangrove for Living: Let’s Counter the Climate Change.

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT).

III. DURASI KEGIATAN
Dua bulan (27 Maret sampai dengan 28 Mei 2024 diperpanjang sampai dengan tanggal 8 Juni 2024).

IV. ACARA DAN WAKTU PELAKSANAAN
MANGRES 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret sampai dengan 28 Mei 2024 (diperpanjang sampai dengan tanggal 8 Juni 2024).

V. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) dalam hal ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, instansi dan institusi terkait mangrove, komunitas lingkungan, donator dan pihak sponsor.

VI. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai habitat bagi berbagai jenis fauna, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi, erosi, bahkan tsunami.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Hal ini juga terjadi pada ekosistem mangrove yang terdapat di daerah pesisir Semarang, khususnya di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Memperhatikan keadaan tersebut, maka pada tahun 2024 ini, KeSEMaT berupaya untuk melakukan rehabilitasi mangrove melalui program MANGRES 2024. Pada program ini, KeSEMaT akan melakukan kegiatan penanaman dan pemantauan mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Semarang.

Mengingat fungsi hutan mangrove yang hidup di kawasan pesisir sangatlah penting, diantaranya sebagai habitat bagi berbagai jenis fauna, penahan abrasi dan penyerap emisi karbon, maka kegiatan MANGRES 2024 juga diadakan sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Kehutanan Dunia.

MANGRES 2024 mengusung tema “Mangrove for Living: Let’s Counter the Climate Change” dengan harapan melalui usaha melestarikan mangrove dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim. Untuk itulah maka pada kegiatan ini, KeSEMaT juga akan melakukan penanaman dan pemantauan 500 bibit mangrove agar dapat menyadarkan generasi muda dan masyarakat bahwa sedang terjadi perubahan iklim di bumi.

Dengan kegiatan tersebut maka diharapkan pemanasan global akan dapat dicegah, mengingat hutan mangrove dapat menyimpan karbon hingga tiga kali lebih besar dibandingkan dengan hutan hujan tropis sehingga membuat bumi menjadi lebih dingin.

MANGRES 2024 juga diharapkan akan memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat agar dapat menjaga kawasan mangrovenya, yang diimplementasikan dalam beberapa kegiatan, yaitu Road Show, Kampanye Simpatik, Penanaman, Awarding Night dan Pemantauan Mangrove.

VII. TUJUAN UMUM
Melakukan penanaman dan pemantauan bibit mangrove di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng), Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang dengan cara menanam dan memantau (menyulam dan memonitoring dan mengevaluasi) bibit mangrove.

VIII. TUJUAN KHUSUS
1. Melakukan kampanye simpatik dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Kehutanan Dunia.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove dalam mencegah perubahan iklim.
3. Memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai tata cara menanam dan rehabilitasi mangrove secara baik dan benar.
4. Melakukan penyulaman hasil penanaman mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT di SMC Jateng, Kelurahan Mangunharjo.

IX. ACARA, WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
1. Tahap I: Road Show
Hari, Tanggal: Rabu, 27 Maret 2024 
Waktu: 13.00 – 14.00 WIB
Tempat: UNDIPTV, Semarang

2. Tahap II: Kampanye Simpatik
Hari, Tanggal: Minggu, 21 April 2024 (Minggu, 5 Mei 2024)
Waktu: 06.00 – 08.35 WIB
Tempat: Kawasan Car Free Day, Simpang Lima, Semarang

3. Tahap III: Penanaman
Hari, Tanggal: Rabu, 24 April 2024 (Rabu, 8 Mei 2024)
Waktu: 06.30 – 13.30 WIB
Tempat: SMC Jateng, Mangunharjo, Semarang

4. Tahap IV: Awarding Night
Hari, Tanggal: Minggu, 28 April 2024 (Sabtu, 11 Mei 2024)
Waktu: 18.00 – 21.00 WIB
Tempat: B. di. M Cafe & Chill Mulawarman, Semarang

5. Tahap V: Pemantauan Mangrove
Hari, Tanggal: Selasa, 28 Mei 2024 (Sabtu, 8 Juni 2024)
Waktu: 06.30 – 09.00 WIB
Tempat: SMC Jateng, Mangunharjo, Semarang

X. DESKRIPSI KEGIATAN
10.1. Pendaftaran Peserta
Pada tahap ini, KeSEMaT akan melakukan pendaftaran bagi peserta MANGRES 2024. Pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 27 Maret – 20 April 2024 diperpanjang sampai dengan tanggal 2 Mei 2024, dengan cara melakukan pendaftaran melalui e-mail KeSEMaT: kesemat@gmail.com atau langsung datang ke Kantor KeSEMaT di Semarang. Adapun sasaran utama peserta adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia. 

