17.6.14

Presiden KeSEMaT Ajak Anak Muda Kendal Peduli Mangrove

Kendal – KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali diundang menjadi pembicara dalam acara “Seminar dan Lokakarya : Karya, Harapan, dan Aksi Anak Muda untuk Pesisir Utara Jawa. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 14 – 15 Juni 2014, oleh DeTara Foundation, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, UNDP dan beberapa instansi lainnya, bertempat di Balai Desa Kartika Jaya, Kendal, Jawa Tengah.

Sebagai perwakilan dari KeSEMaT, Sdr. Dinuarca Endra Wasistha (Presiden) mempresentasikan mengenai Kiprah Anak Muda dalam Menyelamatkan Ekosistem Mangrove kepada kurang lebih 60 anak muda di Kendal dan sekitarnya.

Presiden KeSEMaT menceritakan bahwa selama empat belas tahun ini, KeSEMaT mengajak anak muda yang utamanya mahasiswa, untuk mengkampanyekan dan mengkonservasi mangrove melalui acara yang diadakan setiap tahunnya.

Acara tersebut, diantaranya, yaitu Mangrove Restoration, Mangrove Cultivation, Mangrove Replant, KeSEMaT Goes To School, dan masih banyak lagi.

"Saya harapkan, generasi muda di Kendal ini, dapat lebih peduli akan ekosistem mangrove yang semakin lama semakin rusak. Ayo, selamatkan mangrove dan warga pesisir di Kendal dan Pantura, Jawa," ujarnya.

Selain mengajak anak muda untuk mengkampanyekan dan mengkonservasi mangrove, dia juga menceritakan tentang tiga afiliasi yang telah dibentuk oleh KeSEMaT, yaitu Komunitas Relawan Mangrove KeMANGTEER, Yayasan Pemberdayaan Mangrove dan Warga Pesisir IKAMaT, dan Perusahaan Mangrove CV. KeMANGI.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari panitia acara kepada Sdr. Dinuarca dan pembicara lainnya.

Semoga saja dengan keberadaan KeSEMaT selama ini, maka akan dapat menginspirasi dan mengajak masyarakat Indonesia yang utamanya anak muda untuk melestarikan ekosistem mangrove yang sudah rusak. Amin. Semangat MANGROVER!