6.10.14

KeSEMaT dan Akfar Theresiana Tanam 300 Mangrove di Mangunharjo, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Oktober 2014, KeSEMaT telah mendampingi Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafar) Akademi Farmasi (Akfar) Theresiana, Semarang dalam rangka penyelenggaraan program penghijauan dengan cara menanam 300 bibit mangrove di kelurahan Mangunharjo, kecamatan Tugu, Semarang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan kepada mahasiswa, sehingga semangat kepeduliannya tidak hanya diberikan dalam bentuk kuliah di dalam kelas, tapi juga mulai bergerak dengan cara melihat lingkungan sekitarnya secara langsung.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Hari Prayogi (staf MENPORSI) dan beberapa KeSEMaTER dalam jajaran Kabinet KeSEMaT Adiwarna. Sementara itu, dari Akfar Theresiana, peserta penanaman mangrove adalah mahasiswa semester 1 dan 3 serta dosen pendamping masing-masing.

Sdr. Arya Bima selaku panitia kegiatan dari Akfar Theresiana menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan respon mahasiswa atas kepedulian lingkungan secara global, serta membantu regenerasi ekosistem mangrove supaya menjadi seperti semula.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan oleh Akfar Theresiana sebagai bentuk peringatan Hari St. Theresia,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian mahasiswa dari Akfar Theresiana terhadap lingkungan, khususnya mangrove di lingkungan sekitar kelurahan Mangunharjo.

“Semakin banyak instansi yang peduli terhadap penanaman mangrove, maka akan menjadikan penghijauan di pesisir semakin cepat. Semoga saja, kedepan akan semakin banyak pihak yang peduli dengan pelestarian ekosistem mangrove di Semarang ini,” jelas Sdr. Hari Prayogi.

Kegiatan ini juga diikuti oleh warga sekitar dan wakil kelompok tani Mangunharjo, yaitu Bapak Ali yang menjadi mitra kerja KeSEMaT selama ini, dalam pengembangan produk-produk mangrove kreatif, yaitu jajanan mangrove - Mas Jamang dan batik mangrove - Batik Bakau.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang dibuka dengan sambutan, penyuluhan penanaman mangrove oleh KeSEMaT dan kelompok tani Mangunharjo, penanaman mangrove, dan foto bersama serta ditutup dengan pemberian plakat dan kenang-kenangan dari panitia acara kepada KeSEMaT. Semangat MANGROVER!