8.10.15

KeSEMaT Dampingi Penelitian Mahasiswi S2 Utrecht University

Demak - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 September 2015, mahasiswa luar negeri yang mengambil program S2 dari Utrecht University selaku perwakilan dari Deltares, Belanda bernama Celine, melakukan penelitian mengenai kondisi lingkungan di ekosistem mangrove daerah Timbulsloko, Demak, Jawa Tengah.

Beberapa KeSEMaTER, yaitu Sdri. Trialaksita Sari Priska Ardhani - Sita - (Dumatri 2015) dan Sdr. Ardyan Syahputra Haryanto beserta Alumni KeSEMaT, yaitu Sdr. Amrullah Rosadi turut serta membantu dalam pengambilan data lapangan.

Data lapangan yang dibutuhkan berupa salinitas, pH, suhu, sedimen. Selain itu, juga diidentifikasi jenis gastropod dan bivalvia serta sapling dan seedling mangrove.

Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan transek ukuran 1 x 1 m. Pengambilan data lapangan dilakukan selama dua hari di sekitar wilayah proyek Hybrid Engineering.

Pengambilan data lapangan kedua dilakukan pada tanggal 17 September 2015. KeSEMaTER yang ikut serta dalam pengambilan data ini, yaitu Sdr. Alve Hadika (Dumatra 2015) dan Sdri. Fitria Oktapiani (MENKOMSI). Pengambilan data penelitian ini, dilakukan pada kawasan mangrove yang dekat dengan Pantai Utara Jawa.

Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data lapangan sangat beragam dan jarang digunakan. Hal ini menarik, mengingat tukar informasi mengenai instrumen penelitian mangrove juag terjadi selama penelitian.

“Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena saya mendapat pengalaman yang baru dan berbeda dari pengambilan data yang biasa saya lakukan. Biasanya, saat pengambilan data di lapangan, kami berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia, tapi kali ini saya harus menggunakan Bahasa Inggris. Saling tukar informasi instrumen penelitian mangrove juga terjadi. Seru sekali. Kalau masih penasaran dengan keseruannya, check saja Instagram atau subscribe ke Channel MIL The Series. Happy MANGROVING!” ujar Sdri. Sita.