2.3.14

Pendaftaran Mangrove Restoration 2014 Telah Dibuka!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Term of References (TOR) Mangrove Restoration (MANGRES) 2014 : Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia di Desa Tambakrejo, Semarang.

I. JUDUL KEGIATAN
MANGRES2014 : Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia di Desa Tambakrejo, Semarang.

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT)
Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50275 Jawa Tengah – Indonesia
P. +622470527552 F. +62247474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id
CP Amalia Dewi (Menteri Departemen Komunikasi dan Publikasi KeSEMaT)
HP +6285741754075

III. DURASI/JADWAL KEGIATAN
2 Maret – 26 April 2014

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER) dan masyarakat Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

V. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Hal ini juga terjadi pada ekosistem mangrove yang ada di daerah pesisir Semarang, khususnya Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Memperhatikan keadaan tersebut di atas, maka pada tahun 2014 ini, KeSEMaT berniat melakukan upaya rehabilitasi mangrove melalui program Mangrove Restoration (MANGRES) 2014.

Pada program ini, KeSEMaT melakukan penanaman dan penyulaman terhadap mangrove yang sudah mati dan akan diganti dengan bibit mangrove yang baru di Desa Tambakrejo, Semarang.

Mengingat fungsi mangrove yang hidup di lahan basah sangatlah penting, diantaranya sebagai penahan sampah yang menuju ke laut dan dapat menahan intrusi air laut, maka kegiatan MANGRES 2014 diadakan sebagai peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia. 

Kegiatan MANGRES 2014 mengusung tema “Mangrove Fantasy” dengan harapan dapat memotivasi generasi muda untuk mengimplementasikan ide-ide kreatif berwawasan lingkungan ke dalam rangkaian acara ini.

Pengimplementasian pada acara ini ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan berupa kampanye simpatik, coastal cosplay (coastplay), penyuluhan, dan penanaman mangrove.

VI. TUJUAN UMUM 
Melakukan penanaman dan penyulaman bibit mangrove yang bertempat di Desa Tambakrejo dengan cara mengganti bibit mangrove yang telah mati dengan bibit mangrove yang baru serta menanam bibit mangrove yang baru.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Melakukan kampanye simpatik dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya lingkungan khususnya ekosistem mangrove.
3. Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang tata cara menanam dan merehabilitasi mangrove secara baik dan benar.
4. Melakukan penyulaman hasil penanaman mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT di Desa Tambakrejo.

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
8.1. Pendaftaran KeMANGTEER (Peserta) – Tahapan Pertama
Pada tahap ini, KeSEMaT melakukan rekrutmen dan pendaftaran sukarelawan KeSEMaT, yang disebut sebagai KeMANGTEER.

Pendaftaran KeMANGTEER, dimulai pada tanggal 2 Maret – 16 Maret 2014 bertempat di kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263, Jawa Tengah.

Adapun sasaran utama KeMANGTEER adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa se-Jawa Tengah dan masyarakat umum.

8.2. Technical Meeting (TM) – Tahapan Kedua 
TM akan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2014, untuk memberikan informasi kepada para KeMANGTEER mengenai teknis MANGRES 2014 dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh KeMANGTEER selama MANGRES 2014.

TM dilaksanakan di Sayap Kanan Gedung Prof. Soedarto, S.H Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Jl. Prof. Soedarto, S.H, Tembalang, Semarang. Mulai pukul 15.00 – 16.30 WIB.

8.3. Kampanye Simpatik – Tahapan Ketiga (Wajib Mengikuti Kampanye Simpatik di Tugu Muda dan Car Free Day
Kampanye Simpatik akan dilaksanakan pada tanggal 27, 29, dan 30 Maret 2014 yang dilakukan oleh KeSEMaT dan KeMANGTEER dalam rangka mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungan.

Kampanye Simpatik dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan mangrove Flash Mob, karnaval, dan coastplay yang bertujuan untuk menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat umum untuk bisa lebih memaknai dan berbuat lebih terhadap alam.

Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pembagian stiker dan suvenir dari olahan barang bekas yang berisi pesan tentang lingkungan yang diberikan kepada setiap kendaraan yang lewat dan orang yang melintas.

Seluruh peserta dan panitia MANGRES 2014 akan melakukan Flash Mob MANGROVER (Mangrover on The Move) yang juga bertujuan untuk mengampanyekan penyelamatan dan rehabilitasi mangrove.

Kampanye ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan, seperti Hari Lahan Basah (2 Februari), Hari Peduli Sampah Nasional (21 Februari), Hari Kehutanan (20 Maret), dan Hari Air Dunia (22 Maret).

Kampanye Simpatik akan dilaksanakan di :
1. Kampus UNDIP Tembalang (27 Maret 2014) yang berlokasi di depan gedung Prof. Soedarto, S.H., mulai pukul 07.00 – 10.35 WIB.
2. Kawasan Tugu Muda (29 Maret 2014), mulai pukul 07.00 – 10.35 WIB.
3. Kawasan Jl. Pahlawan dalam acara Car Free Day Semarang (30 Maret 2014), mulai pukul 06.00 – 08.00 WIB.

Pada kegiatan ini, para peserta MANGRES 2014 diwajibkan untuk membuat headband dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Headband terbuat dari bahan karton.
b. Pada bagian tengah headband diberi gambar pohon mangrove dengan jenis Rhizophora sp.
c. Pada bagian tengah gambar pohon mangrove diberi tulisan #SAVEMANGROVE dan #MANGROVEFANTASY.
d. Ukuran dan bentuk gambar dibuat sekreatif mungkin.
e. Adapun keseluruhan warna yang digunakan untuk membuat headband yang terdiri dari lima pilihan warna yaitu putih, cokelat, kuning, hitam, atau hijau.
f. Pada bagian ujung headband diberi tali sebagai pengikat yang disesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing peserta MANGRES 2014.
g. Pada bagian belakang headband diberi nama masing-masing.

8.4. Penyuluhan Mangrove kepada Siswa/i (SMP dan SMA) – Tahapan Keempat 
Penyuluhan ini dilaksanakan oleh KeSEMaT dalam rangka mengajak generasi muda Semarang agar dapat bekerja sama dalam melakukan usaha penyelamatan demi menjaga kelestarian mangrove dan lingkungan pesisir di Semarang, Jawa Tengah.

Penyuluhan kepada siswa/i ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2014 yang diikuti oleh para siswa/i dari SMP (dua sekolah) dan SMA (tiga sekolah) di kota Semarang.

8.5. Pra Penanaman – Tahapan Kelima 
Tahapan ini, merupakan tahap sebelum puncak pelaksanaan MANGRES 2014. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER pada tanggal 11 April 2014, meninjau persiapan bibit dan lahan yang akan digunakan pada saat penanaman dan penyulaman di Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

8.6. Penanaman Mangrove – Tahapan Keenam (Wajib)
Tahapan ini merupakan puncak pelaksanaan MANGRES 2014. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Diponegoro (UNDIP) pada tanggal 12 April 2014, pukul 06.30 WIB.

Sampai di Desa Tambakrejo diadakan sambutan yang direncanakan akan disampaikan oleh Rektor UNDIP, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Dinas Kehutanan (DINHUT) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh Rektor UNDIP, Dinas Kehutanan (DINHUT) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah, yang dilanjutkan dengan penanaman oleh para KeSEMaTER dan KeMANGTEER.

8.7. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik 
Pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik dilakukan pada tanggal 19 April 2014, yang disertai dengan penggalangan dana KUMANG (Koin Untuk Mangrove) dan pendirian panggung acara yang berlokasi di Taman Keluarga Berencana (KB), Jl. Taman Mentri Supeno, Semarang, mulai pukul 18.30 – 21.45 WIB.

