20.10.08

KeSEMaT di Lokakarya Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Hirarki Pengelolaan Pesisir Terpadu

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 - 18 Oktober 2008, KeSEMaT yang diwakili oleh Faradhian Fahmi (MENPORSI), menghadiri Lokakarya Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Hirarki Pengelolaan Pesisir Terpadu yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Lokakarya diadakan di Hotel Patra Jasa Semarang.

Lokakarya diikuti oleh berbagai dinas terkait pengelolaan pesisir se-Jawa Tengah seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, BAPPEDA dan BAPEDAL. Total keseluruhan peserta lokakarya adalah 40 orang. Kunjungan berupa observasi lapangan, dilaksanakan di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Demak, untuk mengambil data kondisi ekosistem mangrove dan aspek sosial, budaya dan ekonomi masyarakat setempat.

Pembicara lokakarya terdiri Prof. Dr. Ir. Dietriech G. Bengen (IPB), DEA, Ir. Akhsanal Kasasiah, MAgr.Bus. (MCMRP), Dr. Ir. Irwandi, MSi (MCMRP) dan Dr. Ir. Sapta Putra Ginting. Peserta lokakarya dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing peserta lokakarya, termasuk KeSEMaT, mempresentasikan hasil observasi lapangannya, yaitu Dokumen Perencanaan Hirarki Pengelolaan Pesisir Terpadu (PHPPT) ke forum. PHPPT Propinsi Sumatera Barat menjadi acuan dalam pembuatan PHPPT dalam lokakarya, ini.

1 comment:

  1. Terimakasih ilmunya...
    Informasi yang anda berikan sangat membantu.
    Semoga Blognya makin maju.
    Salam kenal dari: Ruby Weblog

    ReplyDelete