5.1.15

Press Release MANGROVENERGY: PLN Mangrovekan Negeri

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diberitahukan kepada masyarakat, bahwa KeSEMaT bekerjasama dengan PT. PLN (Persero) Jasa Manajemen Konstruksi (JMK), akan menyelenggarakan program MANGROVENERGY: PLN Mangrovekan Negeri, Pameran Industri Mangrove Kreatif dan Penanaman 10.000 Bibit Mangrove di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pastikan, Anda dan organisasi Anda terdaftar pada program ini. Seratus persen, GRATIS! Informasi selengkapnya, dipersilahkan mencermati keterangan di bawah ini:

I. JUDUL KEGIATAN 
MANGROVENERGY: PLN Mangrovekan Negeri, Pameran Industri Mangrove Kreatif dan Penanaman 10.000 Bibit Mangrove di Kota Semarang, Jawa Tengah.

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT).
Kantor KeSEMaT Semarang: Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50275.
Jawa Tengah - Indonesia.
P. +622470527552 F. +62247474698.
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id.

III. LOKASI DAN WAKTU KEGIATAN
Lapangan Sepakbola, Mangkang Wetan, Semarang.
Tanggal 23 Januari 2015, mulai pukul 08.00 WIB - 11.00 WIB.

IV. DURASI KEGIATAN
Satu (1) hari.

V. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan PT. PLN (Persero) Jasa Manajemen Konstruksi (JMK), Unit Supervisi Konstruksi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

VI. LATAR BELAKANG
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki 17.508 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km dan memiliki potensi sumberdaya pesisir dan lautan yang sangat besar.

Sumberdaya alam yang terdapat di wilayah pesisir dan lautan terdiri dari sumberdaya yang dapat pulih (renewable resources), seperti perikanan dan hutan mangrove maupun sumberdaya yang tidak dapat pulih (non-renewable resources), seperti minyak bumi dan gas mineral serta jasa-jasa lingkungan.

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai hutan mangrove terbesar di dunia, yaitu mencapai 8,6 juta hektar dan memiliki keanekaragaman hayati yang terbesar serta strukturnya paling bervariasi.

Warisan alam yang sangat luar biasa ini memberikan tanggung jawab yang besar bagi bangsa Indonesia untuk melestarikannya, sekaligus memberikan kesempatan yang berharga bagi mereka yang bermaksud untuk mempelajari dan menikmati hutan mangrove ini, meskipun saat ini dilaporkan sekitar 5,3 juta hektar jumlah hutan itu telah rusak.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara (Pantura) Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan, dimana sudah 90% hutan mangrovenya telah rusak. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya.

Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian kaum muda dan masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir. Pada umumnya, mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam secara berkelanjutan.

Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah, dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya.

Fungsi hutan mangrove yang sangat penting adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Pengelolaan hutan mangrove sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keutuhannya. Rehabilitasi kawasan hutan mangrove yang telah rusak serta melakukan perbaikan kualitas suatu kawasan pesisir dapat dilakukan dengan jalan menanam bibit dan memelihara mangrove di kawasan tersebut.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal tersebut.

Selaku Unit Pelaksana Kegiatan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro yang berfokus pada konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye, dan dokumentasi mangrove, KeSEMaT bekerjasama dengan PT. PLN (Persero) Jasa Manajemen Konstruksi, Unit Supervisi Konstruksi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mengusulkan melakukan program Pameran Industri Mangrove Kreatif dan Penanaman 10.000 Bibit Mangrove untuk mendukung program pemerintah dalam bidang pendidikan dan rehabilitasi ekosistem mangrove di Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Program ini merupakan salah satu solusi yang harus diterapkan kepada generasi muda Indonesia supaya lebih mengenal, mencintai dan melestarikan lingkungan khususnya lingkungan pesisir secara mendetail.

VII. TUJUAN
1. Memberi pelatihan pembibitan, penanaman dan pelestarian ekosistem mangrove kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kota Semarang.
2. Mengenalkan industri mangrove kreatif kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kota Semarang.

VIII. SASARAN
1. Memperkuat kapasitas pemerintah daerah Kota Semarang dalam bidang pendidikan dan konservasi lingkungan pesisir.
2. Menumbuhkan jiwa mangrover sejak dini kepada kaum muda di Kota Semarang.
3. Memperkuat pendidikan karakter lingkungan kepada kaum muda di Kota Semarang.

IX. DESKRIPSI KEGIATAN
Kegiatan MANGROVENERGY dengan tagline PLN Mangrovekan Negeri merupakan kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama antara PT PLN JMK Semarang dengan KeSEMaT dalam rangka usaha rehabilitasi ekosistem mangrove.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelatihan pembibitan, penanaman dan pelestarian ekosistem mangrove kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan mengenalkan industri mangrove kreatif kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kota Semarang.

MANGROVENERGY merupakan salah satu program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari PT. PLN JMK Semarang. Kegiatan ini berfokus pada penanaman 10.000 bibit mangrove yang melibatkan Mahasiswa, LSM, Pemerintah Kota Semarang, dan Dinas Pemerintah terkait sehingga terbentuk koordinasi yang baik dalam konservasi mangrove di kawasan pesisir utara Semarang.

X. PELAKSANAAN KEGIATAN MANGROVENERGY
MANGROVENERGY dilaksanakan di Mangkang Wetan Semarang pada tanggal 23 Januari 2015. Rangkaian acara pada MANGROVENERGY ini, antara lain adalah Fashion Show Batik Bakau, Simbolisasi dan Penanaman Mangrove serta Pameran Industri Mangrove Kreatif berupa Batik Bakau dan Jajanan Mangrove Asli Semarang (Mas Jamang).

