8.9.14

KeSEMaTCOMPETITION 2014: Lomba Puisi dan Video Kampanye Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting antara lain adalah sebagai tempat berpijah, beranak pinak, dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain.

Manfaat mangrove yang begitu besar, telah berperan serta dalam menunjang kehidupan manusia dan lingkungannya. Namun demikian, manfaat yang sedemikian besar tersebut, seringkali terlupakan, bahkan menjadi terancam karena pemanfaatan mangrove yang tidak ramah lingkungan.

Penebangan mangrove, pembangunan pertambakan, pendirian perusahaan komersil, reklamasi lahan, pengurukan laut, dan usaha destruktif lainnya untuk merubah habitat mangrove menjadi sebuah lahan komersil telah mengancam kelestariannya di masa mendatang.

Kerusakan mangrove telah terjadi di sebagian besar pesisir di Indonesia bahkan dunia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat, swasta, dan pemerintah untuk mengembalikan fungsi ekologis mangrove seperti sediakala.

Beragam program rehabilitasi mangrove tersebut telah dilaksanakan setiap waktu, namun demikian belum menunjukkan hasil yang maksimal karena tingkat kerusakan ekosistem mangrove yang cukup tinggi. Dengan memahami kenyataan yang ada, maka diperlukan kerjasama lintas sektoral dengan multi stake holder untuk mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang telah terjadi sekarang ini.

Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam turut serta menjaga dan melestarikan mangrove, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dimasa sekarang dan akan datang.

Konsep pelestarian mangrove bottom up, dan bukan top down, yang berarti inisiasi pertama dilakukan oleh masyarakat, dan bukan pemerintah, telah di uji coba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani, dan swasta yang terbukti telah mampu mengembalikan lahan mangrove kepada kondisi semula sehingga mampu berfungsi kembali dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2014: Lomba Puisi dan Video Kampanye Mangrove, KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Kaum muda Indonesia, baik sebagai individu, dan komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan. Pergerakan kaum muda, dan komunitasnya dalam rangka turut serta melestarikan ekosistem mangrove di sekitarnya adalah salah satu hal yang wajib dihargai dan mendapatkan perhatian yang lebih, sehubungan dengan konsep bottom up di atas.

Untuk itu, dalam KC 2014 ini, karya-karya mangrove yang dikirimkan adalah berupa ide kreatif generasi muda dalam bentuk puisi dan video kampanye mangrove. Seiring berkembangnya zaman, penulisan puisi dan pembuatan video semakin menarik dan beragam. Sampai saat ini, puisi tetap menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu dalam sebuah karya tulis yang singkat namun bermakna.

Selain itu, video adalah sarana baru dalam menyampaikan pesan tertentu berbentuk karya audio visual yang mudah diterima oleh masyarakat. Kegiatan KC 2014 ini, juga memberi sedikit pandangan mengenai antusiasme, dan pengetahuan generasi muda mengenai mangrove, dan lingkungan pesisir di Indonesia dan seluruh dunia.

TUJUAN UMUM
Menyebarkan pengetahuan dan informasi mangrove serta menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove ke kalangan masyarakat terutama para generasi muda di seluruh Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
1. Menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove.
2. Mengetahui seberapa jauh antusiasme para generasi muda terhadap pengetahuan dan informasi mangrove.
3. Memperingati hari ulang tahun KeSEMaT yang ketiga belas, yaitu KeSEMaTBIRTHDAY 2014. 

ACARA DAN WAKTU PELAKSANAAN
8 September – 8 Oktober 2014 Pendaftaran Peserta KC 2014
8 Oktober 2014 Penutupan penyerahan karya
9 – 10 Oktober 2014 Penjurian
12 Oktober 2014 Pengumuman pemenang
16 Oktober 2014 Penyerahan hadiah KeSEMaT

