8.7.17

IKAMaT Kembangkan Mangrover Unite, Aplikasi Penggalangan-Dana Mangrove, Pertama di Indonesia

Semarang - KeSEMaTBLOG. Mangrover Unite, salah satu produk aplikasi mangrove Yayasan IKAMaT, berkesempatan mengikuti program kompetisi Socio Digi Leader 2017 yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia. Program ini merupakan kompetisi ide kreatif dan inovatif yang berdampak bagi lingkungan sekitar.

Bagi Anda yang ingin mendukung Mangrover Unite di kompetisi ini, dapat LIKE dan Subscribe, juga memberikan komentar dukungan di semua media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan YouTube) sampai dengan 31 Juli 2017, search Mangrover Unite, berikan dukungan dan mention ke akun @SocioDigiLeader. Video grafis Mangrover Unite di kompetisi ini, dapat dilihat di akhir artikel ini.

Dibandingkan dengan lainnya, hutan mangrove di Indonesia adalah sumber daya alam pesisir yang terkena dampak tekanan-lahan paling berat. Padahal, luasannya merupakan yang terbesar di dunia. Namun, laju kerusakannya juga yang tercepat di dunia.

Walaupun menempati 25% luas hutan mangrove di bumi, saat ini, tercatat sudah 71% hutan mangrove Indonesia mengalami kerusakan. Apabila tidak segera dicegah, maka abrasi, tsunami, instrusi air laut akan datang menghadang.

Selanjutnya, karbon akan lepas ke udara, menyebabkan pemanasan global. Tak hanya itu, sumber plasma nutfah, industri perikanan dan mata pencaharian masyarakat pesisir juga akan terancam. Individu atau lembaga penyelamat mangrove yang disebut mangrover berjumlah ribuan, tersebar di seluruh Indonesia.

Para campaigner mangrove ini, sering membuat proposal kemudian menyebarkannya secara konvensional, acak ke pihak donor yang tak berhubungan dengan mangrove sehingga banyak mengalami penolakan.

Sebaliknya, banyak donor yang berhubungan dengan mangrove, tapi tak tahu ke mana dan untuk siapa dananya akan dikucurkan, sehingga banyak proyek rehabilitasi mangrove di Indonesia yang gagal. Akibatnya, hutan mangrove di Indonesia terus terdegradasi.

Mangrover Unite, aplikasi yang akan mengubah alur penyebaran proposal konvensional menjadi digital. Aplikasi ini mempertemukan campaigner dengan donor-nya, sehingga proposal akan tepat sasaran.

Campaigner menulis proposal penyelamatan mangrove dan peningkatan hidup warga pesisirnya ke Mangrover Unite, dan donor akan menemukan idenya kemudian mendanai programnya.

Dengan konsep crowdfunding, maka donatur bisa berasal dari individu dan lembaga sehingga dapat melibatkan lebih banyak orang untuk menyelamatkan hutan pasang surut ini.

Bagi para campaigner yang banyak menyumbang ide kampanyenya, juga akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan produk dan jasa mangrove mitra Mangrover Unite, sehingga sebuah proyek mangrove di tiga kategori, yaitu sosial, kemanusiaan dan penelitian ini, bisa sangat viral di masyarakat.

Mangrover Unite adalah solusi praktis, mudah, sederhana, transparan dan terukur, bagi permasalahan kerusakan hutan mangrove di Indonesia. Dengan people power, hutan mangrove di Indonesia akan bisa diselamatkan.

Mangrover Unite: The 1st Indonesia's Mangrove Fundraising Platform. Start Your Mangrove Campaign! Berikut video grafis aplikasi Mangrover Unite. (ADM). (Sumber).

No comments:

Post a Comment