5.1.13

KeSEMaT, UT dan KANOPI Lakukan MONEV II 32.500 Bibit Mangrove

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 27 Desember 2012, KeSEMaT telah mengadakan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) kedua kalinya untuk kegiatan penanaman 32.500 bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata di program MR 2012. MONEV kali ini merupakan MONEV lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 26 November 2012. Tak jauh berbeda, pada kesempatan kali ini hadir mitra kegiatan dari KeSEMaT, yaitu Yayasan Kanopi Indonesia, Universitas Terbuka (UT) Jakarta dan didampingi langsung oleh Kelompok Tani Kalisantren. Kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET) dan Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini, dimulai di kediaman Bapak Ali Imron selaku ketua Kelompok Tani setempat. Setelah berbincang bincang sejenak mengenai kondisi mangrove di daerah Mangkang Wetan, kemudian dilanjutkan dengan survei langsung untuk melihat kondisi mangrove yang telah ditanam pada acara MR 2012. Bibit R. mucronata yang ditanam, terlihat tumbuh dengan baik, hingga mencapai kelulushidupan 80%. Hal ini merupakan hasil yang cukup baik. Sementara itu, bagi bibit mangrove yang mati, akan disulam dengan bibit yang baru.

MONEV kali ini sudah memasuki bulan ke dua setelah bibit tertanam, dan direncanakan akan dilakukan kegiatan serupa pada akhir Januari 2013. Harapan kedepannya, adanya keterlibatan masyarakat secara langsung untuk dapat meninjau tanaman ini secara rutin, sehingga perawatan dapat dilakukan dengan maksimal untuk mendapatkan hasil kelulushidupan yang baik. Dengan demikian, di masa datang, mangrove bisa melindungi seluruh pesisir pantai di wilayah Kecamatan Tugu, Semarang secara optimal. Amin. Semangat MANGROVER!