26.6.14

Bahas Sinergitas Mangrove, KeSEMaT Hadiri Rapat Kerja KKMD Jawa Tengah

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 Juni 2014, KeSEMaT menghadiri Rapat Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) se-Jawa Tengah. Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB ini, membahas mengenai kondisi mangrove dan wilayah pesisir masing-masing daerah, mulai dari Rembang, Semarang, Cilacap, Tegal dan lain-lain.

Terdapat tiga pembicara yang menyampaikan beberapa materi, yang dimoderatori oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing KeSEMaT). Pemaparan materi yang pertama dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) yang membahas mengenai Mangrove Sebagai Ekosistem Esensial, selanjutnya materi Kebijakan Pengelolaan Mangrove disampaikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan yang terakhir materi mengenai Konsep Penataan Ruang Berbasis Ekoregion.

Pada sesi selanjutnya, dilakukan tanya jawab dan diskusi mengenai kegiatan serta kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan upaya konservasi lingkungan pesisir. Selain itu, juga dibahas mengenai rencana zonasi dan tata ruang wilayah pesisir pantai untuk kedepannya.

Kegiatan KKMKD ini, dilakukan dengan tujuan agar ekosistem mangrove bisa terjaga dan lebih lestari di masa depan. Selain itu, kegiatan KKMKD juga ditujukan untuk mewujudkan peningkatan nilai ekonomi masyarakat pesisir Jawa Tengah, dengan memanfaatkan sumber daya alam dari mangrove.

Masih banyak kendala pada masing – masing daerah karena belum sinergisnya antar pembuat kebijakan. Semoga saja, masalah dan kendala-kendala tentang pengelolaan wilayah mangrove di Indonesia, khususnya di Jateng, akan segera bisa terpecahkan sehingga pengelolaan ekosistem mangrove akan bisa semakin maju dan lebih baik lagi, di masa mendatang. Amin. Semangat MANGROVER!