16.8.09

Berita KGTC II: Hasil Pendampingan Mangrove KeSEMaT kepada RACANA UNDIP

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 15 – 16 Agustus 2009, selama dua hari berturut-turut, para KeSEMaTERS yang terdiri dari Sdr. Aris Priyono (DK), Sdr. Sunanto K. P. (DP), Sdr. Indriatmoko (Presiden), Sdr. Dhimas Firmansyaf (MENKOMSI), dan Sdr. Radich Arif (Anggota) telah melakukan pendampingan mangrove kepada Anggota RACANA Universitas Diponegoro (UNDIP).

RACANA adalah sebuah Unit Kegiataan Mahasiswa (UKM) Pramuka di bawah UNDIP, yang di bulan Agustus 2009 ini, melaksanakan program-mangrovenya bernama Coastal Region Management Project : Sahabat Muda Mangrove (CRMP - SMM). CRMP – SMM dilaksanakan oleh RACANA UNDIP di Laboratorium Pengembangan Wilayah Pantai (LPWP) yang berlokasi di Pantai Kartini, Jepara.

Dalam CRMP – SMM ini, pola pendampingan mangrove yang dilakukan oleh KeSEMaT di KeSEMaT GOES TO COMMUNITY (KGTC) II ini, adalah dengan cara memberikan penyuluhan di ruangan dan di lapangan yang sekaligus dibarengi dengan pemberian materi mengenai metode pembibitan dan penanaman mangrove, sewaktu di lokasi penanaman. Selama dua hari, KeSEMaT memberikan pendidikan dan pengetahuan mangrove dengan cara menyampaikan materi berupa presentasi mangrove yang berjudul “Mari Belajar Mangrove” yang disampaikan secara langsung oleh Sdr. Indriatmoko (Presiden) kepada para peserta CRMP – SMM, yang terdiri dari Anggota RACANA UNDIP dan para siswa/siswi SMA di Semarang.

Materi yang disampaikan dalam presentasi ini antara lain adalah berupa pengertian pemanasan global, ekosistem mangrove, kondisi mangrove di Indonesia, mitigasi bencana, metode rehabilitasi mangrove dan lain sebagainya. Selain itu, untuk memberikan pengetahuan mangrove yang lebih mendalam lagi kepada para peserta CRMP – SMM, KeSEMaT juga memutarkan beragam film mangrove yang diproduksi oleh KeSEMaT sendiri dan beberapa film mangrove produksi para mitra kerja KeSEMaT.

Selanjutnya, sewaktu di lokasi penanaman, yaitu di Desa Tanggul Tlare, Jepara, para KeSEMaTERS juga memberikan penyuluhan mengenai bagaimana teknis penanaman propagul mangrove yang baik dan benar, untuk diimplemantasikan secara langsung di lapangan. Keseluruhan acara CRMP – SMM ditutup pada tanggal 16 Agustus 2009, setelah penanaman mangrove bersama dengan masyarakat.