26.7.08

Mangrove REpLaNT 2008 : Sukses Besar!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 - 20 Juli 2008, KeSEMaT sukses menyelenggarakan acara konservasi tahunannya bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) 2008: Seminar Nasional, Penyuluhan, Pelatihan dan Penanaman Mangrove. MR 2008 diikuti oleh tak kurang dari 100 orang peserta dan panitia, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, mahasiswa (UI, UGM, UNDIP, UNNES, UNP, UNAIR, dan lain-lain), instansi pemerintahan, LSM, organisasi pecinta alam, masyarakat, dan berbagai elemen lainnya.

Seminar Nasional bertema Forest for Rent, mendatangkan pembicara dari Departemen Kehutanan, Wetlands International Indonesia Programme, Praktisi Hukum UNDIP, dan Pemerintah Kabupaten Jepara. Selanjutnya, dalam sesi Kuliner Mangrove, MR 2008 mendatangkan tenaga penyuluh makanan mangrove dari LPP Mangrove Jakarta.

Praktisi mangrove KeSEMaT juga memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai tata cara transek mangrove, tahapan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove serta pengetahuan mengenai tahapan melakukan proyek rehabilitasi di wilayah pesisir.

Mangrove yang ditanam dalam sesi penanaman adalah Avicennia marina, Rhizophora stylosa, Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, dan Ceriops decandra. Total keseluruhan bibit yang ditanam adalah 2000 bibit.