29.6.18

Gelar Mangrover Ngabuburit, KeSEMaT dan IKAMaT Berbagi Informasi dan Data Mangrove Semarang Terkini

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 Juni 2018, mulai pukul 15.00 - 20.00 WIB, KeSEMaT sukses mengadakan program rutin tahunannya, yaitu KeSEMaT Goes To Community (KGTC) dengan tema “Mangrover Ngabuburit (MN) 2018: Ramadan Asyik Bersama Mangrover”. Kegiatan ini adalah hasil kerja sama antara KeSEMaT dengan Yayasan IKAMaT, yang berkolaborasi mengundang komunitas lingkungan dan masyarakat umum.

MN 2018 ini bertujuan untuk berdiskusi dan sharing data terkini mengenai kondisi ekosistem mangrove di Semarang dan Jawa Tengah yang diadakan di Ruang Komunitas, Lantai 1, Balaikota Semarang, Jawa Tengah.

Kegiatan berlangsung sangat menarik karena turut dihadiri oleh berbagai komunitas pecinta alam dan lingkungan, yaitu KOPHI Jateng, Atmosphere, Lindungi Hutan, Green Community, KeMANGTEER Jogja, mahasiswa dan masyarakat umum.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Sdr. Bachtiar Eka Budiyanto (MENPORSI) sebagai moderator yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah hadir.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi dan sharing serta diskusi data terkini mengenai kondisi mangrove di Semarang dan Jawa Tengah oleh Sdr. M. Faisal Rachmansyah, S.Kel (Direktur Utama Yayasan IKAMaT).

"Semarang memiliki lahan untuk ditanami mangrove, namun sayang kepemilikannya sudah jatuh kepada pihak ketiga. Inilah yang menjadi permasalahan bagi kami sebagai penggerak kegiatan penghijauan pantai dan pesisir di Kota Semarang," jelasnya.

Acara semakin menarik ketika para peserta saling berbagi informasi mengenai mangrove dan pesisir di area kerjanya, masing-masing.

"Senang sekali, salah satu kegiatan KGTC 2018, yaitu MN 2018 ini dapat berjalan dengan baik. Para peserta juga sangat antusias berdiskusi mengenai pelestarian mangrove. Di sini, kami juga membagikan data-data terbaru riset kami dan afiliasi kepada para peserta, dengan harapan dapat menginformasikan kondisi real mangrove di Semarang dan Jawa Tengah kepada masyarakat," terang Sdr. Bifa A. Manuhuwa (Presiden).

Acara ini dihadiri juga dihadiri oleh alumni, DP, DK dan afiliasi mangrove KeSEMaT lainnya. Acara ditutup dengan foto dan buka puasa bersama. (ADM/IK).