29.3.14

Pecah, Kampanye Simpatik Mangrove Restoration 2014 di UNDIP!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Salah satu rangkaian acara Mangrove Restoration (MANGRES) 2014 adalah kampanye simpatik. Kampanye simpatik yang pertama, dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Maret 2014 di sekitar bundaran Universitas Diponegoro (UNDIP, Tembalang - Semarang. Acara ini diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas di Semarang. Acara dimulai pukul 07.00 WIB bertempat di Laboratorium Terpadu UNDIP.

Pada saat registrasi, peserta mendapatkan pita mangrove berwarna hijau dan pita flash mob (FM) berwarna kuning. Acara dibuka oleh MC yang dilanjutkan dengan briefing pembagian kelompok untuk penempatan posisi peserta selama kampanye.

Peserta mengenakan headband mangrover yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga menunjukkan identitas mangrover, sembari membawa poster yang berisi ajakan untuk menyelamatkan mangrove.

Kampanye dipandu oleh Orator, Sdr. Hari Prayogi (Staf Ahli MENPORSI) yang berorasi tentang pentingnya menjaga mangrove. Peserta dan panitia berkampanye dengan membagikan stiker bertema penyelamatan magrove kepada pengguna jalan yang melintas. Target kampanye simpatik ini adalah para mahasiswa dan masyarakat umum.

Gambaran lebih jelas tentang akibat rusaknya mangrove dijelaskan melalui teatrikal singkat. Pemeran teatrikal antara lain : Sdr. Dinuarca Endra W. (Presiden) sebagai pohon mangrove, Sdr. Dadang Farista (MENWEBNET) sebagai petani mangrove, Sdr. Yeremia Septian A. W. (MENWIRA) sebagai pengusaha kaya dan Sdri. Affifah Bisri serta Sdri. Rodhiyah (Staf MENWEBNET) sebagai ombak tsunami. Teatrikal ini menggambarkan bahwa akibat rusaknya mangrove, maka akan menimbulkan bencana besar, yaitu tsunami.

Pada acara puncak, terdapat kegiatan FM untuk memeriahkan acara. Gerakan-gerakan FM tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar tetap menjaga lingkungan, khususnya ekosistem mangrove. FM dilakukan sebanyak dua kali dengan awalan freeze.

Acara berlangsung sangat meriah dan pecah, sehingga sempat memacetkan beberapa titik di jalan, karena adanya berbagai kegiatan selama kampanye simpatik MANGRES 2014, ini. Acara ditutup dengan makan snack, penutupan dan foto bersama. Semangat MANGROVER!