22.3.24

Press Release KeSEMaTINAUGURATION 2024: Syukuran dan Pelantikan Anggota dan Pengurus KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diinformasikan kepada para alumni, kolega, mitra kerja, rekan-rekan mahasiswa, relawan, dan warga binaan bahwa KeSEMaT dari Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) akan mengadakan program KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2024: Syukuran dan Pelantikan Anggota dan Pengurus KeSEMaT bertema Mangrove Harmony: The Inspiring Connections. Kami mengundang rekan-rekan pers dan media untuk dapat hadir dan meliput kegiatan ini. Berikut ini adalah press release KI 2024:

LATAR BELAKANG
KeSEMaT merupakan organisasi keilmuan di bidang mangrove yang bersifat sukarela. Keberadaan organisasi selalu memerlukan keberadaan pengurus dan anggota yang dapat bekerja secara baik demi kemajuan organisasi. Tanpa adanya kepengurusan dan keanggotaan yang berkualitas dan berkuantitas cukup, maka organisasi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik.

Organisasi juga memerlukan pergantian kepengurusan agar dapat bekerja secara efektif menuju ke arah perbaikan dan kemajuan organisasi. Setelah pergantian kepengurusan maka perlu diadakan pelantikan anggota dan pengurus kabinet yang baru untuk mengukuhkan kepengurusan baru.

Tahapan KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2023 ditujukan untuk regenerasi pengurus KeSEMaT. Acara tersebut diawali dari tahap seleksi administrasi, seleksi wawancara, pembekalan, pendidikan dan pelatihan (diklat) mangrove (DIKROVE), ujian DIKROVE, technical meeting, dan diakhiri dengan KeSEMaTOUR (KT).

Pada KT Batch I dan II tanggal 5 sampai dengan 7 Agustus 2023, telah dilaksanakan pelantikan internal yang bertempat di kawasan hutan mangrove di Desa Pasar Banggi, Rembang, Jawa Tengah.

Pada KT Batch III pada tanggal 16 sampai dengan 17 Januari 2024, telah dilaksanakan pula pelantikan internal yang bertempat di kawasan Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng).

Pelantikan tersebut secara otomatis mengubah status Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) menjadi Anggota Baru KeSEMaT (ABK).

KI 2024 mengusung tema “Mangrove Harmony: The Inspiring Connections” yang memiliki makna bahwa Kabinet Nagendra Naratama akan dapat memiliki keselarasan (harmoni), baik antara pengurus dan anggotanya bahkan dengan pihak luar, yaitu kolega, mitra kerja, alumni, dan warga binaan sehingga dapat membentuk konektivitas dan jejaring yang memberikan inspirasi.

Atas dasar-dasar tersebut, sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka KeSEMaT mengadakan kegiatan KI 2024 dengan inti kegiatan Syukuran dan Pelantikan Kabinet Angkatan XXII dan Anggota Angkatan XXIII KeSEMaT.

TUJUAN UMUM
Syukuran dan Pelantikan Pengurus Kabinet Angkatan XXII dan Anggota Angkatan XXIII KeSEMaT.

TUJUAN KHUSUS
1. Regenerasi Pengurus dan Anggota KeSEMaT.
2. Pengenalan Kabinet Nagendra Naratama kepada Mitra Kerja.
3. Pelantikan Pengurus Kabinet Angkatan XXII dan Anggota Angkatan XXIII KeSEMaT.

DESKRIPSI KEGIATAN
KI 2024 merupakan program Syukuran Pengurus Kabinet Angkatan XXII dan Anggota Angkatan XXIII KeSEMaT. KeSEMaT Angkatan XXII dan XXIII tersebut akan menduduki posisi sebagai staf, staf ahli, menteri, dan presiden dalam struktur kepengurusan Kabinet KeSEMaT Nagendra Naratama periode 2022/2023.

Dalam kegiatan tersebut, anggota KeSEMaT Angkatan XXII dan XXIII akan mengikrarkan sumpah dan janji KeSEMaTER, menerima buku tahunan, sertifikat, dan transkrip keahlian Kabinet KeSEMaT Baghawanta periode 2021/2022.

Hal ini dilaksanakan sebagai tanda telah bergantinya kepengurusan Kabinet KeSEMaT Baghawanta menjadi Kabinet KeSEMaT Nagendra, serta telah diakuinya Kabinet KeSEMaT Nagendra dalam kepengurusan di KeSEMaT.

Selain itu, juga akan ditetapkan Duta Mangrove KeSEMaT Putra (DUMATRA) dan Duta Mangrove KeSEMaT Putri (DUMATRI) sebagai Duta Mangrove KeSEMaT selama satu periode kepengurusan Kabinet KeSEMaT Nagendra Naratama periode 2022/2023.

WAKTU DAN TEMPAT
Hari/tanggal: Kamis, 28 Maret 2024
Waktu: 13.00 s.d. 15.45 WIB
Tempat: Hotel Candi Indah Convention, Semarang

TAMU UNDANGAN
Kegiatan ini akan dihadiri oleh 55 orang tamu undangan yang terdiri dari para alumni, kolega, mitra kerja, rekan-rekan mahasiswa, relawan, dan warga binaan KeSEMaT.

SUSUNAN ACARA
1. Pembukaan dan Sambutan.
2. Penampilan Tarian Pembukaan.
3. Pemutaran Video KHKT 2024.
4. Pembacaan Sumpah dan Janji KeSEMaTER.
5. Penyerahan Buku Tahunan KeSEMaT.
6. Pengumuman MANGROVEMAGZ Ambassador 2024, DUMATRA DUMATRI 2024 dan Pemutaran MIL The Series.
7. Penyerahan Sertifikat MANGROVEMAGZ Ambassador 2022 dan DUMATRA DUMATRI 2022.
8. Pemotongan Tumpeng.
9. Kesan dan Pesan.
10. Hiburan.
11. Penutup dan Do’a.
12. Foto Bersama.

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KI 2024 dapat ditujukan kepada:

Sdr. Richo Sandy Trihutomo (Staf MENPORSI)
Ketua Pelaksana KI 2024
HP +62813 7102 8827

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Mahasiswa di bawah FPIK UNDIP, Semarang.

KANTOR KeSEMaT
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II
No. 113B, RT 4, Kramas, Tembalang
Kota Semarang, 50278
Jawa Tengah - Indonesia

P. +6285103527552 F. +62247474698
E. kesemat@gmail.com W. kesemat.or.id

Informasi selengkapnya mengenai KeSEMaT, dapat mengunjungi situs web kesemat.or.id.

Demikian press release ini disusun. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi terkait kepengurusan baru KeSEMaT, serta meningkatkan pemahaman kita semua mengenai ekosistem mangrove.

Semoga kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa, akan pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas perhatian dan kerja sama semua pihak disampaikan terima kasih.  (ADM).

No comments:

Post a Comment