Pada kesempatan ini akan diumumkan Most Available Participant, Pemenang Lomba Fotografi Mangrove, Tweetpict MANGRES 2014, dan Karnaval Coastplay MANGRES 2014.

8.8. Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hasil Penanaman – Tahapan Ketujuh
MONEV merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari mangrove yang telah ditanam, apakah ada yang perlu dilakukan penyulaman atau tidak.

Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Kantor KeSEMaT pada tanggal 26 April 2014, pukul 07.30 WIB dan dilanjutkan perjalanan menuju lokasi MONEV, yaitu Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Pada acara ini sekaligus merupakan penutupan keseluruhan acara MANGRES 2014.

8.9. Deskripsi Lomba
Pada kegiatan MANGRES 2014, akan diadakan beberapa lomba, yaitu:
1. Lomba Fotografi Mangrove
Lomba ini mengangkat tema “Mangrover Action!” yang bertujuan untuk mengabadikan aksi nyata para Mangrover. Lomba ini dilaksanakan pada acara penanaman tanggal 12 April 2014 yang bertempat di Desa Tambakrejo, Semarang.
2. Lomba Tweetpict MANGRES 2014
Lomba ini mengangkat tema “Mangrover Cheers” yang bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar suka cita dan keceriaan peserta MANGRES 2014 terhadap kelestarian lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2014 yang bertepatan dengan kegiatan Kampanye Simpatik hari kedua di Tugu Muda, Semarang.
3. Lomba Coastal Coslay (Coastplay) Mangrove Fantasy
Lomba ini mengangkat tema “Superhero Save Mangrove” yang bertujuan untuk mengekspresikan kepedulian peserta MANGRES 2014 terhadap kelestarian lingkungan pesisir. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2014 pada saat kampanye simpatik di acara Car Free Day.

8.10. Lomba Fotografi Mangrove
Lomba fotografi ini khusus bagi peserta MANGRES 2014, dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Tema : Mangrover Action!
2. Lomba fotografi mangrove MANGRES 2014 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun). Seluruh peserta MANGRES 2014 berhak mengikuti lomba ini.
3. Obyek foto adalah kegiatan MANGRES 2014, yaitu pada saat acara Penanaman Mangrove.
4. Peserta dibebaskan menggunakan jenis kamera apa saja (HP, kamera saku, SLR, dan kamera analog).
5. Teknis pengumpulan karya :
5.1 Peserta diwajibkan mengumpulkan satu buah foto terbaiknya kepada panitia dalam dua format, yaitu : (A) softcopy dalam bentuk CD dan (B) hardcopy dalam bentuk cetak 10R, pada hari Kamis, 17 April 2014, mulai pukul 18.00 WIB di Kantor KeSEMaT, Semarang.
5.2 Peserta yang mengumpulkan hasil karyanya lebih dari pukul 22.00 WIB akan didiskualifikasi oleh panitia.
5.3 Berkas Lomba Fotografi (A dan B) dimasukkan kedalam amplop warna coklat bertuliskan nama dan alamat.
5.4 Keterangan (caption) foto ditulis di lembar terpisah, dengan format : judul, jenis kamera yang digunakan, serta waktu pengambilan obyek, dan pemaparan singkat tentang foto.
6. Tidak diperkenankan melakukan koreksi digital (no editing).
7. Foto harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain.
8. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas.
9. Juri pada lomba ini adalah Sdr. Rohmat Kuslarsono (founder Kuslar Kreatif) @KuslarKreatif http://kemangi.co.id 
10. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
11. Pengumuman pemenang lomba fotografi mangrove MANGRES 2014 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik.
12. Panitia akan menetapkan Juara I, II, dan III yang masing-masing akan mendapatkan paket hadiah menarik sekaligus sertifikat dari KeSEMaT.
13. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini.