10.1.1 Persyaratan dan Peraturan Peserta
1. Program MANGRES 2024 dikenakan biaya sebesar Rp75.000,00 (tujuh puluh ribu rupiah) per peserta.

2. Peserta MANGRES 2024 adalah para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.

3. Pendaftaran peserta MANGRES 2024, dimulai dari tanggal 27 Maret – 20 April 2024 diperpanjang sampai dengan tanggal 2 Mei 2024.

4. Peserta MANGRES 2024 diwajibkan untuk mem-follow akun Instagram KeSEMaT.

5. Peserta MANGRES 2024 diwajibkan untuk men-subscribe kanal YouTube KeSEMaT.

6. Peserta MANGRES 2024 diwajibkan untuk mengirimkan bukti follow dan subscribe berupa screenshot, yang dikirimkan bersama dengan formulir peserta dan bukti pembayaran, melalui e-mail.

7. Peserta MANGRES 2024 diwajibkan untuk mengisi formulir sebagai Peserta MANGRES 2024, kemudian dikirimkan ke e-mail dengan subjek: “MANGRES 2024: Mangrove for Living: Let’s Counter the Climate Change.”


9. Format pemberian nama file adalah sebagai berikut: Nama Peserta_Kota Asal_Instansi. Contoh: Alfian Rizqi Hidayat_Semarang_KeSEMaT.

10. Peserta MANGRES 2024 diwajibkan untuk melampirkan scan atau foto kartu identitas diri (KTP/SIM/identitas lain) dalam e-mail tersebut, yang dilengkapi dengan (a) nama lengkap, (b) alamat domisili sekarang, (c) akun media sosial (Instagram) dan (d) nomor yang dapat dihubungi. Poin (a) – (d) dituliskan dalam kotak deskripsi e-mail.

11. Peserta MANGRES 2024 akan mendapatkan fasilitas berupa:
11.1. Bibit mangrove
11.2. Tree tag (penanda bibit mangrove yang berisi nama peserta, titik koordinat penanaman bibit mangrove, dan ucapan selamat kepada peserta MANGRES 2024).
11.3. Planting certificate.
11.4. MANGRES 2024 certificate.
11.5. Akomodasi dan transportasi.
11.6. Stiker MANGRES 2024.

12. Peserta MANGRES 2024 dibatasi hanya untuk 15 orang peserta saja. Namun apabila dibutuhkan, maka kuota dapat ditambah oleh panitia.

13. Pembagian certificate akan dilakukan pada tanggal 28 April 2024 (11 Mei 2024), dalam acara Awarding Night yang akan dilaksanakan secara luring di B. di. M Cafe & Chill Mulawarman, Semarang.

10.2. Tahap I: Road Show
Kegiatan ini dilaksanakan oleh KeSEMaT dalam rangka mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungan. Kegiatan ini bekerja sama dengan UNDIPTV, Semarang untuk mengampanyekan aksi penyelamatan mangrove melalui UNDIPTV. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kampanye mengenai ekosistem mangrove kepada masyarakat secara luas.

10.3. Tahap II: Kampanye Simpatik
Kegiatan ini dilakukan oleh KeSEMaT dan peserta, dalam rangka mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengadakan berbagai aktivitas, seperti orasi, musikalisasi puisi, long march, freeze, tanda tangan petisi, dan pembacaan ikrar mangrover di kain putih yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat umum agar lebih peduli terhadap mangrove dan lingkungan pesisir.

Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pembagian stiker yang berisi pesan tentang penyelamatan hutan mangrove, yang diberikan kepada setiap orang yang melintas.

Kampanye ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan, yaitu Hari Lingkungan Hidup Indonesia (10 Januari) dan Hari Kehutanan Dunia (21 Maret). Lokasi kegiatan berada di kawasan Car Free Day Simpang Lima, Kota Semarang.

Pada kegiatan ini, panitia akan mengenakan atribut berupa headband, dengan ketentuan sebagai berikut: a. Headband terbuat dari bahan karton.
b. Pada bagian tengah headband diberi gambar pohon mangrove jenis Rhizophora spp.
c. Pada bagian tengah gambar pohon mangrove diberi tulisan #SAVEMANGROVE dan #MANGROVEFORLIVING.
d. Ukuran dan bentuk gambar dibuat sekreatif mungkin.
e. Warna yang digunakan untuk membuat headband minimal terdiri dari tiga warna dari lima warna berikut, yaitu putih, cokelat, kuning, hijau, dan hitam.
f. Pada bagian ujung headband diberi tali sebagai pengikat yang disesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing panitia MANGRES 2024.
g. Pada bagian belakang headband diberi nama panitia MANGRES 2024.

