15.10.15

KeSEMaT Berbagi Inspirasi Dengan Peserta Mangrove REpLaNT 2015

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 Oktober 2015, KeSEMaT mengadakan Mangrove REpLaNT (MR) 2015 hari pertama, yang diadakan di Balai Pelatihan dan Koperasi Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Sdr. Ardyan Syahputra Haryanto (Staf MENKOMSI) selaku Koordinator Lapangan pada hari pertama, mengarahkan para peserta MR untuk berkumpul dan melakukan registrasi pada pukul 15.00 WIB.

Dikarenakan para peserta MR mayoritas berdomisili dari luar kota, maka para peserta MR dipersilahkan untuk istirahat sejenak sembari menunggu sholat Maghrib tiba. Waktunya sholat Maghrib-pun tiba, para peserta MR menjalankan ibadah secara berjamaah. Hal ini dilakukan agar peserta dan panitia MR langsung bisa melakukan pendekatan diri satu sama lain.

Setelah sholat, para peserta MR dipersilahkan untuk makan malam bersama. Makan malam berlangsung hangat karena peserta dan panitia bisa membaur satu sama lain tanpa terkesan canggung.

Diiringi dengan celotehan dan pembicaraan antara peserta dengan panitia, membuat makan malam terasa hangat. Setelah makan malam, selanjutnya para peserta MR dipersilahkan untuk melakukan sholat Isya’ berjamaah.

Setelah melakukan sholat Isya’ berjamaah, para peserta MR diarahkan untuk berkumpul bersama dan mengikuti acara Ramah Tamah dan Selayang Pandang di salah satu aula di Balai Pelatihan dan Koperasi Provinsi Jawa Tengah, Semarang.

Acara Ramah Tamah dan Selayang Pandang diawali dengan sambutan dari ketua MR 2015 Sdri. Aktia Rizky Yani. Smbutan selanjutnya disampaikan oleh Presiden KeSEMaT Periode 2014/2015 Sdr. Fahmi Abdullah Basyari.

Setelah sambutan – sambutan, berikutnya dilanjutkan dengan Selayang Pandang yang disampaikan oleh Sdri. Aktia Rizky Yani.

Selayang Pandang MR 2015 berisikan tentang sejarah MR, dari MR tahun 2008 hingga sekarang ini, dimana pada Selayang Pandang tersebut, disampaikan kegiatan MR pada tahun-tahun sebelumnya, tema MR yang diangkat, pembicara seminar nasional yang sudah pernah diundang, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan MR ini.

Setelah Selayang Pandang selesai, selanjutnya ada games yang dikoordinatori oleh Sdri. Himas Agustina (MENWIRA) dan Sdr. Bayu Eko Priyanto (Staf MENSETSI). Games tersebut bertemakan “Perkenalkan Dirimu”.

Pada awalnya, para peserta dan panitia MR harus mengenakan headband yang sudah bertuliskan kata-kata di masing-masing headband. Selanjutnya, Sdri. Himas dan Sdr. Bayu membacakan narasi singkat. Para peserta dan panitia MR akan berdiri dan memperkenalkan diri masing-masing apabila kata yang dibacakan terdapat pada headband mereka.

Games ini seru sekali, karena kita bisa saling mengenal dan mengetahui darimana mereka berasal. Ada dari IPB, UGM, UNS, UB, UPGRIS, UNAGHA, IAIIG dan masih banyak lagi. Yang bikin bangga lagi, ada peserta MR 2015 yang berasal dari program Magister (S2) dan program Doktor (S3). Pokoknya rame dan seru abis, MR tahun ini!” ujar Sdri. Audy Ramadhani (MENDIKTAN).

Setelah peserta dan panitia MR memperkenalkan diri satu per satu, kegiatan selanjutnya adalah Sharing Bersama. Pada kegiatan ini, para peserta MR menceritakan pengalamannya tentang mangrove, bisa saat melakukan penanaman ataupun pengetahuan tentang apa itu mangrove.

Para peserta sangat antusias untuk menceritakan pengalaman dirinya pada saat mangroving menanam mangrove, melakukan penelitian tentang mangrove dan lain sebagainya yang berhubungan dengan mangrove.

“Pada awalnya, saya tidak begitu tertarik dengan mangrove. Namun, setelah mengikuti kegiatan penanaman mangrove bersama KeSEMaT, saya langsung jatuh cinta dengan tumbuhan bernama mangrove. Saya sangat senang bisa ikut menanam mangrove, dibalik isyu lingkungan global yang semakin parah ini, sehingga saya tergerak untuk bisa ikut dalam KeMANGTEER (KeSEMaT Mangrove Volunteer) Semarang. Dengan ini, saya bisa terus menanam mangrove dan bisa ikut membantu kegiatan penghijauan wilayah pesisir yang sekarang ini semakin digalakkan oleh pemerintah Indonesia,” ujar Sdr. Didik Santosa dari KeMANGTEER Semarang.

Hari pertama MR 2015 ditutup dengan briefing hari kedua dan doa penutup. Selanjutnya, para peserta MR dipersilahkan untuk istirahat tidur dan mempersiapkan kegiatan MR pada hari selanjutnya.