4.6.07

Mau Tahu Jenis-jenis Mangrove? Kenali Tipe Akarnya

Semarang - KeSEMaTBLOG. Kita bisa dengan mudah membedakan tumbuhan mangrove dengan tumbuhan darat hanya dengan melihat bentuk akarnya. Bentuk akarnya yang unik dan indah membuat tumbuhan payau ini berbeda dengan tumbuhan lainnya di buni ini. Mangrove ‘terpaksa’ beradaptasi dengan mencuatkan akar-akarnya ke udara, untuk menghindari sedimennya yang anoksik alias mengandung racun-racun yang berbahaya bagi tubuhnya.

Keunikan dan bentuk akarnya yang mencuat ke atas ini, digunakan oleh para peneliti sebagai salah satu cara yang paling jitu untuk mengetahui spesiesnya. Menurut Kitamura, et al (1997), terdapat 6 jenis tipe akar mangrove. Berikut ini deskripsi masing-masing akar mangrove tersebut:

1.Akar Tunjang adalah akar udara yang tumbuh di atas permukaan tanah, mencuat dari batang pohon dan dahan paling bawah serta memanjang ke luar dan menuju ke permukaan tanah. Contoh: Rhizophora spp.

2.Akar Nafas adalah akar udara yang berbentuk seperti pensil atau kerucut yang menonjol ke atas, terbentuk dari perluasan akar yang tumbuh secara horisontal. Contoh: Avicennia spp.

3.Akar Lutut adalah akar horisontal yang berbentuk seperti lutut terlipat di atas permukaan tanah, meliuk ke atas dan bawah dengan ujung yang emmbulat di atas permukaan tanah. Contoh: Bruguiera spp.

4.Akar Papan adalah akar yang tumbuh secara horisontal, berbentuk seperti pita di atas permukaan tanah, bergelombang dan berliku-liku ke arah samping seperti ular. Contoh: Xylocarpus spp.

5.Akar Banir adalah struktur akar seperti papan, memanjang secara radial dari pangkal batang. Ceriops spp.

6.Akar Tanpa Akar Udara adalah akar biasa, tidak berbentuk seperti akar udara. Contoh: Aegiceras spp.

No comments:

Post a Comment