29.1.19

Reportase Lengkap KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR 2019: Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XIX Batch I

Semarang - KeSEMaTBLOG. Tahapan Ujian Tulis dan Tahapan Wawancara merupakan tahap awal dalam rangkaian KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2019 Batch I yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Desember 2018. Kedua tahap ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh para Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XIX mengenai Pengetahuan Mangrove, Kepemimpinan dan Organisasi, Loyalitas dan Motivasi dan Public Speaking dan Kreativitas.

Tahapan Ujian Tulis dan Wawancara
Penguji para CAMaT terdiri dari para Anggota KeSEMaT dan Alumni KeSEMaT (AMaT) yang berkompeten dibidangnya. Tahapan Ujian Tulis bertujuan untuk menguji pengetahuan para CAMaT terhadap ekosistem mangrove. Melalui ujian ini diharapkan para CAMaT akan memiliki pengetahuan mangrove yang luas.

Pada Tahapan Wawancara, di Ruang Kepemimpinan dan Organisasi, para CAMaT dituntut untuk mendeskripsikan dirinya dan mengungkapkan karakter yang dimilikinya sebagai pemimpin yang organisatoris. Selanjutnya, di Loyalitas dan Motivasi, para CAMaT mengungkapkan sikap Loyal dan Motivasinya, baik untuk orang lain maupun diri sendiri dalam sebuah organisasi.

Ruangan terakhir, yaitu Public Speaking dan Kreativitas merupakan sesi penampilan potensi seni dan hobi yang dimiliki para CAMaT, seperti menyanyi, menari, menggambar, memainkan alat musik, memerankan teater dan keahlian lainnya.

Pelaksanaan kedua tahap ini berjalan dengan baik dan lancar, yang sebelumnya diawali dengan Tahapan Pendaftaran, berupa Penyerahan Berkas Administrasi para CAMaT sebagai persyaratan mengikuti KHKT 2019.

Tahapan Pembekalan
Tahapan Pembekalan adalah tahapan berikutnya, setelah Tahapan Ujian Tulis dan Wawancara. Sebanyak 14 orang CAMaT yang lolos di tahap ini, mengikuti Tahapan Pembekalan yang dilaksanakan di Kantor KeSEMaT. Tahapan ini bertujuan untuk memberikan informasi dasar mengenai KeSEMaT dan mengenalkan Kantor KeSEMaT kepada para CAMaT XIX.

Hari pertama, kegiatan diawali dengan Registrasi Peserta pada pukul 13.45 WIB. Acara ini terbagi menjadi tiga sesi, yaitu Sesi Penyampaian Materi Pembekalan, Sesi Pembacaan Undang-Undang Dasar KeSEMaT dan Undang-Undang KeSEMaT dan Sesi Presentasi Proposal.

Sesi penyampaian materi mengenai Profil KeSEMaT, Afiliasi KeSEMaT, Kepemimpinan dan Profesionalisme dan Loyalitas dan Kedisiplinan, berturut-turut disampaikan oleh Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden), Sdr. Bachtiar Eka B. (AMaT), Sdr. Raditya R. Ananta (MENPORSI) dan Sdri. Clara Azalia Belinda (MENKEU). Sesi berikutnya, yaitu Presentasi Proposal oleh para CAMaT terbagi atas beberapa kelompok.

“Sesi Presentasi Proposal bertujuan agar para CAMaT XIX mengetahui cara membuat proposal yang baik dan benar, serta mengetahui tips dan trik ketika menemui pemerintah dan swasta pada saat menyampaikan sponsorship,” ujar M. Zaky Afkar A. H. (MENWIRA), selaku Ketua Panitia KHKT 2019.

Acara hari kedua dimulai pada pukul 04.30 WIB. Kegiatan diawali dengan Salat Subuh yang dilanjutkan dengan senam dan jalan pagi. Setelah itu, para CAMaT melakukan Sarapan Pagi Bersama di Kantor KeSEMaT dengan tujuan untuk mengakrabkan diri.

"Kegiatan diakhiri dengan Pemberian Nama Spesies Mangrove kepada CAMaT XIX," terang MENWIRA. "Tahapan Pembekalan diakhiri pada pukul 07.00 WIB yang ditandai dengan Foto Bersama," tambahnya.

Tahapan Diklat Mangrove (DIKROVE) 
Tahapan DIKROVE dilaksanakan selama dua hari, mulai dari tanggal 2 Januari 2019 di Gedung D111, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Diponegoro (UNDIP), Tembalang, Semarang.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 - 16.30 WIB yang diawali dengan Pembukaan, Doa dan Sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia dan Presiden.

Materi yang disampaikan, yaitu Pengenalan Ekosistem Mangrove, KeSEMaT Prestasi, Pemetaan Mangrove, MANGROVEMAGZ dan Herbarium Mangrove.

“Saya senang, mendapatkan ilmu baru dalam kehidupan berorganisasi, karena ini pertama kalinya saya mengikuti Diklat Organisasi sebaik KeSEMaT,” kata Sdri. Sari P., salah satu CAMaT XIX. "Saya juga mendapatkan ilmu tentang Tata Cara Membuat Herbarium Kering Mangrove pada tahapan ini," tambahnya.

DIKROVE hari pertama KHKT 2019 juga diselingi dengan games yang bertujuan untuk mengajarkan kekompakan dan kerja sama antar CAMaT XIX. Tahapan DIKROVE hari pertama berjalan dengan baik dan lancar.

“DIKROVE ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada CAMaT XIX agar mereka mengerti bahwa KeSEMaT memiliki banyak sekali ilmu yang dapat diserapnya, dan menjadi bekal mereka apabila lolos menjadi Anggota Baru KeSEMaT (ABK) kedepannya,” ucap Sdr. Zaky, saat memberikan sambutan.

Tahapan Ujian DIKROVE
Tahapan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2019 di Kantor KeSEMaT, Semarang yang merupakan tahapan akhir dari Program Open Recruitment KHKT 2019, sebelum dilaksanakannya KeSEMaTOUR (KT).

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 - 12.00 WIB. Para CAMaT dibagi menjadi empat kloter yang terbagi menjadi dua sesi, yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Presentasi.

"Para CAMaT XIX nampak sangat antusias, aktif dan semangat mengikuti tahapan ini," jelas Sdr. Zaky. "Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar yang akan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya, yaitu KT yang merupakan Tahapan Pelantikan Lapangan ABK XIX, setelah KHKT Batch II selesai dilaksanakan," pungkasnya. (ADM/IK/CA/AB).

No comments:

Post a Comment