12.12.09

Hasil Survei Mangrove KeSEMaT di Pesisir Kumai Kalimantan Tengah

Kumai – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 Desember 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur IKAMaT) dan Bapak Andi Rahman (Program Manajer IKAMaT) bersama Bapak Suriansyah (tokoh masyarakat Desa Kubu) pada pukul 08:00 WIB - 13:30 WIB melakukan survei awal dalam rangka perencanaan pengembangan kawasan Mangrove Information Center (MIC) di Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Adapun wilayah yang disurvei adalah kawasan taman wisata Tanjung Kelaung, Tanjung Pandang dan Sungai Benipah.

Setelah disurvei, ternyata ketiga kawasan taman wisata tersebut memiliki beraneka ragam jenis flora mangrove (Cemara laut, Rhizhophora sp, Sonneratia sp, Bruguiera sp, Xylocarpus sp, dan lain-lain) dan fauna mangrove, sehingga dapat dikatakan cukup representatif sebagai kawasan Mangrove Information Center (MIC).

Pada malam harinya, pada pukul 19:30 WIB - 22:00 WIB, delegasi KeSEMaT melakukan diskusi bersama Bapak Suriansyah guna menggali potensi dan informasi mengenai wilayah pesisir di Kumai. Bapak Suriansyah berharap agar KeSEMaT dapat mempromosikan atau mempublikasikan pesisir Kumai, selain sebagai kawasan wisata, juga sebagai pusat studi ekosistem pesisir, khususnya kepada para akademisi sehingga data yang diperoleh dari hasil studi dapat digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan wilayah pesisir Kumai secara terpadu dan berkelanjutan.

No comments:

Post a Comment