20.3.14

Lewat KGTA dan KGTC 2014, KeSEMaTER Implementasikan Pengetahuan Mangrovenya

Semarang – KeSEMaTBLOG. Baru-baru ini, KeSEMaT melaksanakan kegiatan KeSEMaT Goes To Arboretum (KGTA) 2014 dan KeSEMaT Goes To Community (KGTC) 2014. KGTA dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Maret 2014 di kawasan mangrove milik PT. Phapros Tbk, yang berada di daerah Pantai Maron, Semarang. Kegiatan ini meliputi penghitungan populasi dan pengukuran kerapatan tanaman mangrove yang telah ditanam oleh PT Phapros, selama kurun waktu tiga tahun terakhir. Mangrove di kawasan ini sebagian besar adalah Rhizophora spp.

Rombongan berangkat pukul 06.00 WIB yang sebelumnya berkumpul di Kantor KeSEMaT. Kurang lebih satu jam perjalanan, rombongan tiba di kawasan mangrove milik PT. Phapros. Persiapan dimulai dengan briefing lapangan oleh koordinator lapangan.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pendataan mangrove di kawasan tersebut. Acara ditutup dengan bersih diri di Pantai Maron dan makan bersama.

Pada hari kedua, Minggu, 16 Maret 2014, para KeSEMaTER berangkat pukul 06.00 WIB dari Kantor KeSEMaT. Rombongan menuju lokasi fly over Bandara Baru, Semarang untuk melaksanakan KGTC 2014. Lokasi KGTC tidak begitu jauh dari lokasi KGTA, pada hari sebelumnya.

Acara KGTC ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana dampak reklamasi hutan mangrove bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya, sekaligus sebagai ajang bagi KeSEMaTER, untuk mengimplementasikan pengetahuan mangrovenya.

KGTC dimulai dengan ramah tamah dengan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan pengisian kuesioner. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan beberapa diskusi, kesimpulan dan foto bersama.