10.4. Tahap III: Penanaman Mangrove
Tahapan ini merupakan puncak pelaksanaan MANGRES 2024. Peserta MANGRES 2024 akan ikut langsung dalam kegiatan ini. Peserta berkumpul di Kantor KeSEMaT pada pukul 08.00 WIB.

Pada saat tiba di SMC Jateng akan diadakan pembukaan dengan sambutan-sambutan dari Presiden KeSEMaT, Pembimbing KeSEMaT dan instansi-instansi terkait.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh presiden, pembimbing, instansi-instansi terkait dan peserta yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove oleh panitia, peserta, dan warga sekitar.

10.5. Tahap IV: Awarding Night dan Pembagian Sertifikat
Pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik disertai dengan penggalangan dana Koin Untuk Mangrove (KUMANG). Dalam acara ini akan diadakan talk show dengan tema “Peranan Mangrove Sebagai Penyimpan dan Penghapus Jejak Emisi Karbon di Bumi dalam Upaya Antisipasi Perubahan Iklim” yang akan dibawakan oleh IKAMaT.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan apresiasi panitia kepada peserta dan pembagian sertifikat MANGRES 2024. Kegiatan ini akan mengundang semua peserta MANGRES 2024.

10.6. Tahap V: Pemantauan Mangrove
Pemantauan mangrove merupakan kegiatan yang akan dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari bibit mangrove yang telah ditanam. Tahap ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu penyulaman dan monitoring dan evaluasi.

Kegiatan penyulaman akan dilakukan dengan cara mengganti bibit mangrove yang gagal tumbuh dengan yang baru.

Kegiatan monitoring dan evaluasi mangrove dilakukan untuk mengetahui jumlah bibit yang hidup dan gagal tumbuh, mengukur tinggi dan diameter bibit, dan mendapatkan persentase kelulushidupan dan pertumbuhan bibit mangrove.

Panitia dan peserta akan berkumpul di Kantor KeSEMaT pada pukul 06.30 WIB yang dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke lokasi pemantauan, yaitu SMC Jateng. Acara ini sekaligus sebagai penutupan keseluruhan acara MANGRES 2024.

10.7. Syarat dan Ketentuan untuk Peserta MANGRES 2024
Sertifikat MANGRES 2024 hanya akan diberikan kepada peserta yang mengikuti minimal tiga tahap yang terdiri dari:
10.7.1 Dua tahap wajib, yaitu: Tahap I: Kampanye Simpatik 21 April 2024 (5 Mei 2024) dan Tahap III: Tahap Penanaman 24 April 2024 (8 Mei 2024).
10.7.2 Satu tahap tidak wajib (bebas memilih satu tahapan MANGRES 2024 lainnya), yaitu: Tahap IV: Awarding Night 28 April 2024 (11 Mei 2024) atau Tahap V: Pemantauan Mangrove 28 Mei 2024 (8 Juni 2024).

XI. KUOTA PESERTA
Peserta MANGRES 2024 adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia yang dibatasi hanya untuk 15 orang.

XII. BIAYA
Program MANGRES 2024 dikenakan biaya sebesar Rp75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah) per orang.

XIII. PEMBAYARAN
Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke:

Nomor Rekening: 372601002077501
a.n.: Prasdira Ayu Maithsa Hasna (Bendahara MANGRES 2024)
Bank: BRI

XIV. FASILITAS
Peserta MANGRES 2024 akan mendapatkan fasilitas berupa:

1. Bibit mangrove
2. Tree tag (penanda bibit mangrove yang berisi nama peserta, titik koordinat penanaman bibit mangrove, dan ucapan selamat kepada peserta MANGRES 2024).
3. Planting certificate.
4. MANGRES 2024 certificate.
5. Akomodasi dan transportasi.
6. Stiker MANGRES 2024.

XV. KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGRES 2024 dapat ditujukan kepada:

Sdri. Fitriya Ayu Setyani
Menteri Keuangan Periode 2022/2023.
P. +62 857 9700 6358

XVI. PENUTUP
Demikian press release ini kami sampaikan, sebagai bahan acuan demi suksesnya MANGRES 2024. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih. (ADM).

No comments:

Post a Comment