13.9.14

KeSEMaT dan Wetlands International Belanda Jajaki Proyek Hybrid Engineering Tahap II

Semarang – KeSEMaTBLOG. Dalam rangka verifikasi Hybrid Engineering Project atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan APO Kayu, KeSEMaT, dalam hal ini berperan sebagai Tim Monitoring Sedimen, bersama dengan Anggota Konsorsium Mangrove Capital Project Wetlands International dari Belanda dan Indonesia bersama mitra kerja lainnya, telah mengunjungi Desa Timbulsloko, Demak pada tanggal 11 September 2014.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Amrullah Rosadi (DP), Sdr. Aditya Sukma Bahari (DP), dan Sdr. Arief Marsudi Hardjo (CV. KeMANGI) bersama dengan Bapak Jan Paul van Aken (Sustainable Water Fund, Donor Project), Ibu Femke Tonneick (Wetlands International Belanda), Bapak Tom Wilms (Wittevven Bos), Bapak Apri Susanto (Wetlands International Indonesia), Bapak Irwan (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dan Bapak Jaap van Thiel de Vries (Ecoshape) turut melaksanakan diskusi bersama masyarakat untuk mengetahui seberapa besar manfaat APO Kayu terhadap mereka dan harapan masyarakat terhadap pembangunan APO Kayu tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kajian dan evaluasi dalam perencanaan pelaksanaan pembangunan APO Kayu di tahun mendatang.

Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk penjajakan KeSEMaT dan Wetlands International Belanda bersama mitra kerja lainnya, untuk rencana implementasi Proyek Hybrid Engineering Tahap II, dimana Tahap I telah selesai dilaksanakan dengan hasil yang cukup memuaskan.

Keseluruhan kegiatan berjalan selama kurang lebih setengah hari, yang menghasilkan beberapa solusi dan rekomendasi, untuk dibawa ke Belanda dan diimplementasikan di Indonesia, mulai tahun depan.