21.10.15

KeSEMaT Reses 2015, KeSEMaT Wisata ke Gunung Ungaran

Ungaran - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 17 Oktober 2015, KeSEMaT Kabinet Adhikari mengadakan program intern tahunannya, yaitu KeSEMaT Reses (KR) 2015: One Day Trip di Ungaran, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh KeSEMaTER dan Alumni KeSEMaT (AMaT). Selain itu, juga ada Ms. Susi, warga negara Amerika yang sedang melakukan penelitian tentang rehabilitasi mangrove di Indonesia, yang juga mengikuti KR 2015 ini.

Peserta berkumpul di kantor KeSEMaT pada pukul 06.00 WIB. Mereka berengkat bersama menggunakan motor pada pukul 07.00 WIB. Tujuan pertama dari KR 2015 ini adalah lokasi wisata Umbul Sidomukti, Ungaran.

Setelah sampai di lokasi pada pukul 09.00 WIB, mereka berenang dan bermain wahana outbond yang tersedia di sana. Tidak jarang, Keluarga Besar KeSEMaT ini mengambil foto bersama maupun selfie di kawasan Umbul Sidomukti yang menyajikan keindahan alam lereng Gunung Ungaran.

Setalah puas berenang dan ber-outbond ria, peserta KR 2015 check out dari kawasan Umbul Sidomukti pada pukul 11.00 WIB dan melanjutkan trip ke lokasi Camping Ground Mawar.

KeSEMaTER dan AMaT membangun tenda dome dan menggelar tikar di kawasan Camping Ground Mawar yang sejuk dan rindang tertutup pohon pinus. Di lokasi tersebut, mereka melakukan games yang dapat mempererat rasa kekeluargaan di antara mereka, dipimpin oleh Sdr. Mahbub Murtiyoso (Staf MENPORSI) selaku koordinator lapangan pada hari itu.

Games yang pertama adalah lomba memasak menggunakan alat masak portable dan bahan-bahan yang sudah disiapkan. Peserta dibagi menjadi dua kelompok dan saling mengadu kebolehan dalam mengolah makanan.

Hasil masakan tersebut dinilai oleh Sdr. Mahbub Murtiyoso dan Sdri. Dyah Putri Utami (MENPORSI) selaku juri pada lomba tersebut. Setelah itu, makanan disantap bersama.

Games kedua adalah “Kepala Memakan Ekor” yang dilakukan dengan kelompok yang sama, berbaris rapi ke belakang. Dua kelompok ini masing-masing memiliki kepala yang membawa jarum dan ekor yang membawa balon.

Games ini dapat dimenangkan saat salah satu balon tersebut dapat dipecahkan oleh kelompok lain. Games berjalan dengan seru dan menyenangkan.

“Meskipun berdebu, tapi seru banget! Bisa melatih kerjasama dan memupuk rasa kekeluargaan di antara KeSEMaTER dan AMaT,” tutur Sdri. Trialaksita (MENSEK).

Selain kedua games tersebut, juga ada games yang diberikan oleh Sdr. Amrulah Rosadi (AMaT).

Games ini saya dapat waktu saya lagi mangroving ke Amerika. Tujuannya untuk mengetes tingkat koordinasi dari suatu organisasi. And, ya. Berhasil!” jelas Sdr. Amrul.

Setelah lelah melakukan games, peserta beristirahat sejenak dan melakukan persiapan untuk pulang. Setelah selesai beres-beres, rombongan melakukan ibadah sholat di mushola terdekat, sebelum kemudian melakukan perjalanan pulang. Kegiatan KR 2015 hari itu berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

“Semoga dengan adanya KR 2015 ini, kami bisa menjaga solidaritas antar KeSEMaTER dan Keluarga Besarnya, juga tetap semangat dalam melestarikan mangrove di pesisir Indonesia dan dunia,” pungkas Sdr. Mahbub.