18.4.10

Peringati Hari Bumi, KeSEMaT Selenggarakan MANGRES 2010 dan MC 2010

Semarang – KeSEMaTBLOG. Tahun ini, untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tangal 22 April 2010, KeSEMaT kembali menyelenggarakan dua buah program mangrove tahunannya, yaitu MANGROVE RESTORATION (MANGRES) 2010 dan MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010. MANGRES 2010 telah selesai dilaksanakan pada bulan Maret kemarin, yang bertujuan untuk menyelamatkan wilayah pesisir Trimulyo Semarang dari hantaman abrasi.

Sementara itu, MC 2010, baru akan dimulai pada tanggal 7 – 9 Mei 2010, dan saat ini sedang berada dalam tahap pendaftaran peserta (lihat foto di samping ini, saat KeSEMaTER mempersiapkan pelaksanaan MC 2010, mulai dari tahap pembuatan proposal, pendaftaran, pengambilan benih mangrove dan proses audiensi dengan para mitra kerjanya), sampai dengan 23 April 2010. MC 2010 sendiri, salah satu tujuannya adalah untuk menyelamatkan pesisir Teluk Awur, Jepara dari kehancuran.

MANGRES dan MC, memang adalah salah dua dari tiga puluhan program mangrove yang selalu diselenggarakan oleh KeSEMaT di setiap tahunnya, untuk membantu bumi bernafas dan meneruskan kehidupannya. Mangrove, sebagai salah satu bagian ekosistem di bumi, setiap tahunnya selalu saja mendapatkan tekanan. Untuk itulah, hadirnya MANGRES dan MC dengan usungan konsep kampanye simpatik, pengumpulan ribuan suara konservasi, penyuluhan, penyulaman, pelatihan, pembibitan, dan penanaman mangrove, seminar nasional, diskusi mangrove dan berbagai konsep lainnya, dengan melibatkan ratusan peserta, semoga saja bisa turut menyembuhkan bumi ini dari penyakit kronisnya, yaitu kehilangan kesempatan “bernafasnya” akibat dari ulah kita yang membabat habis keanekaragaman hayatinya. Amin. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment