12.6.07

Reportase Mangrove Training 2007

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 – 10 Juni 2007, bertempat di tiga tempat, yaitu Asrama dan Kampus Ilmu Kelautan UNDIP Teluk Awur Jepara serta Arboretum KeSEMaT, KeSEMaT sukses menyelenggarakan Mangrove Training (MT) 2007: Pelatihan Penelitian Struktur Komunitas Mangrove. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan semangat penelitian tentang ekosistem mangrove kepada mahasiswa dan masyarakat. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 20 orang partisipan, yang terdiri dari Anak-anak KeSEMaT, mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan dan Planologi UNDIP.

Acara dimulai pada hari Sabtu dengan Seminar Mangrove yang menghadirkan empat pembicara yaitu Kunarso, ST (Potensi Ekonomi Mangrove), Arief Marsudi Harjo (Ekologi Mangrove dan Pengenalan Alat Sampling Mangrove), Indah Kurniani (Pemetaan Mangrove), dan Isna Bahtiar (Pengenalan Spesies Mangrove). Sabtu malam, acara dilanjutkan dengan Diskusi Intensif tentang Metode Penelitian Struktur Komunitas Mangrove oleh Aris Priyono.

Hari Minggu, acara dilanjutkan dengan sampling mangrove di Arboretum KeSEMaT. Sampling dilakukan untuk mendapatkan data spesies mangrove (anakan, semai, pohon) yang meliputi data diameter batang, ketinggian, dan dampak aktivitas manusia. Setelah itu, dilakukan pengukuran terhadap suhu, salinitas, pH dan jenis sedimen. Acara ditutup pada pukul 02.00 WIB, dengan perhitungan data, evaluasi dan beberapa rekomendasi untuk MT 2008.