24.8.18

Gelar Mangrove Merdeka, KeSEMaT Sukses Kibarkan Merah Putih di Lumpur Mangrove Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 17 Agustus 2018, mulai pukul 08.30 - 11.00 WIB, KeSEMaT sukses mengibarkan bendera merah putih di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), Teluk Awur, Jepara. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan KeSEMaT dalam program Mangrove Merdeka (MMK) 2018: Upacara di Lumpur Mangrove.

"Tahun ini, kami kembali menyelenggarakan MMK berupa Upacara Bendera di Lumpur Mangrove. Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, tahun ini MMK bertema Merah Putihku Berkibar, Semangat Mangroverku Berkobar," kata Sdr. Bambang Jati Laksono (staf MENSETSI), selaku Ketua Panitia MMK.

Diikuti puluhan peserta dari mahasiswa UNDIP dan kelompok pecinta alam Jepara, yaitu Arcapala, Palawija dan Pumapala, MMK 2018 berlangsung meriah. MMK juga diikuti afiliasi mangrove KeSEMaT, yaitu KeMANGTEER, IKAMaT, KeMANGI dan KeAMAT.

"Upacara kami lakukan dengan penuh khidmat. Walaupun kaki kami terendam air laut dan lumpur, tapi kami tetap semangat," lanjut Sdr. Bambang.

Sehari sebelumnya, panitia berkumpul di Kantor KeSEMaT untuk menyiapkan peralatan dan briefing. Panitia dan peserta berangkat bersama-sama ke Jepara menggunakan kendaraan pribadi. Setelah sampai di Jepara, panitia dan peserta melakukan makan malam, ramah tamah dan istirahat.

"Upacara kami lakukan tepat pada pukul 09.00 WIB. Sebelum upacara dimulai, panitia melakukan gladi kotor terlebih dahulu sambil menunggu para peserta lainnya datang. Alhamdulillah, tidak ada kendala selama acara berlangsung. Semuanya berjalan baik dan lancar," terang staf MENSETSI.

Peserta sangat senang dan antusias dalam melakukan aksi penanaman 73 bibit mangrove sebagai simbolisasi 73 tahun Indonesia merdeka. Setelah acara selesai, salah satu peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesannya.

"Ini adalah kali pertama saya melakukan upacara bendera di lumpur mangrove. Dari kegiatan ini, saya banyak belajar tentang mangrove dan teknik penanamannya," kata salah satu peserta. "Acara ini sangat menarik dan semoga tahun depan dapat ikut kembali," tambahnya.

Setelah kesan dan pesan dari peserta, MMK diakhiri dengan doa dan foto bersama. (BJL/ADM).

No comments:

Post a Comment