8.11. Lomba Tweetpic Mangrove
Lomba Tweetpict ini khusus bagi peserta MANGRES 2014, dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Tema : Mangrover Cheers 
2. Lomba Tweetpict mangrove MANGRES 2014 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun). Seluruh peserta MANGRES 2014 berhak mengikuti lomba ini.
3. Obyek foto adalah kegiatan MANGRES 2014, yaitu pada saat acara kampanye simpatik yang berlokasi di Tugu Muda, Semarang.
4. Teknis lomba :
4.1 Peserta diwajibkan mem-follow twitter KeSEMaT.
4.2 Peserta diwajibkan tweet 1 foto (1 peserta 1 foto) yang diikutkan lomba, pada hari Sabtu, 29 Maret 2014, mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB.
4.3 Tweetpict yang diikutkan lomba harus menunjukkan ekspresi peserta dan kemeriahan acara.
4.4 Tweetpict harus diberi judul yang menarik tentang foto.
4.5 Tweetpict harus di-mention ke @KeSEMaT, serta menggunakan hastag #MangroverCheers
4.6 Juri akan memilih tiga tweetpict terbaik dari seluruh rangkaian kampanye simpatik MANGRES 2014 di Tugu Muda, Semarang.
5. Foto harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain.
6. Tidak diperkenankan melakukan editing.
7. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas.
8. Juri dalam lomba ini adalah Sdr. Ganis Riyan Efendi (founder Mangrove Map) @MangroveMap http://kemangi.co.id
9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Pengumuman pemenang lomba Tweetpict MANGRES 2014 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat sekaligus penutupan acara kampanye simpatik.
11. Panitia akan menetapkan Juara I, II, dan III yang masing-masing akan mendapatkan paket hadiah menarik dan sertifikat dari KeSEMaT.
12. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini.

8.12 LOMBA COASTPLAY
Lomba Coastplay ini khusus bagi peserta MANGRES 2014, dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Tema : Superhero Save Mangrove 
2. Lomba Coastplay MANGRES 2014 gratis (tidak dikenakan biaya apapun).
3. Seluruh peserta MANGRES 2014 diwajibkan mengikuti lomba ini.
4. Peserta diwajibkan menggunakan kostum semenarik mungkin yang menggambarkan kepedulian terhadap ekosistem mangrove, contohnya : Wiro Sableng dengan atribut mangrove, Superman membawa propagul mangrove, dan Gatotkaca terbang di atas hutan mangrove.
5. Kostum tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.
6. Lomba ini hanya berlangsung saat kampanye simpatik yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Semarang, dalam acara CFD.
7. Juri dalam lomba ini adalah Sdr. Afriza Aziz (Stylist Batik Bakau) @BatikBakau http://kemangi.co.id
8. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
9. Pengumuman pemenang lomba Coastplay MANGRES 2014 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat sekaligus penutupan acara kampanye simpatik.
10. Panitia akan menetapkan Juara I, II, dan III yang masing-masing akan mendapatkan paket hadiah menarik dan sertifikat dari KeSEMaT.
11. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini.

IX. PESERTA
Persyaratan dan Peraturan Peserta
1. Program MANGRES 2014 dikenakan biaya sebesar Rp25.000,00 (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah).
2. Peserta MANGRES 2014 adalah para mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.
3. Pendaftaran calon Peserta MANGRES 2014 dimulai dari tanggal 2 Maret sampai dengan 16 Maret 2014.
4. Calon Peserta MANGRES 2014 dipersilahkan untuk langsung mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan sebagai KeMANGTEER MANGRES 2014 di Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah INDONESIA. P. (024) 70527552 F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id
5. Kegiatan MANGRES 2014 bersifat sukarela, apabila ada hal yang terjadi kepada peserta di luar tanggung jawab panitia.
6. Peserta akan mendapatkan fasilitas berupa pin, stiker, snack, bibit mangrove, transpotrasi dan konsumsi pada saat acara penanaman MANGRES 2014.
7. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para peserta kecuali pada saat penanaman mangrove tanggal 12 April 2014.
8. Peserta MANGRES 2014 dibatasi hingga 150 orang peserta.
9. Peserta MANGRES 2014 diwajibkan untuk mematuhi tata tertib dan jadwal kegiatan yang diberikan oleh Panitia MANGRES 2014.
10. Sertifikat MANGRES 2014 HANYA AKAN diberikan kepada peserta MANGRES 2014 yang mengikuti minimal empat tahapan yang terdiri dari tiga tahapan wajib, yaitu : (1) Acara Kampanye Simpatik di kawasan Tugu Muda (29 Maret 2014), (2) Acara Kampanye Simpatik pada Car Free Day Semarang (30 Maret 2014), dan (3) Pada acara penanaman (12 April 2014), dan satu tahapan MANGRES 2014 lainnya (Technical Meeting, Kampanye Simpatik, Penyuluhan mangrove, Pra Penanaman).

11. Pembagian sertifikat dilakukan pada tanggal 19 April 2014 yang berlokasi di Taman Keluarga Berencana (KB), Jl. Taman Mentri Supeno, Semarang.

X. JADWAL KEGIATAN
1. Pendaftaran KeMANGTEER
Hari, Tanggal : 2 – 16 Maret 2014
Waktu : 09.00 – 18.00 WIB
Tempat : Kantor KeSEMaT

2. Technical Meeting (TM)
Hari, Tanggal : 18 Maret 2014
Waktu : 15.00 – 16.30 WIB
Tempat : Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

3. Latihan Flash Mob I
Hari, Tanggal : 20 Maret 2014
Waktu : 16.00 – 17.30 WIB
Tempat : Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

4. Latihan Flash Mob II
Hari, Tanggal : 21 Maret 2014
Waktu : 16.00 – 17.30 WIB
Tempat : Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

5. Latihan Flash Mob III
Hari, Tanggal : 22 Maret 2014
Waktu : 16.00 – 17.30 WIB
Tempat : Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

6. Kampanye Simpatik I
Hari, Tanggal : 27 Maret 2014
Waktu : 07.00 – 10.35 WIB
Tempat : Depan Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

7. Kampanye Simpatik II
Hari, Tanggal : 29 Maret 2014
Waktu : 07.00 – 10.35 WIB
Tempat : Tugu Muda, Semarang

8. Kampanye Simpatik III
Hari, Tanggal : 30 Maret 2014
Waktu : 06.00 – 08.00 WIB
Tempat : Jalan Pahlawan, Semarang

9. Penyuluhan Mangrove
Hari, Tanggal : 5 April 2014
Waktu : 07.30 – 12.00 WIB
Tempat : SMP – SMA di Semarang 

10. Pra Penanaman
Hari, Tanggal : 11 April 2014
Waktu : 13.00 – 17.00 WIB
Tempat : Desa Tambakrejo, Semarang

11. Penanaman Mangrove
Hari, Tanggal : 12 April 2014
Waktu : 06.30 – 14.30 WIB
Tempat : Desa Tambakrejo, Semarang

12. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Kampanye Simpatik
Hari, Tanggal : 19 April 2014
Waktu : 18.30 – 21.45 WIB
Tempat : Taman Keluarga Berencana (KB), Semarang

13. MONEV dan Penutupan
Hari, Tanggal : 26 April 2014
Waktu : 07.30 – 11.30 WIB
Tempat : Desa Tambakrejo, Semarang

XI. NOMOR REKENING
Donatur dan Sponsorship dapat dilakukan melalui proses transfer bank ke nomor rekening bank :
A.N. : Martiana Yulfa (Bendahara MANGRES 2014)
Nomor Rekening : 699801004846538
Bank : Bank BRI Cabang Unit Mojo Tengah

XII. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGRES 2014 bisa ditujukan kepada:

Sdri. AMALIA DEWI
Menteri Departemen Komunikasi dan Publikasi KeSEMaT
M. (+62) 85741754075 P. (024) 70527552
F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

NB. Jadwal MANGRES 2014 disusun secara tentative.

XIII. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.

No comments:

Post a Comment