12.12.09

Hasil Monitoring Mangrove KeSEMaT di Mangkang Kulon dan Mangunharjo Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 Desember 2009, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak M. Ikhsan Sri Hartadi (Program Manajer IKAMaT) dan Bapak Isna Bahtiar (Program Manajer IKAMaT) telah melakukan monitoring mangrove di pesisir Kelurahan Mangkang Kulon dan Mangunharjo, Semarang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan penanaman bibit mangrove yang bertajuk “Replikasi Model Rehabilitasi Ekosistem Mangrove dan Daerah Perlindungan Mangrove (DPM) Kota Semarang,” yang telah dilakukan oleh Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) Pusat Jakarta, pada tanggal 6 - 7 Mei 2009.

Program ini adalah hasil kerjasama DKP Pusat Jakarta, DKP Kota Semarang, LSM, warga sekitar dan KeSEMaT selaku tenaga pendamping/fasilitator lapangan. Pada program ini, telah ditanam 18.000 bibit mangrove jenis Rhizophora sp dengan tingkat kelulushidupan mencapai 90% (11 Desember 2009). Namun demikian, untuk meningkatkan kelulushidupan bibit mangrove yang telah ada, maka masih diperlukan upaya keberlanjutan program dengan cara memberdayakan warga sekitar agar lebih optimal lagi dalam pemeliharaan mangrovenya, terutama dalam melakukan pencegahan terhadap hama kambing yang teridentifikasi merusak bibit mangrove yang telah ditanam.

Untuk itu, kedepan, direncanakan akan diupayakan keberlanjutan program ini, dengan pendampingan lagi dari KeSEMaT agar tujuan yang tersebut di atas bisa terlaksana. Sebagai informasi, dalam program ini, bibit mangrove telah ditanam di sepanjang area pertambakan warga dengan konsep silvofishery. Program monitoring dilakukan mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB.