30.10.14

KeSEMaT Hadiri Rapat Koordinasi KKMKS di Kantor Dinas Pertanian, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 23 Oktober 2014, Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang (KKMKS) kembali mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) program kerja dan sinkronisasi kegiatan di Kantor Dinas Pertanian Kota Semarang. Rapat dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB.

Pada rapat kali ini, beberapa hal yang dibicarakan antara lain mengenai sinkroniasi program kerja mangrove dari masing-masing anggota, dengan tujuan untuk menyelaraskan program agar tidak tumpang tindih sehingga didapatkan hasil program rehabilitasi mangrove yang lebih optimal serta koordinasi program yang akan dilakukan untuk tahun 2015 mendatang.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Hari Prayogi (Staf Ahli MENPORSI) dan Sdr. Dinuarca E. W. (Presiden). Nampak hadir PT. Phapros Tbk. selaku CSR perusahaan di Semarang yang kemudian memaparkan fokus kegiatan yang dilakukan dan keberlanjutan dari program CSR mereka.

Kemudian juga disampaikan akan ada kunjungan kerja dari Kelompok Kerja Mangrove Kota Probolinggo ke Pemerintah Kota Semarang, yang dalam hal ini akan diterima langsung oleh KKMKS di Balaikota Semarang, pada tanggal 28 Oktober 2014.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah juga memaparkan tentang program dan wilayah yang sedang mereka garap, seperti pembangunan break water lepas pantai dan program penanaman mangrove secara berkala.

Selanjutnya, disambung oleh BAPPEDA yang menyampaikan tentang kendala yang ditemukan di lapangan, yang ditujukan khusus untuk DKP, yaitu tentang pembebasan lahan dan perijinannya.

Dalam kesempatan ini, pihak DKP memberikan penjelasan mengenai program perencanaan wilayah konservasi mangrove dengan menggunakan teknik mapping sehingga dihasilkan peruntukan lahan, khusus untuk konservasi mangrove.

KKMKS juga meminta bantuan dari Dinas Pendidikan Semarang, untuk berkoordinasi menyampaikan data sekolah yang berada di wilayah pesisir, yang nantinya dapat digunakan sebagai lokasi penyuluhan dan pelatihan mangrove secara berkelanjutan untuk kegiatan CSR, seperti kerjasama yang telah dilakukan antara PT. Phapros Tbk. dengan KeSEMaT, yang berhasil membentuk Mangrover Cilik (Mangcil) ataupun kegiatan dari pihak lainnya.

Rakor berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan pembacaan hasil rapat dan rekomendasi kegiatan kedepan, menuju rapat selanjutnya, yang akan dilaksanakan di awal tahun 2015, mendatang. Semangat MANGROVER!