A. KEGIATAN PRA MANGROVENERGY
Agenda pertama yang akan dilakukan adalah persiapan program, dimulai dari publikasi, termasuk di dalamnya pendaftaran peserta dan pembagian fasilitas peserta, surat menyurat atau perizinan, dan persiapan pelaksanaan penanaman berupa bibit dan lokasi penanaman.

B. KEGIATAN PADA SAAT MANGROVENERGY
Pada pukul 08.00 WIB peserta dan tamu undangan tiba di lokasi penanaman. Setelah itu, penyampain sambutan oleh General Manager PT PLN JMK Semarang dan Perwakilan dari Pemerintah Kota Semarang.

Acara selanjutnya dibuka oleh tari-tarian tradisional kemudian menyaksikan fashion show Batik Bakau, dilanjutkan dengan acara puncak, yaitu simbolisai serta penanaman mangrove sebanyak 10.000 bibit.

Setelah semua rangkaian acara selesai, peserta dan tamu undangan mengunjungi stand industri mangrove kreatif yang terdiri dari stand Mas Jamang dan Batik Bakau. Seluruh rangkaian acara MANGROVENERGY selesai pada pukul 11.00 WIB.

XI. PENDAFTARAN PESERTA
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 - 19 Januari 2015 secara online dan offline. Pendaftaran online dilakukan terpusat di website KeSEMaTONLINE http://www.kesemat.undip.ac.id dan pendaftaran offline, dilakukan di Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275. P. 024 70527552 F. 024 7474698.

XII. SYARAT DAN KUOTA PESERTA
Peserta untuk umum, atas nama pribadi atau organisasi. Kami membatasi kuota peserta hanya untuk 50 orang, saja. Diluar itu, akan akan ada peserta cadangan (waiting list), dengan syarat peserta utama yang telah terdaftar, berhalangan hadir. Nama-nama peserta utama, akan diberitahukan kemudian oleh panitia melalui SMS, dan akan dipublikasikan melalui website KeSEMaTONLINE http://www.kesemat.undip.ac.id.

XIII. PERSYARATAN DAN TEKNIS PENDAFTARAN
1. Semua kegiatan MANGROVENERGY ini adalah gratis, peserta tidak akan dipungut biaya apapun.
2. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan MANGROVENERGY.
3. Semua peserta wajib melampirkan fotocopy identitas diri.
4. Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan MANGROVENERGY dapat didapatkan secara online di website KeSEMaT dan offline di Kantor KeSEMaT. Untuk Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan MANGROVENERGY secara online, unduh di sini.
5. Setelah diisi secara lengkap, Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan MANGROVENERGY via online, dikirimkan kembali ke email KeSEMaT kesemat@undip.ac.id dengan subject: MANGROVENERGY, yang disertai dengan scan identitas diri.
6.  Setelah diisi secara lengkap, Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan MANGROVENERGY via offline, diberikan kepada panitia yang disertai dengan foto copy identitas diri.
7. Technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2015, mulai pukul 15.30 WIB - 17.00 WIB di PKM Baru, Kampus UNDIP Tembalang. Peserta diharapkan untuk datang tepat waktu.
8. Technical meeting diwajibkan bagi semua peserta, kecuali yang berasal dari luar Semarang.
9. Sertifikat MANGROVENERGY akan diserahkan secara langsung oleh panitia, setelah acara penutupan, di Mangkang Wetan, Semarang.
10. Bagi peserta yang sudah terdaftar sebagai peserta utama, dan tidak hadir pada tanggal 23 Januari 2015, saat pelaksanaan MANGROVENERGY, maka semua fasilitas tidak akan diberikan oleh panitia.

XIV. TATA TERTIB PESERTA
a. Peserta diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia.
b. Peserta diharapkan mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
c. Peserta dilarang meninggalkan acara atau lokasi kegiatan tanpa seijin panitia.
d. Peserta melakukan MCK di tempat yang telah disediakan oleh panitia.
e. Peserta dilarang membuat keributan yang akan mengganggu peserta lain dan warga sekitar.
f. Peserta dilarang membawa dan atau memakai narkoba atau minum minuman keras.
g. Peserta diwajibkan menjaga kebersihan lingkungan.
h. Peraturan ini ditetapkan untuk ditaati bersama demi kelancaran acara ini. Apabila peserta melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi yang tegas.
i. Apabila ada peraturan baru akan diberitahukan lebih lanjut oleh panitia.
 
XV. PERLENGKAPAN YANG HARUS DIBAWA
Baju ganti berupa pakaian lengan panjang, topi lapangan, peralatan MCK, perlengkapan sholat, sepatu lapangan, obat pribadi, dan kaos MANGROVENERGY yang akan diserahkan oleh panitia pada saat pemberangkatan peserta.

XVI. PEMBERANGKATAN PESERTA
Peserta diwajibkan berkumpul di GSG UNDIP Tembalang, pukul 06.00 WIB, pada tanggal 23 Januari 2015, untuk registrasi. Bus berangkat tepat pukul 06.30 WIB. Bagi peserta yang terlambat, panitia tidak akan memberikan kompensasi.

XVII. FASILITAS
Sertifikat, kaos, souvenir, transportasi (bus) PP, konsumsi, goodybag, dan perlengkapan penanaman.

XVIII. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGROVENERGY, bisa ditujukan kepada:

Sdr. Hari Prayogi
Dewan Penasehat KeSEMaT
HP 081 725 5115
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

NB. Jadwal MANGROVENERGY disusun secara tentative.

XIV. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. Semangat MANGROVER!