18.3.14

KeSEMaT Monitoring Mangrove di Area Konservasi PT. Phapros, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 15 Maret 2014, dari pagi hingga sore hari, KeSEMaT telah melakukan pekerjaan monitoring terhadap kelulushidupan mangrove hasil Kegiatan Rehabilitasi Ekosistem Mangrove PT Phapros Tbk di Pantai Maron, Semarang. Sebagai informasi, PT Phapros Tbk telah melakukan kegiatan rehabilitasi berupa penanaman mangrove di kawasan tersebut, sejak tahun 2011 hingga 2013.

Kegiatan monitoring dilakukan dengan menggunakan metode perhitungan in situ memakai alat hand counter. Harapannya, seluruh bagian dari rehabilitasi ekosistem mangrove di wilayah tersebut dapat ter-monitor dengan baik, sehingga akan didapatkan hasil yang optimal.

Kegiatan kerjasama KeSEMaT dengan PT. Phapros ini, bertajuk KeSEMaT Goes to Arboretum (KGTA) yang juga merupakan program kerja KeSEMaT dalam setahun. KGTA ini dilakukan, mengingat pentingnya monitoring dalam implementasi kegiatan konservasi, rehabilitasi, dan restorasi di ekosistem mangrove.

Tim monitoring dari KeSEMaT dipimpin oleh Sdr. Sapto Pamungkas (IKAMaT) bersama dengan Kabinet KeSEMaT Adiwarna, Angkatan XIII dan XIV. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan beberapa diskusi dan rekomendasi serta foto bersama.