6.9.18

KeSEMaT Hadiri Upacara Menghadap ke Laut di Pantai Maron, Semarang

Maron - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 19 Agustus 2018, KeSEMaT menghadiri undangan Komunitas Pandu Laut, yang menyelenggarakan Coastal Clean Up (CCU) berupa kegiatan Bersih-Bersih Pantai dan Upacara Menghadap ke Laut. Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-73 ini, digelar secara serempak di 73 titik-pantai di seluruh Indonesia, salah satunya adalah di Pantai Maron, Semarang, Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Bifa Aulia Manuhuwa (Presiden), Sdr. Muksin Purnama (MENDIKTAN), Sdri. Clara Azalia Belinda (Staf MENKEU) dan Sdri. Iis Meinarwati (Staf MENDIKTAN).

Selain KeSEMaT, terdapat banyak komunitas dan dinas di Semarang dan Jawa Tengah yang turut serta ambil bagian dalam aksi ini, diantaranya BKIPM Semarang, BBPI Semarang, DKP Jateng, Komunitas Mancing Amatir Semarang, Vespa Club Semarang, POLAIRUD, Bank BNI dan lain sebagainya.

"Upacara Menghadap ke Laut ini adalah program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia yang dipimpin langsung oleh Ibu Susi, selaku Menteri KKP," jelas Presiden.

Para peserta CCU langsung menuju ke Pantai Maron dan melakukan registrasi. Acara dimulai pada pukul 14.30 WIB yang diawali dengan sambutan dari dinas BKIPM Semarang.

Sebelum memulai aksi, peserta dibagi menjadi beberapa tim untuk disebar ke banyak titik. Setiap tim berjumlah kurang lebih 10 orang, dan didampingi oleh beberapa panitia. Dengan membawa beberapa karung bekas dan kertas untuk mengidentifikasi sampah, aksi bersih-bersih pantaipun dimulai.

“Di sana, semua orang yang terlibat tidak hanya memungut sampah dan memasukkan ke dalam karung, tetapi juga mengidentifikasi jenis sampah, kemudian memisahkan berdasarkan kategori yang sudah disediakan,” terang Sdri. Clara. “Banyak sekali sampah yang ada di Pantai Maron, kebanyakan adalah sampah plastik dan sudah terkubur di dalam pasir bahkan beberapa dari peserta juga ada yang menyeberang ke pantai seberang untuk memungut sampah,” tambahnya.

Setelah semua sampah terkumpul, panitia acara mengarahkan peserta untuk membawa sampah ke truk yang kemudian dibuang sesuai dengan kategori identifikasi.

Pada pukul 16.00 WIB, semua peserta berkumpul di bibir pantai menghadap ke laut, dan mengibarkan bendera Merah Putih, kemudian semua peserta bernyanyi Indonesia Raya untuk mengakhiri rangkaian aksi bersih-bersih laut tersebut. (CAB/ADM).

No comments:

Post a Comment