PERSYARATAN UMUM
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia
2. Peserta berusia 17 – 25 tahun
3. Lomba bersifat perorangan
4. Lomba KC 2014 ini gratis, tidak dikenakan biaya apapun
5. Peserta DIWAJIBKAN memiliki akun Facebook dan Twitter
6. Peserta DIWAJIBKAN untuk LIKE Fans Page Facebook KeSEMaT di https://www.facebook.com/KeSEMaT
7. Peserta DIWAJIBKAN untuk FOLLOW Twitter @KeSEMaT di https://www.twitter.com/KeSEMaT
8. Karya puisi dan video kampanye mangrove tidak boleh mengandung unsur SARA
9. Peserta hanya diperkenan untuk mengirimkan satu karya
10. Pengiriman karya puisi dan video mangrove dimulai pada tanggal 8 September 2014 sampai dengan 8 Oktober 2014 pukul 24.00 WIB
11. Karya puisi dan video kampanye mangrove yang dikirimkan adalah hasil karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun
12. Karya puisi dan video kampanye mangrove akan kami unggah di Facebook dan Twitter dengan mention akun peserta
13. Khusus penentuan juara favorit, karya dengan VOTE terbanyak akan menjadi pemenang. Dengan cara LIKE di Fans Page Facebook KeSEMaT dan di Twitter diwajibkan menggunakan #KC2014
14. Dengan mengikuti KC 2014, maka setiap peserta menyetujui bahwa setiap hasil karya yang dikirimkan ke panitia KC 2014 menjadi hak milik KeSEMaT dan akan dipublikasikan ke Facebook, Twitter, Blog, dan Website resmi KeSEMaT sebagai media kampanye penyelamatan mangrove KeSEMaT
15. Lomba KC 2014 ini, tertutup untuk keluarga besar KeSEMaT
16. Keputusan dewan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
17. Semua karya peserta baik puisi dan video kampanye mangrove akan dipublikasikan di Fans Page resmi KeSEMaT di https://www.facebook.com/KeSEMaT
18. Peserta DIWAJIBKAN VOTE sebanyak-banyaknya pada karya puisi atau video kampanye mangrove. Karya dengan VOTE terbanyak akan menjadi juara favorit

PERSYARATAN KHUSUS
Kategori Lomba Penulisan Puisi Mangrove
1. Puisi bertema Mangrover Soul
2. Setiap hasil karya puisi mangrove diketik dengan huruf Times New Roman 12 di kertas A4 spasi 1,5 dalam format MS. Word, minimal satu halaman
3. Setiap hasil karya puisi mangrove ditulis dengan Bahasa Indonesia yang jelas dan se-kreatif mungkin
4. Puisi mangrove dikirimkan ke e-mail KeSEMaT: kesemat@undip.ac.id dengan subjek Puisi Mangrove KC 2014. Nama file dinamai dengan format: Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh: Abdul Majid_Lampung_Negeri Mangrove

Kategori Lomba Video Kampanye Mangrove 
1. Tema video adalah Mangrover in Conservation Action
2. Materi video berupa kampanye aksi penyelamatan mangrove di Indonesia dengan format bebas
3. Karya yang dikirimkan berdurasi maksimal 1 (satu) menit
4. Bebas menggunakan kamera apapun, seperti handphone, camera pocket ataupun digital lainnya dengan syarat minimal 5 (lima) Megapixel
5. Diperbolehkan melakukan editing video sebatas cropping, grading, mixing, dan brightness
6. Video diunggah melalui situs YouTube peserta: www.youtube.com disertai dengan judul dan deskripsi yang jelas, disertakan tulisan KeSEMaT Competition 2014
7. Link video kampanye mangrove dikirimkan ke e-mail KeSEMaT: kesemat@undip.ac.id dengan subjek Video Kampanye Mangrove KC 2014. Nama file dinamai dengan format: Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh: Abdul Majid_Lampung_Negeri Mangrove

PENJURIAN
Dewan juri KC 2014 terdiri dari para Konsultan KeSEMaT yang ahli dibidangnya, yaitu :
1. Afriza Aziz (Co Founder dan Stylist Batik Bakau)
2. Rohmat Kuslarsono (Owner Kuslar Kreatif, Design and Film Production)

HADIAH
Pemenang KC 2014 akan mendapatkan hadiah berupa (1) paket hadiah menarik, (2) trofi, dan (3) piagam penghargaan dari KeSEMaT dengan total nilai Rp1.500.000,00.

Panitia akan menetapkan empat orang pemenang dari setiap kategori lomba, yang terdiri atas Juara I, II, III, dan Juara Favorit.

Bagi para pemenang yang berdomisili di Semarang, maka paket hadiah akan diberikan pada saat perayaan KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2014: Peringatan Hari Ulang Tahun KeSEMaT Ke-13.

Bagi pemenang yang berdomisili di luar Semarang, paket hadiah akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing pemenang.

PENGUMUMAN PEMENANG*
Pemenang KC 2014 akan diumumkan dan dipublikasikan pada tanggal 12 Oktober 2014 di jaringan KeSEMaTONLINE: www.kesemat.undip.ac.id.

Penyerahan hadiah akan dilangsungkan di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, pada tanggal 16 Oktober 2014, pada saat peringatan puncak KB 2014. Para pemenang yang berdomisili di Semarang, akan diundang untuk menghadiri KB 2014.

*) Tempat bersifat tentative

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KC 2014 bisa ditujukan kepada:
Sdri. Suci Agustiarchi
Staf Menteri Perpustakaan KeSEMaT
HP +6287832306937 P. (024) 70527552
F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id
W. www.kesemat.undip.ac.id

PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.

No comments:

Post a Comment