18.6.14

KeSEMaT Dampingi BAKORLUH Syuting Pengolahan Batik Bakau dan Mas Jamang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 24 Mei 2014, KeSEMaT mendampingi BAKORLUH (Badan Koordinasi Penyuluhan) Jawa Tengah, dalam rangka kunjungan ke tempat produksi jajanan mangrove (Mas Jamang) dan batik mangrove (Batik Bakau) yang berada di Desa Mangunharjo, Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat video pembudidayaan mangrove, melakukan wawancara dengan Ketua Kelompok Tani Mangrove dan Presiden KeSEMaT, serta melihat kondisi mangrove di Perairan Mangunharjo.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Kamto Wahyono (Owner Mas Jamang), Sdr. Dinuarca E. W. (Presiden), dan Sdri. Suci Agustiarchi (staf MENPUSMAT).

Take video yang pertama, yaitu tentang pembuatan Brownies Mangrove, dilakukan oleh Kelompok Bina Citra Karya Wanita dari Mas Jamang yang merupakan warga binaan KeSEMaT.

Jajanan mangrove ini dibuat dengan bahan dasar tepung buah mangrove jenis Lindur yang merupakan buah mangrove jenis Bruguiera gymnorrhiza. Selain unik, Brownies Mangrove juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Take video selanjutnya, yaitu tentang pembuatan Batik Mangrove dilakukan oleh Kelompok Srikandi Pantura dari Batik Bakau, yang juga merupakan warga binaan KeSEMaT. Selain berbahan dasar serasah mangrove, Batik Bakau juga memiliki motif berbagai macam jenis mangrove yang indah.

Disinilah antara kreativitas dan inovasi dipadukan sehingga menghasilkan batik mangrove yang bernilai estetika tinggi.

"Kedepan, rencananya, Desa Mangunharjo Semarang ini akan dijadikan sebagai lokasi eduekowisata mangrove karena potensinya yang kaya akan sumber daya alam mangrove," jelas Bapak Ali, selaku Ketua Kelompok Tani Mangrove, saat syuting.

Jenis – jenis mangrove di pesisir Mangunharjo meliputi Rhizopora, Avicennia, Bruguiera, Pemphis, Casuarina, Terminalia dan Achantus.

Keadaan mangrove di Mangunharjo terbilang bagus dan tumbuh lebat sehingga dapat mengurangi pengikisan tanah dan dimanfaatkan sebagai tambak silvofishery.

Kegiatan mangroving syuting di Sentra Batik Bakau dan Mas Jamang berjalan dengan baik dan lancar. Semoga saja, dengan publikasi video Batik Bakau dan Mas Jamang ini oleh BAKORLUH, maka akan dapat menggugah kita semua untuk lebih giat lagi dalam menjaga ekosistem mangrove dan memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat. Amin. Salam MANGROVER!