17.10.16

Organisasi Mahasiswa Ilmu Kelautan UB: Kami Belajar Banyak Hal dari KeSEMaT

Malang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 Oktober 2016, mulai pukul 17.00 - 19.00 WIB, KeSEMaT yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sdr. Mahbub Murtiyoso (Presiden) diundang untuk menjadi pembicara pada acara "Sharing and Networking Bersama KeSEMaT" yang diadakan oleh Organisasi Mahasiswa di Kampus Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB).

Acara ini diadakan ditengah keikutsertaan KeSEMaT dalam rangkaian acara Mangrove Workshop and Restoration yang diadakan oleh Yayasan KEHATI di Malang.

Kegiatan "Sharing and Networking Bersama KeSEMaT" diadakan di ruang dosen FPIK UB, Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Dhira selaku Dosen Ilmu Kelautan UB sekaligus Pembina Organisasi Kampus Ilmu Kelautan FPIK UB, Sdr. Muhammad Zuhal Fikri (Ketua HIMALAYA), Sdr. I Nyoman Januarsyah (Ketua Kelompok Studi Acropora), Sdri. Miranti Herdi Utami (Ketua Kelompok Studi Biomas), dan Muhammad Yusuf Bachtiar (Ketua Bidang Kelompok Studi HIMALAYA).

Acara ini diinisiasi oleh Bapak Dhira yang juga merupakan Alumni KeSEMaT (AMaT) tahun 2004 (MENKOMSI) untuk memberi pembekalan dan pengarahan terhadap para Ketua Kelompok Studi dan Himpunan Mahasiswa di Ilmu Kelautan UB.

“Saya sengaja mengundang KeSEMaT untuk memberikan pengalaman dan ilmunya tentang mengelola suatu organisasi yang persistent dan konsisten. Saya ingin anak-anak kami dapat belajar dari KeSEMaT yang sudah bisa menembus kancah internasional dengan karya-karya nyata dan komitmen mereka dalam menjaga ekosistem pesisir, khususnya ekosistem mangrove,” ujar Bapak Dhira.

“Suatu kehormatan bagi saya dan KeSEMaT, dapat mengindahkan undangan ini dan dapat bertukar ilmu dengan teman-teman di Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Untuk dapat sampai pada fase ini, KeSEMaT sudah melalui banyak proses. Konsistensi dan profesionalitas adalah kunci kami untuk berkarya dan memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat dan lingkungan. Semoga pertemuan ini dapat menjadi awal yang baik bagi relationship kami dengan teman-teman di sini. Harapannya, ke depan kami bisa berkolaborasi untuk mengupayakan pelestarian ekosistem mangrove di pesisir Indonesia,” jelas Presiden KeSEMaT.

Selain memberikan "Coaching Clinic" seputar organisasi, KeSEMaT juga melakukan diskusi dan bertukar informasi mengenai keahlian dan fokus dari masing-masing Kelompok Studi yang ada di Ilmu Kelautan UB, Malang.

“Kami belajar banyak hal dari KeSEMaT. Mereka sangat detail dalam setiap hal. Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, kami bisa mengaplikasikan ilmu yang kami dapat dari KeSEMaT untuk mengembangkan organisasi kami menjadi lebih besar dan lebih baik. Semoga KeSEMaT dapat terus berjaya dan konsisten dalam upaya penyelamatan ekosistem mangrove di Indonesia,” papar Sdr. Fikri selaku Ketua HIMALAYA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan UB).

Acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan makan bersama di kantin Ilmu Kelautan UB. (VD).